CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ucapan Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila? Indonesia Banget, Atau Jahil, Nih?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e511d859a972e35655a72b8/ucapan-assalamualaikum-diganti-salam-pancasila-indonesia-banget-atau-jahil-nih

Ucapan Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila? Indonesia Banget, Atau Jahil, Nih?

Spoiler for Screnshootan Instagram:


Assalamualaikum


Ucapan Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila? Indonesia Banget, Atau Jahil, Nih?


Selamat malam, GanSist. Sudah malam minggu ajah, ya. Tidak terasa waktu berlalu sangat cepat. Yang malam mingguan di rumah, kita ramaiin kaskus ajahlah, ya.😅


Oh ya, untuk thread kali ini, Ara akan membahas tentang usulan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Yaitu, Bapak Yudian Wahyudi, mengenai salam.

Agan-Sista sudah pada tahu, nggak, nih, tentang berita viral mengenai usulan Bapak Yudian Wahyudi? Jika belum, yuklah, baca thread ini sampai tuntas.

Akhir-akhir ini media sosial dihebohkan oleh usulan dari Bapak Yudian Wahyudi, selaku Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Beliau mengusulkan, ucapan salam umat islam, yaitu, Assalamualaikum, diganti dengan salam pancasila.

Nah, loh? Emang boleh, ya, mengganti hukum Tuhan seenak jidat manusia? Pernyataan Bapak Yudian menimbulkan banyak komentar dari para netizen. Sebagai umat islam, Ara juga keberatanlah! Masak, iya, sih, kata assalamualaikum diganti dengan salam pancasila? Setiap ucapan salam dari berbagai agama memiliki arti berupa doa, bukan? Nah, jika diganti dengan salam pancasila, kira-kira jawaban untuk salam tersebut, apa, ya, GanSist?

Spoiler for Pernyataan Yudian Wahyudi:


Setiap agama tentu memiliki ketentuan dan aturan masing-masing, bukan? Baik itu mengenai salam atau yang lainnya. Jadi, menurut Ara. Tidak seharusnya ucapan salam sebuah agama tertentu harus diatur alias diganti dengan salam-salam lain.

Seperti yang kita tahu, untuk agama islam sudah pasti menggunakan kata, Assalamualaikum untuk menyapa saudara sesama muslim. Sementara Kristen, menggunakan kata Shalom. Hindu, Swastyastu. Buddha, Sotthi Jitu. Konghucu, We de dong tian. Attheis, bebas. Mau ucap, Hello, Hai, Morning, dan sebagainya, mah, bebas.

Nah, ketika kita berada di tempat umum, sebagaimana yang bapak Yudian katakan, di tempat tersebut mungkin tidak hanya ada orang muslim atau kristen, dan yang berkeyakinan lain. Kita masih bisa mengucap salam sesuai ketentuan agama masing-masing, dong!

Tidak ada yang salah. Dan tidak ada yang keberatan. Jika merasa tidak harus menjawab salam tersebut, tinggal diam atau tersenyum saja sebagaimana kebiasaan warga negara kita. Begitu pula sebaliknya.

Tentang ucapan salam, selama ini tidak ada masalah. Bahkan, orang-orang kristen banyak yang mengucap salam dengan kata, assalamualaikum. Dan, mereka-mereka ini tidak mempermasalahkannya.

Sekarang, ada orang yang entah agamanya islam atau bukan, bernama Yudian Wahyudi, mempermasalahkan salamnya orang islam. Dia yang takut akan timbul masalah baru, tapi dia sendiri yang membuat masalah baru itu ada.

Usulannya bikin rakyat Indonesia yang tadinya bersatu dan baik-baik saja menjadi terpecahbelah. Lagipula, untuk saling menghargai sesama, tidak harus menghilangkan ketentuan Tuhan yang kita yakini, bukan? Asal tidak menindas, menghujat, dan menyepelekan keyakinan orang lain, itu sudah cukup dikatakan saling toleransi.

Semakin ke sini, hal-hal yang tidak seharusnya diurus oleh pemerintah, malah menjadi topik paling menarik dan penting bagi mereka. Entah apa yang ada dalam kepalanya. Dibayar untuk bekerja yang benar, malah mengurus dan mempersoalkan sesuatu yang tidak bermasalah.

Ara mau tanya, nih, Agan-Sistaku tercinta, baik yang beragama Islam, Kristen, Buddha, Konghucu, dan lain sebagainya, apakah setuju dengan usulan Bapak Yudian? Jika iya, beri alasannya, dong. Kita diskusi bersama di kolom komentar, ya. But, jangan ada yang ngegas. Pakai kepala dingin saja saat diskusi. Kita, kan, saudara sebangsa dan setanah air. emoticon-Peluk

By the way, untuk Bapak Yudian, semoga segera sadar, ya. Usulan bapak itu memecahbelah yang bersatu. Jangan mempermasalahkan ucapan slaam yang kami yakini. Baik itu ucapan salam orang Islam, Kristen, Buddha, dan lain sebagainya. Semua berhak patuh akan ketentuan agama masing-masing.

Cukup sekian thread dari Ara. Terima kasih untuk yang mampir dan membaca. Semoga hari kakian bahagia. emoticon-Angel



Penulis: @darmawati040
Referensi: di sini


Bima, 22 Februari 2020
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pengobatan17 dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
pejwan
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Sekali assalamualaikum, akan tetap assalamualaikum. gk akan berganti salam pancasila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.dot dan 2 lainnya memberi reputasi
Kehabisan kata-kata buat koment, belakangan ini warga +62 semakin aneh
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Diubah oleh ceuhetty
Assalamualaikum dulu, baru salam Pancasila...
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Quote:


Si bapak ini lebih dari aneh. Semuanya kudu ada silanya emoticon-Bingung
Quote:


Nah, lebih ok. Gak harus menghilangkan salah satu ya gan
Salam pancasila kya gmn? Nyebutin dr sila 1 sampe sila 5?
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Di kelas dulu
Waktu pelajaran agama
Kayaknya kerjaannya melamun doang
Ini orang nggak memperhatikan gurunya



emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Uda ada selamat siang selamat pagi
Kayak apa aja
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Quote:


Hahahha emoticon-Ngakak ane juga gak paham, dah, gan. Aneh aneh saja
Quote:


Wkwkwk emoticon-Ngakak yang agan maksud siapa, sih? emoticon-Bingungemoticon-Hammer2
Quote:


Itu, dia. Malah nyuruhnya pakai salam pancasila emoticon-Ngakak
nyari masalah aja nantar pas modar baru nyebut salam udah kenak bogem dialam sana emoticon-Belo
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi

مجاهدين

Dilihat wajahnya baik-baik
Siapa tahu lain waktu bisa ketemu



emoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganwati



profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Yakali kan gw masuk gereja salam assalamualaikum
Sama org yg gw tau dia non-muslim gapernah gw pake assalamualaikum

Pegawai2 di indomaret atau mcd jg mana ada walau tau yg beli ibu2 berjilbab trus selamat siang/malam nya diganti, "assalamualaikum ibu ada yg bisa dibantu?"
Kan kagak

Uda ada selamat pagi siang sore malam
Trus kenapa yg disinggung sengaja banget harus assalamualaikum
Lembaga gajelas orang kayak begitu digaji negara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anon009 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Tetap Assalamu'alaikum lah
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Quote:


Emang aneh dah ntu bapak bapak emoticon-Matabelo mau digetok palanya kali
Quote:


Kalau ketemu enaknya diapain gan? emoticon-Ngakak
Quote:


Betul, Berkunjung ke tempat tempat umum malah banyakan selamat pagi, siang, sore dan malam. ini malah nyentil assalamualaikum, dia pakai bilang, dihajar pakai assalamualaikum semua, padahal di tempat umum tdk hanya org islam. Lah, yg islam ajah yg wajib jawab, yg lainnya boleh diem.
Quote:


Setuju, Bund emoticon-2 Jempol
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di