CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wapres Ma'ruf: Jangan Bangun Rumah Ibadah Jika Syaratnya Belum Terpenuhi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e501c75c820846c6746770d/wapres-maruf-jangan-bangun-rumah-ibadah-jika-syaratnya-belum-terpenuhi

Wapres Ma'ruf: Jangan Bangun Rumah Ibadah Jika Syaratnya Belum Terpenuhi

Wapres Ma'ruf: Jangan Bangun Rumah Ibadah Jika Syaratnya Belum Terpenuhi

Wapres Ma'ruf: Jangan Bangun Rumah Ibadah Jika Syaratnya Belum Terpenuhi

Suara.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Surat Keterangan Bersama (SKB) 2 Menteri seharusnya bisa menjadi solusi untuk mengatasi konflik terkait pembangunan rumah ibadah. Syarat tersebut tertuang dalam Peraturan Bersama Dua Menteri Nomor 8 dan 9 Tahun 2006.

"Tidak ada ukuran berapa orang boleh membangun rumah ibadah sehingga daerah itu sendiri-sendiri dalam membangun rumah ibadah dan terjadi konflik di lapangan untuk itu dibuat aturan," kata Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2020)

Maruf menjelaskan, peraturan tersebut sudah mengakomodasi kepentingan lima agama yang diwakili oleh masing-masing organisasi kemasyarakatannya. Contohnya seperti dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Persatuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang saat itu diwakili oleh Ma'ruf Amin.

"Karena pendekatannya pembangunan rumah ibadah itu adalah kebutuhan nyata jadi jangan sampai enggak butuh rumah ibadah," kata dia.

Dalam peraturan tersebut kata Ma'ruf, syarat pendirian rumah ibadah antara lain harus ada bukti pengguna atau jamaahnya minimal 90 orang. Kemudian dengan dukungan masyarakat setempat setidaknya 60 orang.

Wapres Ma'ruf: Jangan Bangun Rumah Ibadah Jika Syaratnya Belum Terpenuhi

"Tapi seringkali persoalannya ditolak oleh lingkungan. Ini bukan soal ibadah tapi soal lingkungan (di sekitar) rumah ibadah. Kalau ibadahnya enggak jadi masalah," katanya.

Kemudian dalam Peraturan Bersama Dua Menteri juga menjelaskan jika terjadi pembangunan rumah ibadah diprotes langkah yang harus diambil. Bahkan kata Maruf hal itu juga ada dalam kesepakatan Forum Kerukunan Umat Beragama di tingkat Provinsi atau Kabupaten/Kota.

Lebih lanjut, jika semua aturan sudah terpenuhi maka tidak boleh pembangunan rumah ibadah ditolak.

"Tetapi melaksanakan peraturan itu sesuai dengan aturan. Kalau sudah memenuhi syarat sesuai aturan tidak boleh ada yang menolak (pembangunan rumah ibadah)," kata Maruf.

Wapres Ma'ruf: Jangan Bangun Rumah Ibadah Jika Syaratnya Belum Terpenuhi

"Tapi kalau belum terpenuhi syaratnya jangan memaksakan pembangunan rumah ibadah. Bukan saja untuk misalnya kristen, tapi Islam juga begitu. Kalau itu tidak dipatuhi pasti ada konflik," Maruf menambahkan.
sumber

☆☆☆☆☆
Quote:


Persoalan klasik.
KH. Ma'ruf Amin sebenarnya berbicara hanya berdasar konteks tekstual sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Jelas tertulis semua aturannya. Mana yang boleh, mana yang tidak. Namun pada kenyataannya tidaklah sesederhana itu.

Banyak muslim, jika menyuarakan keprihatinan atas dasar keadilan, kemanusiaan, dan hak dasar manusia untuk memeluk agama dan beribadah, bagi penganut agama lain, dianggap sebagai pembela kafir, menggadaikan aqidah, murtad, dan sebagainya yang semuanya seram, tak ada yang bagus. Tapi urusan ibadah, urusan surga atau neraka, adalah urusan pribadi. Itu masuk dalam ranah privat. Dan ini bukanlah hal yang mengada-ada. Ini nyata, ada di Indonesia.

Sekarang begini.Jika beberapa pertanyaan ini ditanyakan kepada KH. Ma'ruf Amin sebagai Ulama, bukan sebagai Wakil Presiden.

Andai ada sekelompok orang, taruhlah ummat Nasrani, ingin membuat rumah ibadah ditengah masyarakat yang majemuk, dengan jumlah jemaatnya yang lebih dari 90 orang sesuai Peraturan Bersama 2 Menteri, apakah mudah? Belum. Harus ada 60 orang yang menyetujui. Dan pastinya 60 orang ini bukan beragama Nasrani. Betul? Nah, jika tak didapatkan quota 60 orang yang menyetujui, maka biarpun yang ingin beribadah itu 500 orang sekalipun, pasti tak akan bisa. Artinya, kekuatan 60 orang ini adalah kekuatan Tuhan. Kenapa? Karena kalau mereka manusia, mereka pasti punya hati. Bagaimana jika mereka diperlakukan seperti ummat Nasrani itu?

Lalu, andai yang 60 orang ini tidak setuju, apa ketidaksetujuan mereka? Kalau menurut KH. Ma'ruf Amin, ini bukan soal ibadahnya, tapi soal lingkungan. Dipertegas saja, adanya Gereja bikin sepet mata. Lho? Koq bangunannya? Lha iya. Kan katanya bukan soal ibadahnya.

Kemudian, andai bangunan rumah ibadah tak boleh berdiri di lingkungan tersebut, apakah lantas ummat Nasrani boleh beribadah di rumah salah satu jemaat dilingkungan tersebut? Nyatanya tak boleh juga. Sebab rumah tinggal bukan untuk ibadah, katanya.

Ok, dimengerti. Setelah rumah tinggal tak boleh dipakai untuk ibadah, maka andai ummat Nasrani beribadah di udara terbuka, di tanah lapang tempat calon rumah ibadah berdiri, apakah lantas bebas? Eh, tidak boleh juga. Katanya (akhirnya) mengganggu lingkungan sekitar.

Pertanyaannya : Yang mengganggu itu, ibadahnya atau kumpulan orangnya, atau rumah ibadahnya?

Kalau untuk beribadah harus sendiri-sendiri, bukankah ummat lain juga beribadah bersama-sama? Berjamaah?

Artinya, jelas, bahwa yang sebenarnya dituju, bukanlah semata-mata rumah ibadahnya, tetapi ibadahnya. Ya, ibadahnya. Ibadah ummat tersebut ditakutkan dapat mengganggu aqidah ummat lain. Dapat mempengaruhi keimanan ummat lain. Begitu katanya.

Ini sama seperti ritual tahunan soal tutup. Saat Ramadhan, warung makan harus tutup. Ini tutup. Itu tutup. Seolah imannya tipis setipis kulit bawang. Jujur, TS terhina. Bagi TS, keimanan dan kekukuhan mengimani agama, melaksanakan apa yang telah diperintahkan oleh Allah dan Rasulullah, tak akan bisa luntur hanya karena ada makanan minuman didepan muka, melihat orang lain merokok dan makan minum, bahkan berbikini sekalipun! Kalau yang pakai bikininya cowok brewok! Kalau setipis itu iman seseorang, untuk apa teriak-teriak tentang surga dan neraka? Bilang aja elu gak kuat puasa! Titik!

Ok, kita kembali ke masalah soal 60 orang tadi. Jika alasannya adalah terganggu dengan ibadah ummat lain, sementara yang suka terganggu dengan ibadah manusia adalah golongan setan, sebenarnya yang 60 orang ini golongan manusia atau golongan setan? Setan tidak beragama, sama dengan binatang. Tapi binatang tak peduli dengan ibadah manusia. Nah pilih, mau jadi golongan setan atau golongan binatang? Tak mau jadi binatang? Maka jadilah manusia. Lalu bagaimana sikap seorang manusia yang memahami kebutuhan ummat beragama? Saling menolong dalam kebajikan. Urusan ketaqwaan, Habluminallah! Lakum Dinukum Waliyadin. Untuk elu agama elu, untuk gue agama gue. Gue gak akan ngerecokin urusan elu beribadah. Dan elu sebaliknya gak boleh ngerecokin gue beribadah. Ya.... tapi jangan mentang-mentang gak boleh ngerecokin elu beribadah, tuh toa disetel pol saban jam setengah 4 pagi bang! Anak bayi gue kaget. Gak semua orang budeg. Lha, ummat gue gak perlu diteriakin, pada datang tuh ibadah. Hehehe... Ini cuma intermezo aja.

Se...ba...lik...nya!
Jika ada ummat muslim ingin membangun mushalla atau masjid, apa perlu ijin 60 orang juga dan butuh jamaah 90 orang? Nyatanya gak. Lu punya tanah, lu bangun mushalla, lu pasang toa, lu jadi Imam, selesai. Jamaah bakal datang sendiri, meskipun Isya 20 orang, Shubuh 5 orang, Dzuhur 4 orang, Ashar 6 orang, Maghrib 10 orang. Bahkan TS pernah shalat Dzuhur di Bekasi, masjidnya megah, ada tugu tempat nama-nama yang ikut membangun masjidnya, semuanya dari tukang-tukangnya. Yang shalat? 1 shaf. Itu juga kiri kanan lowong. Kemana yang lain? Paham kan kenapa setiap jam setengah 4 pagi udah kencang suara toa?

Lalu, jika nekat membuat mushalla atau masjid di lingkungan non muslim tanpa ijin, apakah boleh? Ya boleh aja. Kalau gak boleh? Ya silakan hancurkan. Tapi ingat!!!! Dengan 2 jempol tulisan di sosmed. Dengan hanya 1 foto, maka itu sudah bisa membakar amarah 1 Indonesia!

Adil? Silakan menilai sendiri.

Jadi, intinya. TS sangat terganggu dengan mereka-mereka yang mengaku beragama, tapi perilakunya justru seperti setan. Takut melihat orang beribadah. Kalah sama pertapa yang bertapa di goa, diganggu binatang dan memedi sampai jin wanita cantik yang telanjang. Katanyaaaa...

Ayolah. Ini Indonesia. Bendera kebangsaan kita masih sama. Lagu kebangsaan kita masih sama. Kita menghirup udara yang sama. Minum dari tanah yang sama. Makan dari hasil alam yang sama. Kenapa kita harus selalu merasa paling benar? Padahal kebenaran itu hanya milik Yang Maha Mencipta. Dia lah yang akan menentukan layak tidak elu, elu, dan elu masuk surga atau jadi kerak neraka.

Bukan Xaruduy!
Paham?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nicky123 dan 59 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh i.am.legend.
Halaman 1 dari 7
rumah Tuhan tapi perlu izin manusia untuk didirikan

manusia yg berani mengaku bisa mengeluarkan izinnya itu, apa gak takut nanti di akherat ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanka555 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
jejak dulu kong pagi mau comment
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan kakekane.cell memberi reputasi
setuju sama ts. ini masuk kategori trit horor juga nih.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Dukungan 60 orang itu yg susah dapet. Pasti ujungnya wani piro.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Pagi?
Ketinggalan ramenya.

emoticon-Hammer2

Quote:


Gw aja ngeri bikinnya.

emoticon-Takut

Tapi Insya Allah, karena niat gw bikin trit ini didasari dengan hati bersih, mudah-mudahan akan aman-aman aja.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
GreatCapture dan 5 lainnya memberi reputasi
bacod lu ah
profile-picture
profile-picture
liee dan kakekane.cell memberi reputasi
jika berpatokan pada HAM dan UUD (pasal 29) di atas segalanya, maka buat rumah ibadah ndak perlu dibuat ribet.

idealnya demikian emoticon-Big Grin emoticon-coffee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
"Tapi kalau belum terpenuhi syaratnya jangan memaksakan pembangunan rumah ibadah. Bukan saja untuk misalnya kristen, tapi Islam juga begitu. Kalau itu tidak dipatuhi pasti ada konflik," Maruf menambahkan.


gmn kalo ini jangan cuma wacana aja pak wapres emoticon-Toast

mulai skrg gmn kalo semua tempat ibadah wajib urus IMB
yg blm ada IMB sementara waktu dilarang beroperasi
biar keliatan beneran nih omongannya
mau itu gereja, wihara, masjid, mushola dll wajib diperiksa IMB nya

biar keliatan nih tempat ibadah mana aja yg dilarang beroperasi akibat tak ada IMB
depannya ditempel spanduk gede "DISEGEL" gitu lho, kaya yg sy pernah liat di bbrp bangunan yg ga punya IMB


dan tolong yg NYEGEL itu pemerintah ya
jgn oknum umat tertentu emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mistersteve dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pekek
Lihat 3 balasan
tai kucing lu ruf , wapres pajangan , siapa lo larang2 umat bangun apa sesuka jidat mereka? emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sparxk dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Buka mata buka telinga, problemnya jelas banget kok

Target kebencian ajaran yang damai itu udah jelas Nusroni dan Wahyudi

Di jaman dimana justru Nusroni dan Wahyudi dominan di muka bumi dan semua standard moral kemanusiaan, nilai-nilai kemanusiaan sudah bergeser jauh dari abad ke 7 mereka malu mengakui ajaran mereka sendiri secara terang-terangan

Jadi setiap ada kesempatan menjustifikasi ajaran tolol mereka, mereka ga akan mikir dua kali, apalagi 72 bidadari ganjarannya

Kalaupun masalahnya IMB, itu bukan urusan masyarakat kayaknya, pake main segel dan bergerombol kayak kera primitif yang sensitif soal teritori atau anjing yang hobi pipis buat menandai daerahnya

Wapres Ma'ruf: Jangan Bangun Rumah Ibadah Jika Syaratnya Belum Terpenuhi

Dan masalah ini akan terus berlanjut ga akan ada habisnya, apa mau dikata sebab hitam tertulis diatas putih dalam kitab sucinya emoticon-Request
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ezolla dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wew.
Udah ngegas aja.
Sabar gan.

emoticon-Cape d... (S)

Quote:


Mulai......
Ini nih yang bikin panas.
Hati-hati....
TS muslim.
Dan gak semua muslim suka dengan sebagian yang suka mengada-ada.
TS salah satunya yang gak suka dengan golongan seperti itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lickmyballs dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Kadang gak perlu setan utk berbuat zolim


Ironis agama menulis doa org teraniaya didengar Tuhan, tetapi banyak org beragama bertindak sebagai penindas dgn alasan demi agama atau tuhannya,,

Hukum kalau berlaku utk A tapi tidak berlaku utk si B itu tidak adil namanya, tapi semua jadi sah demi agama dan tuhan,,

Tapi paling ironis, manusia itu dengar cerita ketidak adilan akan tergugah emosi dan heroisnya,, tapi kalau lihat langsung akan tutup mata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kiryu06
Berita :

"Tetapi melaksanakan peraturan itu sesuai dengan aturan. Kalau sudah memenuhi syarat sesuai aturan tidak boleh ada yang menolak (pembangunan rumah ibadah)," kata Maruf.
______________________

Hmmmm...
Kutunggu aksimu brother...
emoticon-Smilie



Opini TS :

Artinya, jelas, bahwa yang sebenarnya dituju, bukanlah semata-mata rumah ibadahnya, tetapi ibadahnya. Ya, ibadahnya. Ibadah ummat tersebut ditakutkan dapat mengganggu aqidah ummat lain. Dapat mempengaruhi keimanan ummat lain. Begitu katanya.
______________________

Ummat lain yg penakut...
Hey umat, takut ya..?
Ciyee.. Takut ni yee...
emoticon-Smilie

Katanya ---> Kata setan... sekumpulan setan..
Benar ga TS ? emoticon-Embarrassment

Setan yang penakut..
Hey setan, takut ya..?
Ciyee.. Setan takut nie yee..
emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
gue denger denger banyak rumah ibadah yg arahnya melenceng
apa boneng gan ?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Tukang sayur aja di pasar bisa sebelahan, masa tempat ibadah kagak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
PGI sudah bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud MD. PGI meminta SKB dua menteri mengenai pendirian tempat ibadah direvisi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Ngakak
bukan urusan gw gan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Masalahnya tuhan yg mana yg bener, soalnya tiap-tiap kelompok merasa tuhannya mereka paling bener

Intinya kelompok mayoritas tetap bakalan menang emoticon-Leh Uga kenapa demikian karena harus "izin" nah selama tiap-tiap kelompok merasa tuhannya bener yha kelompok tersebut bakalan bentrokan tentunya yg menang adalah yg punya jumlah massa besar alias mayoritas

Jadi saat pendirian bangunan dengan melandaskan skb menteri ini, jelas kekuatan dimana mayoritas itu berada ya merekalah yg menang emoticon-Traveller

Solusinya cabut skb 2 menteri, syarat mendirikan tempat ibadah cukup imb aja emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thanatosx dan 3 lainnya memberi reputasi
Selama masih parno terhadap kaum yang berbeda haluan, urusan beginian ga akan kelar. Mau bikin SKB 10 menteri sekalipun, mubazir. Harusnya ada perombakan dalam pengajaran tatanan hidup antar umat beragama sejak dini khusus di agama kalian. Karna kami yang minoritas udah dari lahir diajarin untuk lebih tau diri dalam bermasyarakat.

Ane sih ga akan benci sama kalian maupun agama kalian. Cuma bosen aja, kalender Indonesia tuh macem ada jadwal khusus ngebahas hal-hal yang nyudutin pemeluk agama non Islam. emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan kakekane.cell memberi reputasi
gw ga tau knp kelen kelen yg beda agama hobi banged ngerusuh.

gw sih nyante aja selama donlot bokep terbaru gw lancar jaya, berarti aman aman aja
Wapres Ma'ruf: Jangan Bangun Rumah Ibadah Jika Syaratnya Belum Terpenuhi
profile-picture
ichachi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di