CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Tau Gak, Kenapa Indonesia Pakai Setir Kanan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4e3aab365c4f26ce7c16a5/tau-gak-kenapa-indonesia-pakai-setir-kanan

Tau Gak, Kenapa Indonesia Pakai Setir Kanan?


Sebagian besar negara di dunia menganut paham setir kiri dan melaju di jalan sebelah kanan. Berbeda dengan Indonesia yang menggunakan setir kanan dan jalan di sisi kiri. 

Kenapa bisa beda gitu ya?

emoticon-Bingung emoticon-Bingung

Jadi GanSis, ini tu sebenarnya mengikuti orang – orang pada masa feodalisme Inggris. Pada zaman itu orang – orang sering membawa pedang saat mereka bepergian. Kala itu mereka memegang pedangnya dengan tangan kanan dan berjalan di sisi sebelah kiri jalan.

Salah satu alasan kenapa mereka pegang pedang dengan tangan kanan dan jalan disebelah kiri adalah supaya tidak menabrak sarung pedang milik orang lain. Saat itu sarung pedang biasanya menggantung di sabuk dan ditempatkan di sisi kiri pinggang.

 Tau Gak, Kenapa Indonesia Pakai Setir Kanan?

Nah dengan alasan itu makanya sebagian besar negara yang merupakan koloni Inggris kuno membawa kebiasaan tersebut hingga sekarang, termasuk dalam penggunaan setir mobil. Negara yang menganut paham lalu lintas sebelah kiri dan setir sebelah kanan adalah kebanyakan dari koloni Inggris Kuno. Tapi ada juga negara yang bekas koloni Inggris yang ganti haluan GanSis. Amerika Serikat contohnya, negara yang ingin melarikan diri dari akar Keinggrisannya...hihih

Terus apa kabar dengan Indonesia?

Nah, kalau Indonesia itu terkontaminasi oleh Belanda GanSis. Secara kita bekas jajahan mereka kan...Kebiasaan ini dibawa Belanda pada saat pertama kali mereka datang ke Indonesia pada tahun 1596. Sampai sekarang kita terus menggunakan kebiasaan itu dalam berlalulintas, melaju di sisi sebelah kiri dan setir di sebelah kanan.

Tapi menariknya GanSis, Belanda sendiri mengubah kebiasaan itu. Balanda sekarang menggunakan setir di sebelah kiri dan melaju di sisi sebelah kanan. Katanya ini berubah karena pengaruh dari Napoleon Bonaparte GanSis. Ia menerapkan aturan untuk bepergian di sisi kanan jalan pada saat menaklukkan negara – negara Eropa. Perubahan yang dilakukan Belanda ini gak diikuti ama negara bekas jajahannya GanSis.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
davianjustice dan 42 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
ohh begono
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arizona003 dan 2 lainnya memberi reputasi
ohh, gitu toh asal usulnya, kalo ane emang dari sononya kidal jadi enak aja kalo setir di kanan, jadi yang aktif oper gigi tangan kiri, gak kebayang kalo setir di kiri oper gigi pake tangan kanan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 2 lainnya memberi reputasi



kalo setir tengah ngikut siapa sih Gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wag4nt dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
karena jalannya di kiri, udah itu aja alasannya
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan kakekane.cell memberi reputasi
kirain karena ngikut pabrikan mobil jepang..

btw, repot juga ya yang punya mobil setir kiri di Indonesia.. bayar parkir, tol,nyesuain sama jalanan juga pasti susah emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 2 lainnya memberi reputasi
iya sama kayak inggris pake stir kanan emoticon-Inggris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mahfudz.umri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
oww begituhhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Ngambil tiket juga susah gan klo stir kiri karna di indonesia juga udj di design semua segala sarana umum darikanan, dan juga kanan itu tangan sopan yg diajarkam dari kecil whwhhw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 2 lainnya memberi reputasi
Oh karena itu. Bukan karena kalo kekiri-kirian ditangkep polisi kan? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 3 lainnya memberi reputasi
Sekian panjang trit, inti jawabannya cuma 1 kata : kebiasaan
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
waah jadi karena pernah di jajah Belanda dan budaya itu dipake smpai sekarang.
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan kakekane.cell memberi reputasi
ane terima apa adanya aja deh
emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
mengkulung dan kakekane.cell memberi reputasi
 Tau Gak, Kenapa Indonesia Pakai Setir Kanan?
 Tau Gak, Kenapa Indonesia Pakai Setir Kanan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalau pakai kiri ntar dimarahi pak suharto
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 4 lainnya memberi reputasi
mending pake joystick aja, bebas mau dikanan ato dikiriemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bl0job
mungkin karena ga pakai setir kiri bro emoticon-Cool
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
jadi politik yg mempengaruhi nya?emoticon-Ngacir
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di