CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Serangan Jantung? Lakukan Pertolongan Pertama
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4cbeffa2d19546d61baa72/serangan-jantung-lakukan-pertolongan-pertama

Serangan Jantung? Lakukan Pertolongan Pertama

Sudah tahu belum mengenai penyakit jantung?

Serangan Jantung? Lakukan Pertolongan Pertama
Sumber Foto : Shutterstock

emoticon-Mewek

Penyakit jantung ini bisa saja terjadi secara tiba-tiba ataupun memang jika ada keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung. Serangan jantung ini terjadi bisa pada siapa saja ataupun bisa terjadi kapan saja.

Apa kamu sudah tahu berita mengenai Ashraf Sinclair, suami dari Bunga Citra Lestari? Suami dari penyanyi sekaligus aktris ini meninggal dunia karena mendapat serangan jantung secara mendadak. Nah, ketika kamu ataupun orang di sekitarmu mendadak kena serang jantung, harus ada pertolongan pertama yang dilakukan. Namun, pertolongan pertama yang harus dilakukan tidak boleh sembarangan melainkan harus tepat.
emoticon-Salam Kenal

Mengapa pertolongan pertama yang dilakukan harus tepat? Karena disaat kondisi seperti inilah yang disebut kondisi darurat.

Lalu, sebenarnya apa yang terjadi ketika serangan jantung? Ketika serangan jantung terjadi maka darah yang bertugas membawa oksigen dalam tubuh sangat kurang. Oleh sebab itu kekurangan darah ini bisa membuat organ pada tubuh tidak berfungsi, bahkan bisa menyebabkan kematian.
emoticon-Entahlah

Kemudian bagaimana tandanya sebelum yang berarti akan terjadi serangan jantung? Tandanya adalah timbul rasa sakit di bagian dada, sakit pada tubuh bagian atas, terjadi sesak napas, berkeringat, tidak sadarkan diri, kepala pusing, terlihat pucat, dan denyut nadi tidak beraturan.

Dilansir dari CNNIndonesia.com.

Kalau kamu belum tahu bagaimana cara menangani atau pertolongan pertama atau langkah pertama yang harus diambil dan dilakukan ketika ada seseorang atau diri sendiri mengalami serangan jantung mendadak, inilah cara-caranya.
emoticon-Matabelo

Telepon darurat
emoticon-Coblos
Ketika ada orang lain atau diri sendiri mengalami gejala-gejala akan terjadi serangan jantung, maka cepat-cepatlah kamu menghubungi nomor darurat. Nomer telepon darurat di Indonesia adalah 112, atau juga bisa hubungin ambulans dengan nomor telepon 118 atau 119.
Katakana kondisi yang sedang terjadi. Nah, jangan sampai lupa katakana mengenai alamat ataupun lokasi saat itu. Dengan begitu, ambulans akan datang beserta petugasnya dan segera memberikan pertolongan pertama medis.
Hal yang terpenting adalah berikan pertolongan pertama terlebih dahulu. Untuk membawa penderita ke rumah sakit bisa jadi nanti lah, yang terakhir. Karena pertolongan pertama pada orang yang mengalami gejala serangan jantung sangat diperlukan, sebelum terjadi yang membuat kondisi lebih parah lagi.

Mendudukan dengan lutut ditekuk
Jika kamu mengalami serangan jantung, segeralah posisikan dudukmu dengan bersandar. Hal ini telah dikutip dari Palang Merah Inggris. Mengapa harus begitu? Karena duduk dengan bersandar bisa mengurangi ketegangan pada jantung. Selain itu juga bisa berguna untuk menghindari cedera jika tiba-tiba tidak sadarkan diri.
Nah, kalau ada orang lain kena serangan jantung, posisi yang benar adalah dengan duduk di lantai, lutut ditekuk dan badan tegak. Kemudian, kamu bisa menyandarkan punggung orang itu pada sandaran tegakmu.

Menenangkan diri
emoticon-Jempol
Begitu serangan terjadi, kamu tidak boleh panik. Kamu sendiri harus bisa menenangkan diri supaya jantung juga bisa mengurangi ketegangannya. Atau kamu juga bisa membantu menenangkan orang lain yang terkena serangan jantung. Tetapi menenangkan itu sembari menelpon ambulans, supaya bisa ditangani oleh dokter secara cepat.

Berikan aspirin
Selain itu, pakailah obat aspirin. Aspirin ini adalah obat yang digunakan untuk mengencerkan darah, atau bisa juga digunakan supaya tidak terjadi penggumpalan darah. Kalau memang kamu tidak ada riwayat alergi pada aspirin, kamu bisa menggunakan obat ini ketika terjadi serangan jantung.
emoticon-Request

Pernyataan itu juga telah dikutip oleh situs kesehatan Webmd. Dosisnya sebanyak 325 mg bisa diberikan dengan pelan-pelan, sedikit demi sedikit.

Melakukan CPR
emoticon-2 Jempol
Kalau belum tahu tentang CPR itu apa, CPR itu adalah langkah pertolongan medis untuk mengembalikan fungsi kinerja jantung dan juga paru-paru ketika proses pernapasan berhenti. Namun, CPR ini bisa dilakukan jika kamu atau orang lain yang mengalami serangan jantung tidak responsif. Dan langkah CPR ini tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang, tetapi harus dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli.
Pokoknya telepon darurat dan menghubungi ambulans harus dilakukan bersamaan dengan langkah pertolongan pertama. Jadi, supaya sembari melakukan pertolongan juga menunggu ambulans. Jadi tidak terlalu lama untuk menunggu pertolongan dari medis, dan juga orang yang terkena serangan jantung tidak dibiarkan begitu saja.
Menerangkan bagaimana kondisi orang yang terkena serangan jantung ketika menghubungi ambulans akan memudahkan dan mempercepat dokter untuk memberikan tindakan.

Tetap jaga kesehatan ya guys...

Ikutilah langkah-langkah di atas supaya tetap aman.

emoticon-2 Jempol
Diubah oleh anggita2208


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di