CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4bd98ca7276802ae0525e4/diramal-kejayaan-berakhir-sepeda-motor-malah-mau-dibatasi

Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi

Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi

Jakarta, CNBC Indonesia - Kejayaan sepeda motor di Indonesia diramal akan berakhir di tengah berkembangnya transportasi online, transportasi massal, dan perubahan gaya hidup kaum milenial.

Pemerhati Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan kondisi masa-masa sepeda motor akan mencapai periode kemandekan bahkan sunset adalah suatu keniscayaan. "Itu bisa terjadi, apalagi mulai gencar transportasi umum. Musuh sepeda motor itu transportasi umum," kata Djoko kepada CNBC Indonesia, Selasa (18/2).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat hingga 2018 ada 146,5 juta unit sepeda motor yang ada di jalanan. Angka tersebut akan terus bertambah setiap tahunnya, meskipun tren penjualan sepeda motor dari tahun ke tahun memang menurun.

Kondisi ini seolah jadi alarm keras bagi pabrikan sepeda motor untuk mulai waspada. Namun, sialnya pemerintah justru punya rencana yang bisa membuat sepeda motor makin terpuruk di masa depan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyebut tidak menutup kemungkinan Indonesia akan mulai mengetatkan regulasi untuk sepeda motor. Cara ini agar masyarakat mulai beralih ke transportasi umum dan sedikit demi sedikit meninggalkan kendaraan pribadi, termasuk sepeda motor.

"Bisa saja nanti di UU 22 (Revisi UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) yang sekarang lagi dibahas (di DPR)," kata Budi (18/2/2020).

Di dunia, negara-negara berkembang juga mulai ada kesadaran soal pembatasan sepeda motor. Pemerintah Kota Hanoi, ibu kota Vietnam, sudah berencana akan melarang sepeda motor di jalan raya pada 2030.

Bukan tidak mungkin Indonesia juga demikian. Kepada CNBC Indonesia, Budi memberikan bocoran mengenai regulasi yang mungkin akan gol nantinya. Namun bukan pelarangan, melainkan pembatasan usia untuk kendaraan.

"Kemarin saya dengar dari DPR udah menyampaikan pembatasan usia bukan pelarangan. Sekarang belum ada pembatasan usia kecuali angkutan umum pariwisata. Kalau kendaraan pribadi kan belum ada, (mungkin nanti ada) batasan apa 5 atau 10 tahun," sebutnya.

Untuk jangka waktu 5 tahun memang terlalu singkat untuk negara seperti Indonesia. Jika nantinya diterapkan bisa jadi lebih dari itu. "Kalau di beberapa negara macam-macam. jika satu negara menerapkan satu standar keselamatan yang bagus, ekosistem yang bagus. Bisa 10 tahun udah dibatasi nggak boleh lagi. Ada juga yang 15 tahun," sebutnya.

"Kita berapa? belum tahu nanti," tutup Budi.

CNBC

Lang, Lang, batesin aje terus Lang....
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariebetadine dan 34 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 13
bisa saja, mungkin, tinggal diliat nanti hasil pembahasan uu no 22
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Emang harus dibatesin. Gw aja males liat banyak banget motor dijalanan. Apalagi yang ugal ugalan. Lawan arus lah. emoticon-Najis

Umur motor kisaran 8 tahun di fiskal. Boleh lah batasin sampai umur 10 tahun. Biar yang missqueen2 ga bisa beli motor bekas. Serasa jalanan punya kendaraan sendiri. Petantang petenteng. Lawan arus, masuk trotoar. Masuk busway. Ugal ugalan. emoticon-Najis

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secretos dan 49 lainnya memberi reputasi
Lihat 22 balasan
setuju lah kalo di batasin , 5 th + perpanjang 5 th
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 11 lainnya memberi reputasi
Wacanaemoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 7 lainnya memberi reputasi
jangan lupa negara ini kasbon ma jepang gan, pabrikan jepun takkan senang dengan berita ini.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Hahaha
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
mobil juga harus dibatesin, lihat aja setiap mudik lebaran yg menuh menuhin jalanan bukan hanya sepeda motor. 1 tempat untuk 1 mobil bisa untuk 4 sepeda motor matic.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Motor dibatasi, mobil dan transportasi umum dimurahkan. Gitu kan idealnya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SouthSideCustom dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Bisa jadi pedang bermata Dua. Satu sisi bagus untuk transportasi umum, tapi disisi lain pendapatan daerah Dari pajak kendaraan turun. Sedangkan pemerintah saat ini lagi getol-getolnya Cari pendapatan Dari pajak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 6 lainnya memberi reputasi
perusahaan expedisi bisa kelabakan ini..
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Quote:


cocok, biar semua pindah ke transportasi umum, pemerintah juga harus bisa kasih solusi yg tepat, sekarang aja masih banyak daerah yg tidak terjangkau transportasi umum
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan rizaradri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
berlakukan kebijakan motor diatas 5 tahun ga boleh lewat jalan protokol dan diatas 10 tahun ga boleh lewat jalan umum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Pemerintah mau batesin? Terus rakyat miskin mau mobilisasi pake apa? Gobloknya yang bikin aturan. emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

YANG KAYA SEMAKIN KAYA, YANG MISKIN SEMAKIN MISKIN

emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 9 lainnya memberi reputasi
Wacana buat kota besar dan padat bolehlah..
Kalau seindonesia? Ngelawak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalau mobil jarang keluar 10 tahun juga belum sampai 100rb km dan kondisinya masih sangat bagus. Apalagi kalau punya lebih dari 1 untuk mengatasi ganjil genap.emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 3 lainnya memberi reputasi
dari dulu pembatasan motor dan mobil pribadi cuma wacana pepesan kosong.
mana mungkin dibatasi lah setoran pajaknya gede, belum lagi dari pabrikan otomotif nya.
masih dijajah jepang ,😅
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 6 lainnya memberi reputasi
Bikin apartemen khusus pekerja di pusat kota Jakarta. Supaya pas weekday gak pada pulang pergi kejauhan. Pas weekend baru pulang ke rumah. Rumahnya kan pada jauh2 dari Jakarta. Kerjasama sama bos2 perusahaan supaya pekerjanya pada diarahin buat sewa kamar di apartemen khusus pekerja.

Perumahan kumuh di pusat kota diganti aja sama apartemen khusus pekerja. Ownernya terserah deh mau pemda atau swasta. Ini peluang besar.

Yg bikin macet itu arus pulang pergi para pekerja yang kejauhan jarak rumahnya dari pusat kota.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaiserwalzer
mau batasin itu transportasi umumnya udah siap belum bahlul.....trotoar, halte dsb....ah udahlah...ribet jing...emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
Pantes d buat jalur sepeda skrg yaa.. Mw d batasin..

Halah,, wacana mobil mw d batasi usia aja blm jadi2..
Musuh utama sepeda motor bukannya jet pack? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan yanchespenda memberi reputasi
Halaman 1 dari 13


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di