CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
18 Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Nyamuk
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4b9ea810d2950b52787893/18-hal-yang-perlu-kita-ketahui-tentang-nyamuk

18 Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Nyamuk

18 Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Nyamuk


Sebel sekali bila mendengar suara ngang-nging-ngong memenuhi kamar, padahal bawaan kamu ngantuk berat. Plus telapak kaki bukan main gatalnya setelah dipermak si nyamuk. Mungkin sebab rasa kesal sampai ke ubun, terkadang kamu protes, kenapa sih Tuhan menciptakan hewan mengesalkan ini? Kan nggak anak  gunanya! Selain suka mengganggu, nyamuk juga menyebarkan penyakit, dari yang bernama malaria hingga demam berdarah. Akibatnya nyamuk menjadi penyebab kematian tertinggi manusia.

Meskipun demikian, ada pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Tapi bukan menyuruh kamu menyenangi nyamuk lho. Hanya sekadar ingin memberitahu sediki perihal nyamuk ini.


1.Nyamuk Adalah Hewan Purba

Meskipun bentuknya kecil dan imut-imut (typo: amit-amit), ternyata nyamuk termasuk mbah buyut manusia.  Pasalnya, nyamuk sudah mendiami dunia sejak jaman purba atau sekitar 46 juta tahun yang lalu. Fosil nyamuk tertua  ditemukan di dasar sungai di Montana, Amerika Serikat, dengan kondisi masih cukup utuh. Ajaibnya, perut si nyamuk menggembung karena menyimpan darah kering di dalamnya.

Ada juga yang menyebutkan bahwa nyamuk sudah ada di dunia sejak 210 juta tahun lalu.


2.Hanya Nyamuk Betina Yang Menghisap Darah
Makanan utama nyamuk adalah sari bunga atau nektar.  Berhubung nyamuk betina harus cukup protein untuk bertelur, maka mereka membutuhkan asupan tambahan berupa darah. Setelah darah yang dihisap mencukupi, nyamuk betina akan istirahat beberapa hari, baru menghasilkan telur.


3.Nyamuk Terdiri Lebih Dari 3.500 Spesies

Ketika spesies manusia hanya 1, maka nyamuk memborong lebih dari 3.500 spesies di dunia, yang tersebar di berbagai wilayah.

4.Nyamuk Tidak Memiliki Gigi

Jika nyamuk tidak memiliki gigi, bagaimana mereka makan? Ya, nyamuk memang tidak mengigit, tapi mereka menghisap. Kalaupun ada yang berkesan “mengigit”, itu hanya nyamuk betina, yakni dengan mulut panjang bergerigi menyerupai belalai, nyamuk betina akan mengambil darah korbannya. Sedangkan pejantan hanya bisa menghisap sari bunga.

5.Nyamuk Pengisap Darah Yang Rakus

Meskipun nyamuk betina termasuk hewan yang rakus karena bisa menghisap darah 3 kali berat tubuhnya, tapi darah kamu tak akan kering. Karena butuh 1,2 juta gigitan untuk mengeluarkan semua darah dari tubuhmu.

6.Nyamuk Betina Petelur Yang Menakjubkan

Nyamuk betina bertelur sebanyak 300 telur dalam suatu waktu. Telur akan diletakkan di permukaan air yang tergenang. Telur  bisa menetas meski kedalaman air di bawah 1 inci. Artinya nyamuk hanya butuh air satu sendok makan untuk berkembang biak. Nyamuk betina bisa bertelur tiga kali selama hidupnya.

7.Nyamuk Berada Di Air  Selama 10 Hari

Sekitar 10 hari nyamuk akan berada di air, mulai dari telur, kemudian larva, selanjutnya kepompong.


8.Nyamuk Senang Cuaca panas

Nyamuk itu berdarah dingin, maka mereka senang ketika cuaca panas. Telur nyamuk juga akan banyak menetas pada saat panas. Jadi tak heran saat itu nyamuk pun berhamburan.


9.Nyamuk Senang Warna Gelap

Mungkin kamu bingung, mengapa ketika begadang hanya kamu yang dirubung nyamuk, sementara temanmu tidak.   Salah satu penyebabnya mungkin karena kamu mengenakan pakaian berwarna gelap. Nyamuk suka pakaian gelap bukan merupakan taktik perang agar tak mudah dipantau manusia, melainkan mereka suka warna gelap karena menyerap (menyimpan)  panas, sementara warna terang akan memantulkannya. Jadi kalau sedang kumpul-kumpul di luar rumah pada malam hari, sebaiknya kamu menghindari pakaian berwarna hitam, abu-abu, biru juga merah. Alternatifnya kamu kenakan pakaian berwarna yang paling dibenci nyamuk, seperti hijau dan kuning.

10.Nyamuk Aktif  Di Bulan Purnama

Sepertinya tabiat nyamuk hampir menyerupai vampir yang menyukai bulan purnama. Daya aktif nyamuk akan meningkat hampir 200 persen pada saat tersebut. Tak heran saat purnama nyamuk semakin banyak berkeliaran.

11.Nyamuk Pendeteksi Yang hebat

Ternyata bukan indra penciuman anjing saja yang hebat, radar nyamuk juga tak kalah hebat. Meski jarak korban hampir 50 meter darinya, tapi berkat karbondioksida yang dikeluarkan si korban, nyamuk dapat mendeteksinya.

12.Nyamuk Senang Orang Gemuk Atau Wanita Hamil

Karena suhu tubuh orang gemuk atau wanita hamil cenderung hangat, maka nyamuk amat menyukainya.

13.Nyamuk Senang Golongn Darah O

Nyamuk lebih senang  orang yang bergolongan darah O ketimbang golongan darah lainnya, karena aromanya lebih menarik. Jadi bagi kamu yang bergolongan darah O, lagi gemuk dan kebetulan memakai pakaian gelap, tak usah terkejut bila menjadi sasaran nyamuk pemangsa. Kurangi begadang di luar ruangan, ya.

14.Hal Positif Tentang Nyamuk

Meski menjengkelkan, ternyata nyamuk juga memiliki nilai positif untuk ekosistem kita. Katakanlah nyamuk menjadi penyeimbang. Pada suatu waktu, mereka berada pada rantai makanan paling bawah, yakni ketika berwujud telur, larva, dan kepompong, mereka mejadi bahan pangan hewan yang hidup di air. Ketika menjadi nyamuk dewasa, mereka berubah menjadi bahan pangan hewan darat, seperti cicak, laba-laba, burung, dan hewan lainnya.

Sebaliknya suatu waktu, nyamuk berada pada puncak rantai kehidupan, yakni manakala berwujud larva, mereka bisa saja memangsa  para pemangsa terdahulu, ketika si pemangsa terdahlu itu telah mati atau menjadi bangkai.

Coba kita bayangkan bagaimana jika nyamuk (larva) tak ada, bagaimana menguraikan jutaan atau mungkin milyaran bangkai makhluk hidup  yang ada di perairan. Ya, mungkin bisa jadi kita akan beralasan bahwa ada belatung yang menguraikannya. Tapi bukankah belatung tak dapat hidup di dalam air? Oleh sebab itu larva nyamuklah yang mengambil-alih peranan.

15.Hal Menakjubkan Tentang Nyamuk

Tahukah kamu ada hal menakjubkan tentang nyamuk, yakni seekor nyamuk memiliki 100 mata pada kepalanya, 48 gigi pada mulutnya, dan 3 jantung. Satu jantung sebagai pusat, dan dua jantung pengatur kedua sayap.

Nyamuk juga memiliki obat pengencer darah (proses penghisapan darah), yang diteliti ilmuwan untuk alternatif pengencer darah bagi pengidap kolesterol. Selain itu mereka memiliki obat bius mumpuni, sehingga ketika mereka menusuk kulit, nyaris tak terasa. Rasa gatal baru timbul pada akhir atau sudah selesai proses penghisapan darah.

Mengenai bunyi nging-ngon nyamuk yang sangat menggangu itu berasal dari gerakan sayap yang mencapai 600 kepakan per detik.

16.Nyamuk dan Al Qur’an

Tahukah kamu bahwa salah satu hewan yang disebutkan dalam Al Qur’an adalah nyamuk. Yakni Allah berfirman, "Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?". Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik," Surah Al-Baqarah Ayat 26.

17.Nyamuk Menyerah

Bukan hanya nyamuk yang menyerah masuk ke negara ini, baru mengaromainya saja, mungkin nyamuk sudah angkat koper. Apalagi bagi produsen racun nyamuk, cari objekan lain deh. Artinya tanda dilarang masuk bagi nyamuk dan hal yang berkaitannya adalah negara Irlandia. Selain tak ada nyamuk, kasihannya tak ada hutan juga.

18.Nyamuk Terbesar Di Dunia

Nyamuk terbesar di dunia ditemukan di China, yakni dengan panjang tubuh sekitar lima sentimeter, rentang sayap 11,15 sentimeter. Artinya, ukuran nyamuk ini 10 kali lebih besar dari sejenisnya.

Mungkin masih banyak hal yang mesti manusia pelajari dari para nyamuk untuk diambil hal positifnya. Permisi. Terima kasih.



sumber2
sumber3
sumber4
sumber5
sumber6
sumber7
sumber8


-----




profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jora5074 dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Nyamuk entuh binatang yang langsing dan sekseeeh...
emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
Diubah oleh adolfsbasthian
Lihat 1 balasan
Seandainya nyamuk nyedot BBM bukan darahemoticon-Entahlah
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
penampakanya nyamuk terbesarnya kek apa gan?emoticon-Thinking

kalau disedot berasa ketusuk jarum donor darah
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Suaranya menggetarkan hati Gan...
emoticon-Peluk
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Basmi ajaa pake baygon
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Tapi di tempat ane kenapa banyak nyamuknya malah kalo abis ujan ya
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pantesan sering gigit didaerah tubuh yang punya panas agak tinggi
emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Quote:


Makanya nyamuk tuh harus dipeluk-peluk Gan sebelum kitak bobok...
emoticon-Peluk
suka bikin gatel gigitannya emoticon-DP
klo judulnya nyamuk. saya lsg inget neng eno lerian
Cuma mau nambahin ini aja.

Spoiler for :


Nyamuknya sekali hisep, darah kita berkurang berapa cc nih? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
eriksa dan kaiharis memberi reputasi
Mangstab.jadi tahu kalo nyamuk itu juga hewan netral.
Maksudnya, terdesak kebutuhan protein untuk nelur, makanya ngisep darah, jadi bukan asli makanan dia yak.
Baru tahu emoticon-Big Grin
18 Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Nyamuk
kenapa di irlandia bebas nyamuk?
18 Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Nyamuk
Punahin aja nih serangga. Jutaan orang mati karna dbd dan malaria emoticon-Smilie
banyak juga ya sekali bertelur
No. 17 kurang maksud artinya gan,,
Jelasin lebih panjang lagi dong,,
Quote:


Kalo nyedot BBM tar dia ngebut gan pas terbanh hahaha
Quote:


Pantes dirumah banyak banget nyamuk sekali bertelur langsung ratusan hehehe
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di