CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sudahkah Hijrah? Tahap Manakah Hijrah Kalian?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e47cee368cc9539a4413291/sudahkah-hijrah-tahap-manakah-hijrah-kalian

Sudahkah Hijrah? Tahap Manakah Hijrah Kalian?

Sudahkah Hijrah? Tahap Manakah Hijrah Kalian?
yuk kita hijrah


Assalamualaikum, apa kabar GanSis? Semoga baik-baik saja, di mana pun GanSis berada dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Kali ini Ane membuat thread tentang hijrah.
Kalian tahu apa itu hijrah? Kalau tidak tahu yuk kita simak. Pantengin terus yah!

Hijrah dalam Islam artinya berpindah, bisa berpindah dari tempat ke tempat menyebarkan ilmu, seperti dari mekah ke madinah itu yang di namakan hijrah dan bukan itu saja. Jika kita berubah jadi lebih baik itu juga hijrah. Misalnya sifat kita yang dulu buruk dan kita menjadi baik itu juga hijrah. Itu baru pandangan Ane. GanSis juga boleh menambahkan yang GanSis tahu.

Dan perintah berhijrah juga ada dalam Al-Qur'an dalam surah An-Nisa ayat 4:100 yang artinya:
Quote:


Dan dalam surah Al-Anfal ayat 8:74 yang artinya:
Quote:


Jadi tunggu apalagi yuk berhijrah!

Sudahkah Hijrah? Tahap Manakah Hijrah Kalian?
Dokpri

Tapi sudahkah kalian hijrah? Kalau belum, mulai dari sekarang yuk kita hijrah.

Hidup di dunia hanya sementara jangan sia-siakan hidup rubahlah kebiasaan buruk menjadi lebih baik. Kalau bukan kita yang merubah terus siapa lagi?

Hidayah itu tidak datang sendiri harus kita cari, bukalah hati agar hidayah menghampiri.

Berikut ini tahap-tahap hijrah agar kita jadi orang yang lebih baik.

1. Niat

Niatkan dari hati ingin berubah menjadi lebih baik dan berubahlah karena Allah SWT. Luruskan niat bulatkan tekad.

Jangan pernah berniat berubah menjadi lebih baik karena seseorang, karena nantinya kau akan kecewa.

2. Hijrah

Rubahlah sifat kita yang buruk menjadi lebih baik sedikit demi sedikit, jangan terburu-buru.

Untuk Akhwat rubahlah tampilan yang dulu seksi menjadi tertutup. Tutuplah aurat dengan syariat islam seperti memakai pakaian longgar dan jilbab yang menjuntai menutup dada. Agar kita terbebas dari Fitnah dan godaan lelaki yang berniat buruk. Mungkin akan terasa berat. Namun nanti juga terbiasa.

Di dalam masa hijrah pasti ada halangan dan rintangan yang akan menghadang jadi bersabarlah serahkan semua kepada Allah SWT.

3. Hamassah

Hamassah adalah masa-masa semangat dalam melakukan kebaikan dan menjauhi larangannya.

Setelah kita mantap berhijrah kita akan merasakan semangat dalam melakukan kebaikan dan senantiasa menahan napsu duniawi.

4. Istiqomah

Istiqomah adalah masa di mana kita sudah benar-benar mantap dengan melakukan kebaikan, kita akan bersungguh-sungguh beribadah kepada Allah SWT.

Contohnya yang dulunya salat bolong-bolong sekarang lebih rajin, selalu berpuasa yang sunah maupun yang wajib, melakukan kebaikan dan menjauhi larangan-Nya.

5. Qudwah

Qudwah adalah mereka yang sudah istiqomah dan mampu memberikan banyak manfaat kepada umat. Sehingga mereka menjadi dalam kebaikan.

Itulah tingkatan-tingkatan hijrah.
Apa kalian masih ragu juga.
Dalam hadist perintah berhijrah juga ada loh!

Quote:


Nahkan ada hadistnya juga, jadi tunggu apa lagi. Kuy dari sekarang buang kebiasaan buruk menjadi lebih baik.

Mungkin hanya itu yang bisa Ane bagi dari pengalaman.

Karena dulu juga ane jauh dari kata baik. Penampilan terbuka, keluar rumah tanpa memakai hijab, dan tidak melakukan kebaikkan. Ahh itulah masa lalu silamku.

Mulai dari sekarang yuk kita rubah kebiasaan buruk kita menjadi lebih baik. Ingatlah maut tak memandang umur.

Kalau tak berubah sekarang kapan lagi?

Sekian thread ane kali ini.

Jangan lupa tinggalkan jejak.
emoticon-I Love Kaskusemoticon-Blue Guy Cendol (L)


Salam manis dan Terima kasih.

Penulis: @ukhtyfit81
Sumber gambar : google
Opini Pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ukhtyfit81
Halaman 1 dari 7
pajwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
silahkan kalian beropini dan ramaikan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
jangan lupa cendol dan ratenya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
masih tahapan niatemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
istiqomah yang sulit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
abis pembibitan hijrah sukses tinggal petik buat 2 tugas deh
1. radikalisme
2. terorisme
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 14 lainnya memberi reputasi
Quote:


3. Khilafah, atau semua segi khidupan diatur sesuai dngan i*lamemoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh steven.thereds
Quote:


Quote:


4. Berita mingguan...


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yg hijrah hatinya bukan hanya tampilan luarnya saja emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Slow but sure aje kalo ane, ditahap hijrah aja lumayan berat soale
berapi-api dan kurang ilmu yang bikin sodara kira disebut radikal, sebenernya gak ada yang radikal atau gak radikal

secara ajaran agama yang saya paham memang semua pemeluk agama akan cenderung kepada pahaman pemeluknya, Islam punya da'i, di Kristen/Nasrani ada missionaris, di Hindu ada resi/pemuka agama, di Budha ada biksu/biksuni

sebab dari sananya memang kebaikan itu akan menimbulkan kebaikan yang lain

saya muslim dan saya bangga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Balasan post korekceuli
Quote:


ga ada yg radikal
fpi bahkan isis ga radikal dong emoticon-Big Grin
saudara sih emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post aloha.duarr
@aloha.duarr

iya dong, memang pasti ada yang mesti kayak FPI biar rame 🤣🤣🤣

kudu ada yang bakar masjid biar seru, kudu aya pengecut yang nembakin orang shalat jum'at buat keliatan hebat, mesti ada yang nembakin anak-anak sama ibu hamil biar mancing emosi, kudu ada yang dilarang shalat dulu biar keliatan berkuasa

dan banyak yang mamp** kena flu hewan biar tau Alloh gak tidur
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan ukhtyfit81 memberi reputasi
Ane sudah lama dalam proses hijrah ini. Perlahan2 dan sedikit2. Istiqomahnya yang paling susah. Apalagi sebentar lagi bulan ramadhan, mudah2an kita semua bisa berubah ke arah yang lebih baik lagi. Untuk dunia dan akhirat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi


Quote:


Pembibitan hijrah?

Ente muslim phobia?

Kenapa?

Bagi kami, untuk mu lah agama mu. Dan untuk ku lah agama ku.

Menurut saya tidak ada yang dirugikan, jalan aja masing2 tampa saling mengganggu dan yang paling utama adalah kita harus saling toleransi.

Sudah sejak jaman dahulu, kita adalah negara yang toleransinya kuat. Sebelum diracuni pikiran dunia barat.

profile-picture
profile-picture
embunsuci dan ukhtyfit81 memberi reputasi
Diubah oleh hakim.srg
Lihat 1 balasan
Balasan post korekceuli
Quote:


bukti begal lagi ga tidur adalah dia bekerja dan korbannya ada emoticon-Leh Uga
sungguh tuhan yg berkasih sayang
btw yg dibold, kenapa yg dibilang pengecut cuma yg korbannya islam? oh bukan saudara sih emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan ukhtyfit81 memberi reputasi
baru sampe niat, tapi gagal mulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi


Quote:


Di dunia kita saudara, kalau urusan ibadah atau akhirat lain lagi.

Ente kan tau RS Islam isinya tidak hanya orang Islam, dan begitu juga RS Kristen.

Kita saling tolong menolong dalam kebaikan

profile-picture
profile-picture
embunsuci dan ukhtyfit81 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post hakim.srg
Quote:


gue islamophobia bukan muslimophobia
kenapa? karena gue setuju ungkapan "tidak semua muslim teroris", karena tidak semua muslim juga solat dll
fpi isis tidak merugikan ya? emoticon-Leh Uga
al kafirun ayat 6 jargon doang kan
buktinya kebalikan tuh, agama lu usik agama orang lain terus, puasa razia warung, bom rumah ibadah, pelarangan valentine dllemoticon-Leh Uga
diracuni pikiran barat? emoticon-Leh Uga
yg gue bold itu ajaran barat emang ya? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Siap2 ada berita bom lagi ini cuk! emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Hehehe

Berpalinglah dari orang bodoh kalau kamu juga tidak ingin menjadi bodoh 😂😂😂

Thread ini membahas hijrah dan ente sangat gerah dengannya 🤭🤭🤭

profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di