CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pentingnya Media Sosial Untuk Marketing Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Tahun 2020
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e47a36fa7276840706a9991/pentingnya-media-sosial-untuk-marketing-usaha-kecil-menengah-ukm-di-tahun-2020

Pentingnya Media Sosial Untuk Marketing Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Tahun 2020

Pentingnya Media Sosial Untuk Marketing Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Tahun 2020Para Pengusaha dan Pebisnis dari Usaha Kecil Menengah (UKM) harus tetap waspada dan berhati-hati terhadap setiap rupiah yang digelontorkan untuk aktivitas marketing. Apa pasal? Karena pada umumnya, UKM, terlebih Bisnis yang baru mulai belum mampu membayar mahalnya biaya pemasaran layaknya yang dilakukan oleh perusahaan besar, padahal mereka juga membutuhkan kembalinya investasi (ROI) secepat mungkin agar bisnis mereka bisa tetap berjalan.

Beruntungnya, saat ini Anda hidup di era teknologi informasi, dimana media sosial, saat ini telah mendukung aktifitas marketing untuk bisnis Anda.

Untuk itulah kali ini, CaraBisnisOnline.Net akan sedikit berbagi kenapa media sosial sangat penting untuk kegiatan marketing, terutama bagi UKM dan bisnis kecil lainnya di Indonesia.

Untuk Meningkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Platform media sosial seperti Facebook, Instagram dll. memiliki lebih dari 3 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Mereka memiliki jangkauan audiens yang besar dan tidak tertandingi.
Banyak Internet Marketer yang (mungkin) berpikir bahwa pelanggan cenderung membeli merek-merek terkenal, namun anehnya, lebih dari setengah pengguna media sosial justru mencari produk baru untuk mereka coba gunakan, karena itu, ini adalah sebuah peluang besar bagi Anda pemilik UKM untuk menyebarkan dan mengiklankan brand yang Anda miliki dan menjangkau pelanggan baru yang potensial.

Untuk Berinteraksi Secara Sosial Dengan Pelanggan
Banyak orang pada umumnya lebih menyukai untuk berinteraksi dengan penjual nyata dibandingkan dengan mesin atau bot. Jangan hanya jualan, namun buatlah UKM Anda sebagai bisnis yang berinteraksi sosial dengan calon pelanggan.
Sudah banyak penipuan yang tak terhitung jumlahnya di media sosial, bahkan di internet sendiri, hal ini akan membuat orang merasa ragu, apakah Anda adalah pemilik bisnis yang bertanggung jawab atau tidak? Jadi, bertindaklah layaknya makhluk sosial dalam kegiatan marketing Anda.

Untuk Berbagi Informatif Positif
Salah satu cara yang paling efektif untuk membuktikan kredibilitas dari bisnis Anda adalah dengan cara mengedukasi pelanggan melalui konten yang Anda tuliskan, tampillah seperti Anda adalah ahli di bidang Anda, sehingga orang-orang bisa jadi lebih percaya pada produk dan jasa Anda.
Ingatlah, sering berpromosi dan memposting banyak iklan justru bisa membuat follower dan teman-teman Anda cepat jenuh dan bosan. Dampaknya, penurunan jumlah follower.

Untuk Mempromosikan Konten
Konten marketing bukan hanya tentang menghasilkan konten dan mempostingnya di timeline media sosial, namun tentang bagaimana cara untuk mempromosikannya. Jika Anda mengabaikan pentingnya promosi, konten yang ditulis dengan baik dan sangat informatif pun tidak akan bisa menjangkau seluruh pengguna di media sosial.

Promosikanlah seluruh konten di semua platform media sosial yang Anda miliki agar dapat terlihat di mata orang banyak. Anda perlu berpikir secara strategis untuk menghasilkan konten yang bisa mendapatkan banyak “Suka” dan “Komentar”. Bahkan jika memungkinkan, dibagikan oleh banyak orang dan menyebar seperti virus.

Untuk Menyesuaikan Strategi SEO dan Media Sosial
Banyak Internet Marketer yang berpikir bahwa dengan memposting konten di media sosial akan secara langsung membantu SEO dan meningkatkan traffik kunjungan ke halaman website mereka. Mereka percaya bahwa tautan (url link) dalam postingan di media sosial apa pun akan meningkatkan peringkat website mereka di mata mesin pencari Google, namun faktanya, Anda juga memerlukan rencana untuk mencocokkan kedua strategi ini untuk membantu bisnis UKM yang Anda miliki untuk menarik lebih banyak pelanggan menemukan produk Anda, misalnya dengan membagikan seluruh konten situs Anda di semua akun media sosial yang Anda miliki.
Anda juga bisa mendaftar dan bergabung dengan forum-forum yang setopik untuk meningkatkan visibilitas dari produk dan layanan Anda, hal ini juga akan membantu website Anda untuk mendapatkan lebih banyak traffik.

Untuk Belajar Bagaimana Cara Menghasilkan Prospek
Terlepas dari aktifitas untuk meningkatkan kesadaran merek dan promosi, media sosial memiliki kelebihan yang unik lainnya, yaitu untuk melihat seberapa bsar minat audiens pada merek atau brand favorit, dan hal ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Menghasilkan prospek adalah tahap penting dalam kegiatan marketing di media sosial. Jadi, Anda perlu belajar caranya bagaimana untuk membujuk rayu follower Anda, dari sekedar tahu, minat lalu membeli. Anda bisa menggunakan tool-tool yang tersedia seperti The Lead PilotsMetadata, dan Pipedrive untuk mengumpulkan prospek di media sosial.

Untuk Membangun Corong Penjualan (Sales Funnel)
Jumlah orang yang mencari produk atau jasa lewat media sosial telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Jadi, Anda harus fokus pada akun media sosial yang Anda miliki untuk membangun saluran penjualan dan mengarahkan mereka ke halaman website Anda. Anda harus menyusun rencana strategis untuk setiap tahap saluran penjualan, dan memastikan audiens berubah menjadi pelanggan.

Untuk Berkolaborasi Dengan Para Influencer
Salah satu cara yang paling efektif untuk membangun kesadaran merek di media sosial adalah bekerjasama dengan orang-orang yang memiliki pengaruh besar untuk berbicara tentang brand Anda. Orang pada umumnya memperhatikan apa yang mereka tuliskan dan sarankan. Jadi, Anda harus membangun hubungan yang baik dengan influencer di bidang yang Anda geluti, tujuannya tidak lain dan tidak bukan, tentu saja untuk menyebarluaskan brand Anda. Jangan gunakan artis atau Selebritis bila Anda belum mampu membayar mereka.

Yang paling cocok untuk UKM adalah Nano-influencer atau influencer organik. Mereka mungkin memiliki kurang dari 5000 follower, namun mereka memiliki akun asli dan sangat terlibat dengan interaksi yang mereka bangun. Mereka tidak akan mempromosikan produk atau jasa hanya untuk uang, sebaliknya, mereka akan berbicara tentang brand Anda karena adanya kecocokan minat.
Temukan mereka di masing-masing media sosial.

Untuk Membangun dan Mempertahankan Identitas Brand Anda
Identitas adalah bagian terpenting dari pengembangan kegiatan bisnis Anda. Anda harus tahu bagaimana cara untuk membangun dan mempertahankan identitas brand Anda lewat media sosial. Karena apa? Karena hubungan jangka panjang dengan audiens sangat dimungkinkan lewat media sosial. Tentu saja, mempertahankan pelanggan Anda jelas tidaklah mudah karena akan selalu ada pesaing yang kuat di pasar.

Untuk Mendapatkan Urun Dana (Crowdfunding)
Modal selalu menjadi masalah yang serius bagi UKM, terutama bagi mereka yang baru memulai. Urun Dana adalah salah satu cara yang fantastis untuk mengumpulkan banyak kontribusi kecil dari individu untuk mendukung bisnis Anda. Media sosial yang memiliki jangkauan audiens yang luas, adalah strategi terbaik untuk mendapatkan urun dana.

Cobalah untuk menjangkau sebanyak mungkin pendukung yang potensial, baik perorangan maupun perusahaan untuk mendapatkan modal dan meningkatkan bisnis Anda. Disini, Anda perlu meyakinkan mereka bahwa produk dan jasa Anda akan memberi keuntungan lebih bagi mereka.

Untuk Membangun Pemasaran Eksprerimental
Menggunakan media sosial dalam kegiatan marketing adalah cara yang paling efisien untuk membangun dan meningkatkan kesadaran merek, namun, bisnis UKM Anda tidak dapat hanya mengandalkan internet saja, Anda harus mencoba cara yang lebih praktis untuk mendukung kegiatan pemasaran Anda di media sosial. Misalnya dengan mengajak audiens terlibat dalam dalam live event Anda. Momen seperti ini membutuhkan kemampuan organisasi yang hebat, karena Anda harus memiliki kemampuan untuk menarik perhatian banyak orang untuk datang ke acara Anda.

Mempromosikan Pemasaran eksperimental melalui media sosial adalah cara yang bagus untuk mendorong orang datang ke acara Anda. Apakah Anda tahu? Mengkombinasikan marketing tatap muka yang interaktif dengan media sosial dapat menciptakan keajaiban.

Ingatlah, tatap muka masih merupakan cara yang terbaik untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, terutama untuk UKM di Indonesia. Meskipun interaksi didunia maya jauh lebih mudah dan cepat, orang-orang lebih menyukai apa yang ada dibalik layar.
Akhir Kata
Sekarang Anda telah tahu gambaran pentingnya media sosial untuk kegiatan marketing Anda, terutama Anda pemilik UKM. Hal ini dapat mempercepat kembalinya investasi (ROI) sekaligus membangun identitas brand yang tahan lama.

Tentu saja, masih ada banyak cara marketing yang dapat Anda lakukan lewat media sosial, seperti menggunakan tool dan aplikasi yang tersedia di pasaran untuk lebih mengoptimalkan kinerja dari bisnis Anda.

Sumber: CaraBisnisOnline.Net
Diubah oleh allenk
Thesis om?
emoticon-gagalpaham
Lihat 1 balasan
Balasan post adekgantengom
thesis ^_^


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di