CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hapus Upah Minimum Kota, Buruh Minta DPR Tak Loloskan Omnibus Law
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e47752682d4954a0260abf0/hapus-upah-minimum-kota-buruh-minta-dpr-tak-loloskan-omnibus-law

Hapus Upah Minimum Kota, Buruh Minta DPR Tak Loloskan Omnibus Law

Hapus Upah Minimum Kota, Buruh Minta DPR Tak Loloskan Omnibus Law

Protes terhadap Rancangan Undang-undang Cipta Kerja terus digencarkan oleh buruh. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) pun meminta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tidak melanjutkan pembahasan omnibus law tersebut lantaran berpotensi menghapus Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).


Berdasarkan Rancangan Undang-undang Cipta Kerja yang diterima Katadata.co.id, Pasal 88C ayat (2) menyebutkan upah minimum yang dimaksud adalah upah minimum provinsi. Padahal dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015, penetapan upah dilakukan di provinsi serta Kabupaten/Kota.

Dalam RUU, ketentuan upah minimum yang ada hanya upah minimum provinsi. Padahal saat ini ada upah regional atau wilayah," kata Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI Kahar S Cahyono kepada Katadata.co.id, Jumat (14/2).

(Baca: Bisnis Lesu, Aturan Baru Bonus Dinilai Makin Beratkan Industri Plastik)

Kahar mencontohkan, UMK yang berlaku di Karawang saat ini sebesar Rp 4.594.324, sedangkan UMK Bekasi sebesar Rp 4.498.961. Sementara, upah minimum provinsi yang berlaku di Jawa Barat sebesar Rp 1.810.350. "Kalau yang berlaku upah minimum provinsi, maka upah minimum di Karawang, Bekasi, dan lainnya akan menjadi Rp 1,8 juta," ujar dia.


Selain itu, ia mengatakan penetapan upah minimum dilakukan hanya dengan memperhitungkan pertumbuhan ekonomi. Hal ini berbeda dengan PP 78 Tahun 2015 yang menyertakan komponen inflasi dalam formulasi upah tahunan.

Dalam RUU Omnibus Law, Pasal 88D ayat (1) menyebutkan upah minimum dihitung dengan menggunakan formula penghitungan UMt+1 = UMt + (UMt x %PEt). Ini artinya, kenaikan upah minimum tahun depan dihitung dari upah minimum tahun berjalan (UMt) serta besaran PDB wilayah provinsi.

Ia pun mencontohkan, upah minimum regional pada 2020 naik 8,51% lantaran pertumbuhan ekonomi pada periode triwulan III dan IV 2018 serta triwulan I dan II 2019 berkisar 5%. Sedangkan inflasi periode September 2018 sampai dengan 2019 pada kisaran 3%. "Jadi kalau hanya memperhitungkan pertumbuhan ekonomi, kenaikannya hanya sekitar 5%," ujar Kahar.

(Baca: Lima Aturan Kontroversial dalam Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja)

KSPI juga menyoroti upah pekerja pada industri padat karya yang diatur secara terpisah berpotensi menimbulkan diskriminasi. Ia mencontohkan, upah minimum untuk industri tekstil di Jawa Barat memiliki nilai yang lebih rendah dari UMK.

Mengacu pada RUU Omnibus Law, Pasal 88E ayat (1) menyebutkan untuk upah minimum terpisah diberikan untuk menjaga usaha dan melindungi pekerja buruh industri padat karya.

Oleh karena itu, Kahar meminta DPR tidak melanjutkan pembahasan beleid tersebut. Buruh juga akan melakukan aksi besar-besaran bila RUU Cipta Lapangan Kerja akan disahkan. Presiden KSPI Said Iqbal pun mengatakan, pihaknya akan mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi bila beleid tersebut disahkan menjadi Undang-Undang.

"Kami akan melakukan judicial review bila disahkan. Adapun selama pembahasan RUU, kami akan mendesak DPR men-drop klaster ketenagakerjaan," ujar Said.

https://katadata.co.id/berita/2020/0...an-omnibus-law

emoticon-Belgia emoticon-Shakehand2
profile-picture
namdokmai memberi reputasi
udah omnibus law, trus semua upah buruh dimana saja sama. wih cakep..
YANG KAYA SEMAKIN KAYA, YANG MISKIN SEMAKIN MISKIN emoticon-Najis emoticon-Najis

UMK yang berlaku di Karawang saat ini sebesar Rp 4.594.324,
"Kalau yang berlaku upah minimum provinsi, maka upah minimum di Karawang, Bekasi, dan lainnya akan menjadi Rp 1,8 juta," ujar dia.


Ente pikir aja sendiri dah! emoticon-Najis emoticon-Najis
bakalan disahkan jadi uu ngak ya ruu omnibus law nantinya
Bisa mengurangi urbanisasi, malah bisa terjadi deurbanisasi.

Inflasi gara2kenaikan upah per daerah sama.
Ga suka? Ya uda ga usah jadi buruh. Ga ada yg maksa lu kerja kok
KSPI ini jangan nuntut hak buruh dipenuhin terus dong ... kalo cuma alasan harga kebutuhan naik, tapi ga ada peningkatan kuantitas/kualitas kerja buruh ... yg punya perusahaan juga ogah ngeluarin duit lebih buat nambahin gaji buruh yg tiap tahun naik tapi ngga ada kenaikan produksi yg berarti
profile-picture
profile-picture
Koncong dan Abc..Z memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ya elah bs kredit macet nih cicilan motor emoticon-Leh Uga
Quote:


kalo mau rata smua jadi kumunis aja bre
di indon yg kaya makin kaya
yg miskin betah miskin
makanya ga berubah2 emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Shakehand2
Makin seret setoran ke sakit ikbal emoticon-Ngakak
Balasan post fery11pro
Quote:


Yap bener, rata rata buruh itu

- under perform
- Managemen keuangan, budgetting gak bisa pula

Begok itu namanya emoticon-Leh Uga


Masa kalah ama gw, yang biarpun belum berkeluarga - modal ngerti budgetting ama inventory control bisa minimalisir pengeluaran ama bisa bantuin biaya kuliah keponakan keponakan gw? emoticon-Leh Uga








Pasti abis ini bakal dibilang ama si ts "jangan disamain biaya hidup yang single ama yang udah berkeluarga" - meh, gw sendiri, tapi ngurus biaya para ponakan gw ama jadi sumber finansial no. 4 di keluarga besar gw bisa tuh, gw ngerti budgetting, inventory control juga ngerti dan bisa bedain mana yang butuh mana yang nggak - ya berimbas ke gw tau soal minimalisir biaya lah. Makanya jangan credit motor, mobil ama beli beli barang elektronik melulu emoticon-Leh Uga

Belajar dulu gih budgetting ama inventory control gih
profile-picture
kurapbadak memberi reputasi
Bagus emoticon-Ngakak, bonus bayar 5x gaji tapi gaji nya bukan umr
profile-picture
noiscatt memberi reputasi
Waduuh terus yang bikin rame apalagi tuh gan .
Kasian juga sih.
tunggu ada yang teriak "solusinya khilaf-fuck"emoticon-Ngakak
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
sip ribut .
demo aja lagi :tepar
Post ini telah dihapus oleh KS06
Balasan post Abc..Z
@Abc..Z Ane juga single gan alhamdulillah bisa kontrol pengeluaran untuk cicilan rumah sama buka jualan pulsa PPOB gan. Tapi benar mesti mengurangi gaya hidup hedon biar bisa terjangkau kebutuhannya. Ane aja beli hape cukup kisaran harga 2-3 jutaan aja buat mendukung kerjaan dan keseharian. Dulu pernah beli sampe 2 hape dan ternyata keduanya jarang dipakai jadi sekarang beli sesuatu kalau benar dibutuhkan.
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
Oh Buruh, nasibmu semakin mengenaskan
complicated bgt yah masalah omnibus law nya.. moga aja ktemu hasil terbaik lah
Tinggal tunggu perang saudara aja ...


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di