CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tak Punah Dimakan Zaman, Tujuh Hewan Ini Pernah Hidup Di era Dinosaurus
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4697df337f9305fa302503/tak-punah-dimakan-zaman-tujuh-hewan-ini-pernah-hidup-di-era-dinosaurus

Tak Punah Dimakan Zaman, Tujuh Hewan Ini Pernah Hidup Di era Dinosaurus

Tak Punah Dimakan Zaman, Tujuh Hewan Ini Pernah Hidup Di era Dinosaurus

Dinosaurus diperkirakan pernah hidup di planet bumi ini selama kurang lebih 160 juta tahun, melewati zaman Triassic sekitar 230 juta tahun lalu, kemudian zaman Jurassic dan berakhir pada zaman Cretaceous sekitar 65 juta tahun lalu.

Diperkirkan sekitar 50 persen kehidupan hewan dan tumbuhan di bumi selamat dari kepunahan massal pada dekade zaman Cretaceous-Tersier, atau lebih dikenal sebagai batas K/T, yaitu satu peristiwa di mana terjadinya kepunahan massal spesies hewan dan tumbuhan secara besar-besaran pada periode geologis singkat. Adapun kepunahan ini dipicu oleh tumbukan dengan meteorit di Meksiko.

Namun, ternyata ada beberapa hewan yang hidup pada zaman itu dan selamat dari kepunahan hingga turunan hewan-hewan ini masih ada sampai sekarang.

1. Platipus

Tak Punah Dimakan Zaman, Tujuh Hewan Ini Pernah Hidup Di era Dinosaurus

Platipus merupakan satu dari sedikit monotrem yang masih hidup hingga sekarang. Para ahli menyepakati bahwa hewan dengan jenis mamalia yang bertelur ini ternyata sudah hidup selama periode Jurassic. Hal ini disimpulkan setelah para ilmuwan menganalisis tulang rahang Teinolophos pada 2008, ahli paleontologi University of Texas, Tim Rowe menyatakan, platipus berasal dari 122 juta tahun lalu.

Platipus merupakan spesies mamalia bertelur, yang hanya hidup di Australia timur dan Tasmania.

2. Kecoa

Tak Punah Dimakan Zaman, Tujuh Hewan Ini Pernah Hidup Di era Dinosaurus

Siapa sangka hewan yang sering berkeliaran di rumah-rumah ini ternyata merupakan jenis hewan purba yang telah hidup sejak dulu.

Serangga yang sering ditemukan di toilet ini dikenal sebagai spesies paling dominan selama periode Karbon -yang terjadi sekitar 360 juta tahun lalu atau 112 juta tahun sebelum dinosaurus. Saat itu ukurannya bisa dua kali lebih besar dari bentuk saat ini yang sering kita temukan. Kecoa telah berhasil melewati periode misterius yakni kematian besar atau great dying antara periode Permian dan Trias, dan sudah ada di sana untuk menyambut kelahiran dinosaurus pertama 240 juta tahun lalu.

3. Ketam tapal kuda

Tak Punah Dimakan Zaman, Tujuh Hewan Ini Pernah Hidup Di era Dinosaurus

Satwa ini disebut juga sebagai fosil hidup. Ketam tapal kuda atau Horseshoe Crab mengalami revolusi lebih lambat dari hewan lain. Tetapi ia mampu menjadi sebuah organisme paling bertahan lama di alam, setelah ia selamat setidaknya dari empat peristiwa kepunahan terbesar di bumi.

Richard Fortey dari Natural History Museum London, hewan jenis ini memiliki kemampuan memakan hampir semua bahan organik, dan itu sangat membantunya dalam bertahan hidup. Selain itu, ia mempunyai darah warna biru di tubuhnya yang menggumpal ketika bertemu bakteri, hal ini menjadikannya sebagai sebuah adaptasi kerentanan terhadap infeksi.

4. Penyu hijau

Tak Punah Dimakan Zaman, Tujuh Hewan Ini Pernah Hidup Di era Dinosaurus

Penyu laut ini diperkirakan muncul paling awal pada periode Jurassic dan akhirnya selamat dari kepunahan karena mampu mengembangkan beragam teknik bertahan hidup yang adaptif, tekhnik tersebut memungkinkan penyu hijau bertahan pada masa-masa sulit.

Penyu laut ini memiliki trik sendiri dalam menghadapi cuaca yang tak menentu. Saat suhu temperatur terlalu dingin, hewan purba ini secara alami berhibernasi, dan ketika terlalu panas atau kering, ia akan menggali diri sendiri ke dalam lubang lumpur dan menunggu keadaan normal. Ternyata kemampuan ini menyelamatkannya dari dampak tumbukan meteor 65 juta tahun lalu.

5. Hiu

Tak Punah Dimakan Zaman, Tujuh Hewan Ini Pernah Hidup Di era Dinosaurus

Tanpa sadar hiu telah berada di lautan sejak 450 juta tahun lalu. Mereka mampu selamat dari empat kejadia lima peristiwa besar kepunahan. Selama periode Cretaceous, mereka kemungkinan menjadi mangsa Spinosaurus aegyptiacus yang sangat besar, dan berkembang begitu dinosaurus punah.

Hiu diperkirakan telah mengadaptasi fitur modern yang sering dikenal sekarang selama periode Jurassic dan Cretaceous, sekitar 200 juta tahun lalu.

6. Buaya

Tak Punah Dimakan Zaman, Tujuh Hewan Ini Pernah Hidup Di era Dinosaurus

Pada Zaman Cretaceous, Bumi dipenuhi buaya raksasa seperti Sarcosuchus, Dyrosaurus, Deinosuchus, Shieldcroc dan lainnya. Hal itu disebabkan banyaknya makanan dan iklim hangat yang membuat mereka mencapai ukuran besar saat itu.

Adapun dari fosil yang ditemukan menunjukkan bahwa satu spesies, yang dikenal sebagai Shieldcroc, mampu tumbuh hingga 10 meter. Saat dinosaurus punah, mereka mampu bertahan hidup, dan di era saat ini, ada 23 spesies buaya yang kita ketahui.

7. Lebah

Tak Punah Dimakan Zaman, Tujuh Hewan Ini Pernah Hidup Di era Dinosaurus

Lebah diyakini pertama kali muncul pada Zaman Cretaceous, sekitar waktu yang sama dengan tumbuhan berbunga pertama muncul di Bumi. Saat itu, banyak sekali tumbuhan berbunga yang bermekaran hingga membuat kawanan lebah memiliki stok makanan yang melimpah ruah. Hingga hal itu mampu membuat lebah bertahan dari kepunahan hingga sekarang.

Sumber :

1

2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hvzalf
Halaman 1 dari 3
7 hewan purba
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
Hidup di masa kini
Wah ada kurma di nomor dua. Emang hewan paling sakti kecoa ini. Apalagi kalo terbang2 emoticon-Sorry
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
alamak, Kecoa ternyata dah tua juga yaemoticon-Cape d...
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Quote:


Wkwkwk
Hewan purba ternyata emoticon-Ngakak

Quote:


Wkwkwk
Ia gak nyangka. Hewan yg suka berkeliaran di rumah emoticon-Ngakak
kalo buaya darat masuk hewan purba kagak?🤣🤣
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Balasan post kacangpanda
Quote:


kalo di moncart
kecoa terbang=evolusi Z
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Buaya? Kamu? ._.
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Gila ya kecoaaa udah dari dulu lohhhhh baru tau ane
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
awet muda mahluk" itu.. everlasting..
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
wah, baru tau ane kecoak termasuk hewan purba. nggak nyangka ane. nice info ...

Silakan kunjungi blog ane disini :

www.tipskeuangankeluarga.blogspot.com

emoticon-Shakehand2
profile-picture
hvzalf memberi reputasi

lebah mulai tinggal sedikit
makanya dibikin account lebah
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Diubah oleh MrJeffBezos
Bawah ane juga gan.. Kalo ga salah jaman dinosaurus masi bayi, dia udah remaja..
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Kecoaaaaak...
emoticon-Wow
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Quote:


Adalah benar Gan... Sekarang pun Ane masih perawan nih...
emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
hvzalf dan prasetia13 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post adolfsbasthian
Quote:


Kok bisa sih pak Adolf komen di bawah saya.. emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan hvzalf memberi reputasi
anti radiasi nuklir juga tuh kecoa emoticon-Big Grin
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Yap, mereka berevolusi dan beradaptasi dengan lingkungan..

Ukurannya jadi mini emoticon-Cape d...
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Quote:


Ada buanyaakkk

Quote:


emoticon-2 Jempolemoticon-Ngakakemoticon-Takut

Quote:


Iya. Sejak zaman purba emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Anti punah

Quote:


Makasih emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Quote:


Wkwkwk
Dpt endorse jg gk? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-2 Jempol

Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Takut

Quote:


Iya. Kerennn kecoa ini emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Quote:


Iya mengikuti keadaan
profile-picture
profile-picture
MrJeffBezos dan lintangayudy memberi reputasi
si kecoa bener bener kuat, ya. padahal kecil. 🤣
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di