CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kalau Disahkan, Perusahaan Wajib Membayar Bonus 5 kali Gaji Karyawan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e468cb328c9912b4049096e/kalau-disahkan-perusahaan-wajib-membayar-bonus-5-kali-gaji-karyawan

Kalau Disahkan, Perusahaan Wajib Membayar Bonus 5 kali Gaji Karyawan

Kalau Disahkan, Perusahaan Wajib Membayar Bonus 5 kali Gaji Karyawan
Quote:


Sumber
https://bangka.tribunnews.com/2020/0...-tahun-bekerja

Ini maksudnya bagaimana pak? Yang mbayari perusahaan atau pemerintah? Bonus kok dijadikan kewajiban pengusaha untuk membayar? Aturan apalagi ini?

Pengusaha sudah didesak dari bawah oleh buruh untuk menaikan UMK tiap tahun, Ini didesak pula oleh pemerintah supaya memberi bonus sampai 5 kali gaji setiap tahun? Ga cukup apa THR setiap tahun? Bikin aturan jangan berpihak ke buruh saja, tapi berpihak juga kepada para pengusaha.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Viatnam bakal Panen emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SpiritOfZoro dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Sebelum tau itungan detailnya jangan terlalu positif dan negatif dulu gan...
Ingat ya sampai saat ini belum ada keberatan dari ikatan pengusaha!
Dan bahkan cenderung setuju mereka ini
Lalu siapa yg memanfaatkan?
Organisasi buruh...
Cari barisan sakit hati ngemis dana dr buruh dan pengusaha yg sekiranya dirugikan oleh kebijakan ini, namanya suatu kebijakan pasti ada pro kontra
Lihat 2 balasan
Balasan post pisangkepok008
Quote:


Ini sih pengusaha bisa relokasi pak kalau begini caranya. Bonus 5 kali gaji kok diatur di undang undang. Tekor lah pak. 12x gaji + THR aja mumet dengan UMK sekarang. Sekarang harus ditambah lagi bonus tiap tahun yang bisa sampai 5x gaji.

Total bisa sampe 18x gaji per tahun dan itu wajib??? Wah gila deh ini pak, ga normal aturannya.
profile-picture
profile-picture
noiscatt dan pisangkepok008 memberi reputasi
buruh banyak yang nolak omnibus law kan
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan noiscatt memberi reputasi
Balasan post xrm
Quote:


Pengusaha Keberatan Ketentuan Bonus Lima Kali Gaji dalam Omnibus Law
https://katadata.co.id/berita/2020/02/13/pengusaha-keberatan-ketentuan-bonus-lima-kali-gaji-dalam-omnibus-law

Pengusaha menyebutkan ketentuan pemberian bonus sebanyak lima kali gaji tidak bisa diterapkan di semua sektor industri.


Ini aturannya pak,

5. Bonus tahunan

Pada pasal 92 disebutkan bahwa pemberi kerja berdasarkan Undang-Undang ini memberikan penghargaan lainnya kepada pekerja/buruh. Berikut ketentuannya:

Pekerja dengan masa kerja kurang dari 3 tahun, sebesar 1 kali upah.
Pekerja yang memiliki masa kerja 3 - 6 tahun, sebesar 2 kali upah.
Pekerja yang memiliki masa kerja 6 - 9 tahun, sebesar 3 kali upah.
Pekerja yang memiliki masa kerja 9 - 12 (dua belas) tahun, sebesar 4 kali upah.
Pekerja yang memiliki masa kerja 12 tahun atau lebih, mendapat bonus 5 kali upah.

Pemberian penghargaan ini diberikan satu kali dalam jangka waktu paling lama satu tahun sejak Undang-Undang ini mulai berlaku.

profile-picture
noiscatt memberi reputasi
Diubah oleh juraganind0
Nah, pengusaha protes.
buruh jg protes.

intinya, yg bikin draft ruu ini goblok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

Bedanya buruh bakal diupah perjam di omnibus, klo gak masuk gak digaji, trus umr daerah diilangin.
profile-picture
juraganind0 memberi reputasi
Diubah oleh baniwahyudi
aturan tersebut hanya berlaku untuk perusahaan-perusahaan dengan ukuran bisnis besar.
___________

Ukuran besarnya seberapa? Bikin jantungan Aja nih mentri emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
juraganind0 memberi reputasi
Makanya ini masih proses dibahas ama dpr
profile-picture
baniwahyudi memberi reputasi
Quote:


Per jam masih harus sesuai UMK pak. Bonus 5x gaji itu kan berdasarkan upah bulanan.

Quote:


Ga dijelaskan pak di aturannya. Apakah sesuai Undang Undang saat pembuatan PT di notaris yaitu >10 M atau tidak. Apakah ini berdasarkan omset atau apa. Hanya ada detail pemberian bonus berdasarkan Pasal 92 Draft UU nya
profile-picture
Jalan Cinta memberi reputasi
Diubah oleh juraganind0
Menteri menteri dan DPR akrobat spy jd RI 1
Balasan post juraganind0
Quote:


Kalau setahun 18x gaji dengan harus tunduk pada UMK bisa tekor perusahaan. Tapi yang tertulis 5x upah tuh gan. Entah upah jam jaman atau upah harian mengingat aturan baru upah pekerja dihitung per jam.

Kalau cuma 5x upah harian apalagi cuma upah jam-jaman sih boleh juga tuh
profile-picture
juraganind0 memberi reputasi
Balasan post pungcray
@pungcray betul pak. Tekor yang ada. Mau pengusaha besar pun pasti mereka cari yang murah lah. Cari buruh yang kompetitif. Ini kita persaingan bukan hanya dengan di dalam negeri saja, tapi juga dengan di luar negeri. Upah buruh di negara lain itu kompetitif untuk biaya produksinya. Produktivitas juga baik.

Ya pak, kalau bayar bonusnya 5x upah harian atau jam jaman, ok banget sih itu pak. Tapi hampir tidak mungkin sepertinya.
Quote:


Di tambah lagi BPJS emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Quote:


Jangan berkepihakan pada pengusaha pabrik besar emoticon-Marah kampret
Mereka punyak duid, kitak punya palu emoticon-Blue Guy Bata (L)
Pokok nya kitak sama ratakan dengan tanah, dan kitak berkuasa. emoticon-Wkwkwk
Balasan post juraganind0
Quote:


Silahkan anda cari sendiri, entah dari koneksi atau darimanapun, jangan mau disuapin saja.
profile-picture
rakalif memberi reputasi
anjir gak dpr mpr sampe mentri2 nyari panggung buat 2024
mending rombak tu kabinet dah
cari dari kalangan praktisi, jgn yang politik
uda g ada beban kan, uda bkn petugas partai
profile-picture
cloudible8 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Bonus akhir taun biasanya gapok doang gan x brp tergantung kantornya, kalo thr baru gaber itungannya
Lihat 3 balasan
Balasan post lickmyballs
ya pak, thr = thp
bonus = gaji pokok

tapi namanya gaji pokok kan upah minimal pak. Yaitu UMK. Kurang dari itu pengusaha bisa dipidana.

Gapok minimum UMK jkt aja 4 juta an. 5x gaji harus keluar dana 20 juta tiap tahun. Itu baru satu orang pak, bayangin kalau karyawan 1000?

Berat lah pak.

Prinsip dari kami, lebih baik bonus bonus ini ga usah lah diatur. Kalau untung, pasti dikasih kok namanya bonus. Kalau pas penjualan lagi turun atau revenue turun atau profit anjlok, masa harus tetep kasih bonus. Yang bener aja lah pak.
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan lickmyballs memberi reputasi
Diubah oleh juraganind0
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di