CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e46620aa2d195246e6a1ec1/ternyata-indonesia-tidak-dijajah-selama-350-tahun-oleh-belanda

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Gansis tentunya kita mempelajari sejarah kita ada campur tangan orde baru, sehingga banyak fakta-fakta  yang tidak diberikan kepada publik. Seperti perjuanga Indonesia melawan Belanda, berawal pada 20 Maret 1602, para pedagang Belanda mendirikan Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) sebuah persekutuan dagang yang bertujuan memonopoli aktivitas dagang di Asia. Pada 1603, VOC mendapatkan izin untuk mendirikan kantor perwakilan di Banten.

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Namun, Gubernur Jenderal pertama VOC memindahkan kantor ini ke Jayakarta (Batavia). Sejak itu, VOC mulai memainkan pengaruhnya di bidang perdagangan ke berbagai wilayah di Indonesia. Cara yang dilakukan adalah melakukan tekanan terhadap bangsa non-Belanda yang mencoba berdagang dengan penduduk. Kala itu, Kepulauan Nusantara belum berada di bawah kendali pemerintah Belanda, melainkan VOC. VOC meski hanya sebuah perusahaan tetapi mendapatkan banyak keistimewaan dari pemerintah Belanda salah satunya boleh membentuk tentara sendiri.

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Pada 31 Desember 1799, VOC resmi bubar disebabkan praktik korupsi yang dilakukan pegawainya, biaya perang, ketatnya persaingan dagang, dan besarnya gaji pegawai. Setelah VOC bubar, Pemerintah Belanda mulai mengambil alih kendali kepulauan Nusantara yang sejak 1800-an dikenal dengan nama Hindia Belanda. Dengan pengambilalihan kendali dari VOC ke pemerintah Belanda pada 1800-an, masih benarkah klaim bahwa Indonesia dijajah selama 350 tahun?

Langsung cekidot faktanya bersama Jas Merah hanya di Kaskus Podcast hari ini!




Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda




emoticon-Merdekaemoticon-Merdeka

profile-picture
profile-picture
profile-picture
adijaya89 dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
tidak dijajah cuman disuruh masup kerja, emoticon-Ngakak "penting" gitu kata nya sampek dipaksa2
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan AsepHartanto memberi reputasi
dijajah sama perusahaan doang
profile-picture
profile-picture
coldblacksnow dan ciptawan memberi reputasi
ga semua wilayah indonesia dijajah dengan jangka waktu yg sama. ada yg memang sedari awal jd markas voc. ada yg masih berdaulat sampe ahir 1800 an dan awal 1900 an.
profile-picture
profile-picture
cingmahmud dan ciptawan memberi reputasi
voc kalau sekarang seperti perusahaan konglomerat
tenaga kerja kontrak atau sekarang TKI asal jawa,dikirim ke lampung,medan,semenjang malaya (Malaysia/indonesia belum terbentuk )perusahaan belanda/investor asing sudah ijin penguasa setempat(kesultanan/kerajaan penduduknya ngga yg mau gajinya kecil
Kantor pusat dagang batavia
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan localfutures memberi reputasi
Diubah oleh cahmlg123456
dulu namanya bukan Indonesia, jadi Indonesia tidak pernah dijajah.

Bener ga?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cloudible8 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bathack
Yaelah ketemu lagi dengan Siaran Drama Radio.. emoticon-Ngakak (S)

Kali ini temanya Jaka Sembung lawan Menir Belanda selama 350 tahun .. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
dijajah sama konglomerasi a.k.a perusahaan ya ?
nggak ada bedanya sama sekarang

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
pria dijajah wanita emoticon-Cool
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Diubah oleh MamaLikay
Lihat 1 balasan
Kalau dulu, VOC memang bukan pemerintah tapi lambat laun kerajaan mengakui dan mengambil alih. Tetap itu namanya penjajahan, zaman VOC malah lebih sangar. Namanya perbudakan. hmmm
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan ayokitakemanaa memberi reputasi
halah taek, bahas sejarah kok lewat podcast.
bikin males dengerin,
mending baca daripada ngedenger orang nyrocos.
mbaca masih bisa dipahami & diamati.

Sesuatu yg peting kok malah dibikin podcast.
Berasa dengerin lakon nenek lampir jadul di radio aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cloudible8 dan 9 lainnya memberi reputasi
belanda dulu beli rempah2 d indonesia
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Apaan sih pake podcast ble ble ble
Pusing dengernya
Bayarin dimari cuk
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Bodo amat...

Kagak penting...

Yiiihaa

emoticon-Ngacir
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Quote:


Anda benar.....emoticon-2 Jempol

Tahun 1928 Kongres Pemuda II di Jakarta menggunakan istilah Indonesia dalam hubungan dengan persatuan bangsa. Kongres Pemuda tersebut pada  tanggal 28 Oktober 1928 menghasilkan Sumpah Pemuda yang di dalamnya tercantum nama Indonesia. Istilah Indonesia secara resmi  digunakan sebagai nama negara kita pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan  proklamasi kemerdekaan Indonesia.



Dan klo dijajah kan gak ngelawan, tp Indonesia kan ngelawan terus n gak diem aja, ga mau ditindas...

So, Indonesia adalah free nation yg sedang diganggu bangsa lain saja
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
sebenarnya bukan 350 tapi 347 tahun. 3 sisanya oleh Jepang
di antara 347 itu aja ada penjajahan oleh Inggris namun "hanya" 6 tahun. gayanya berbeda namun tetap aja penjajahan. sesudah Inggris lengser maka pemerintah kolonial Belanda sendiri lah yang mengambil alih penjajahan Hindia Belanda.
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Diubah oleh EnzoMan
Tuh kan.. ternyata enggak.
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Dijajah pemerintah belanda kek, dijajah perusahaan yg belanda jg punya saham kek.. sama aja.. pendeknya dijajah belanda..

Dan yg parah, kita belajar dan adopt ajaran2 belanda yg buruk2 juga termasuk korupsi ala VOC. Pengelolaan bisnis VOC setelah jaya. Ditelan bulat2..

Bahkan sampe sekarang KLM yg bangkrut dr taun 2000an ud milik Air France..
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
ya ya ajalah
sejarah yg bener yg mana juga ga tauemoticon-Wakaka

dulu kata alm. kakek ane dulu itu pas masih di jajah belanda, mereka baik

beda sama jepang, adik kakek ane ada yg dibunuh tentara jepang pas di jajah
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan doombringer2211 memberi reputasi
Diubah oleh MrJeffBezos
Lihat 2 balasan
aku taunya ya dijajah selama itu
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Quote:




Nah, sependapat
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di