CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e46620aa2d195246e6a1ec1/ternyata-indonesia-tidak-dijajah-selama-350-tahun-oleh-belanda

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Gansis tentunya kita mempelajari sejarah kita ada campur tangan orde baru, sehingga banyak fakta-fakta  yang tidak diberikan kepada publik. Seperti perjuanga Indonesia melawan Belanda, berawal pada 20 Maret 1602, para pedagang Belanda mendirikan Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) sebuah persekutuan dagang yang bertujuan memonopoli aktivitas dagang di Asia. Pada 1603, VOC mendapatkan izin untuk mendirikan kantor perwakilan di Banten.

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Namun, Gubernur Jenderal pertama VOC memindahkan kantor ini ke Jayakarta (Batavia). Sejak itu, VOC mulai memainkan pengaruhnya di bidang perdagangan ke berbagai wilayah di Indonesia. Cara yang dilakukan adalah melakukan tekanan terhadap bangsa non-Belanda yang mencoba berdagang dengan penduduk. Kala itu, Kepulauan Nusantara belum berada di bawah kendali pemerintah Belanda, melainkan VOC. VOC meski hanya sebuah perusahaan tetapi mendapatkan banyak keistimewaan dari pemerintah Belanda salah satunya boleh membentuk tentara sendiri.

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Pada 31 Desember 1799, VOC resmi bubar disebabkan praktik korupsi yang dilakukan pegawainya, biaya perang, ketatnya persaingan dagang, dan besarnya gaji pegawai. Setelah VOC bubar, Pemerintah Belanda mulai mengambil alih kendali kepulauan Nusantara yang sejak 1800-an dikenal dengan nama Hindia Belanda. Dengan pengambilalihan kendali dari VOC ke pemerintah Belanda pada 1800-an, masih benarkah klaim bahwa Indonesia dijajah selama 350 tahun?

Langsung cekidot faktanya bersama Jas Merah hanya di Kaskus Podcast hari ini!




Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda




emoticon-Merdekaemoticon-Merdeka

profile-picture
profile-picture
profile-picture
adijaya89 dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Bukan 350 tahun tapi 349 tahun 7 bulan
belanda memang njajah perekonomian tapi yang lebih ngeri itu jajahan dai nippon teikoku (jepang), orang indo kalo gamau nurut ama belanda paling cuman gak dapet gaji tapi kalo jepang mau gak mau harus nurut kalo gak gitu mati
Balasan post MrJeffBezos
sama aja lah..
Baek sama yg mau kerjasama..
tetep aja savage sm pembangkang..
mgk si kakek dianggap nurut sama belande (krn bule, tinggi dan ganteng), tp ngelawan sama jepang (krn ud pendek jelek, baru dateng pulak sok preman). Krn pas kakek lahir, belanda ud ada, pas jepang datang, kakek dah dewasa..

emoticon-Salam Kenal
Diubah oleh sibuk.nyaleg
Balasan post dxbike
lah.. sama aja kayak apple ato primark buka pabrik di cina/bangladesh dgn mengexploitasi anak2, ato bayar murahan. Itu kl dibayar. Wong bangsa sendiri jaman sekarang aja ada yg kerja kadang ga dibayar.

Penjajahan perusahaan ya penjajahan kapitalisme. Memang kapitalisme tidak mengenal ras, tp ya mengenal profit yg banyag. Mgk ada jual beli tp partai yg satu ingin menekan yg lain.

Jaman itu apa indon ato org nusantara ngerti ttg uang kertas? rentenir? senpi? nah.. dr st aja kt bisa tau kl kita banyak ditepu kapitalisme. Dmn skrg kt ud jd murid yg baik.. Belajar menekan yg lemah.
profile-picture
dxbike memberi reputasi
300+ tahun dijajah..

begonya sampe detik ini masih bisa dibodohi pakai.... (isi sendiri tau sama tau) emoticon-Ngakak
Iyaaa yaaa.. kalo ngitung sejak voc kayanya ga tepat hhmmm
Lama Kelamaan, Sejarah Negara ini Akan Pudar akibat di poles sana sini, Dan endingnya KELAK para ahli sejarah yg begini, menganggap belanda datang ke indo pada masa lalu hanya sebagai tourism
Dikasih lapangan pekerjaan
Quote:


Waaaah penjelasannya detil sekali gan wkwkwk mantap nih jadi ilmu
wahhh podcast ngebahas soal sejarah nih keren keren. kalo gak salah ane juga pernah baca emang bukan 350 tahun tapi bisa lebih keknya yak. udah ada bukunya juga kok yg ngebahas hal ini heheheh keren keren
perasaan ini pernah ada thread kaya gini dulu.
ya begitu lah zaman orde baru. penuh dengan rekayasa untuk memuluskan kepentingannya.

emoticon-Traveller
Kalo scr resmi ya ga nyampe 350thn yeeee
Hmmm...
Diubah oleh andridaniel
Balasan post siapika
yoi emoticon-Big Grin
masa bodo, yng penting bangsa mereka penjajah dan penjajah itu jahat. yang masi mau berteman sama penjajah sama saja penghianat. Yang bawa gereja kemari kan mereka. KEsimpulan sendiri lah
Kayaknya VOC datang ke Indonesia itu namanua belum Indonesia kan yak. masih berbentuk kerajaan kerajaan gitu. setahu ane VOC itu kayak perusahaan, nah itu perusahaan Belanda tapi isinya bukan hanya orang Belanda, bisa juga orang Eropa lain yang kerja di VOC...
Balasan post MamaLikay
Salah besar sampeyan! Bahasa yang benernya itu, "Pria dijajah Perempuan." 🤣🤣🤣
Oh salah ternyata
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di