CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Soal Status WNI Eks ISIS, Ma'ruf: Mereka yang Lepas Kewarganegaraan Sendiri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e457aa40577a9666f0aad63/soal-status-wni-eks-isis-maruf-mereka-yang-lepas-kewarganegaraan-sendiri

Soal Status WNI Eks ISIS, Ma'ruf: Mereka yang Lepas Kewarganegaraan Sendiri

Soal Status WNI Eks ISIS, Ma'ruf: Mereka yang Lepas Kewarganegaraan Sendiri

Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bicara soal status kewarganegaraan warga negara Indonesia (WNI) eks ISIS. Ma'ruf menyebut para WNI tersebut tak dikeluarkan kewarganegarannya, melainkan mereka sendiri yang melepas status warga negaranya.

"Mereka itu tidak dikeluarkan dari kewarganegaraan, tetapi sudah membuat dirinya sendiri lepas dari kewarganegaraan. Oleh karena itu, lebih baik tidak memulangkan mereka," kata Wapres Ma'ruf kepada wartawan di Kantor Wapres RI, Jakarta, seperti dikutip Antara, Kamis (13/2/2020).

Ma'ruf menegaskan status kewarganegaraan ratusan warga itu hilang ketika mereka memutuskan meninggalkan Indonesia dan bergabung dengan kelompok ISIS. Dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 Pasal 23 Huruf d dijelaskan bahwa WNI kehilangan kewarganegaraannya jika yang bersangkutan masuk dinas tentara asing tanpa izin terlebih dahulu dari Presiden.

"Sebenarnya mereka sendiri yang membuat terlepas dari kewarganegaraan dengan keikutannya dalam kelompok ISIS. Itu sudah dalam ketentuan peraturan perundang-undangan," jelasnya.

Selanjutnya, pada Huruf f disebutkan jika WNI secara sukarela mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing tersebut.


Oleh karena itu, pemerintah menganggap WNI yang tergabung dengan kelompok ISIS itu sudah memenuhi persyaratan secara undang-undang untuk hilang status kewarganegaraannya. Setelah memutuskan tidak memulangkan ratusan WNI yang bergabung dengan ISIS, pemerintah selanjutnya memverifikasi identitas para kombatan tersebut. Hal itu dilakukan sebagai pencegahan agar mereka tidak lagi bisa masuk ke wilayah NKRI dan menyebarkan paham radikal.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud Md merujuk pada data Badan Intelijen Pusat AS atau Central Intelligence Agency (CIA) yang menyebutkan jumlah WNI diduga bergabung dengan ISIS sebanyak 689 orang.

Mahfud menyebutkan 228 warga di antaranya telah teridentifikasi, sedangkan 401 lainnya belum lengkap identitasnya.

https://m.detik.com/news/berita/d-48...from=wpm_nhl_8

Say no to isis......go to hell aja jangan ke negara indonesia ane tercintaemoticon-Merdeka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.dot dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
mampus! tuh maaruf juga udah keluar pernyataan, lawan sana tuh wakil presiden sakti nan mahaguna ini , drun! emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakidal27 dan 4 lainnya memberi reputasi
kurang greget bikin drama gorengannya
udah enak di habitat asal kok pengen balik ke negara thogut yah akhiemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan Koncong memberi reputasi
Mamam dah tuh ISIS....emoticon-Big Grin


Selanjutnya, pada Huruf f disebutkan jika WNI secara sukarela mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing tersebut.
_______________________

Yg akan "digoreng" ampe hangus ama mereka yg ngebet tololis ISIS eks WNI balik kemari.
Plus "rasa kemanusian"........emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan Koncong memberi reputasi
Quote:

Karna itu biarlah mereka go to heaven di sana. Mr assad bakal sangat happy membantu.
ya gabung isis secara sukarela kok, emang ada yg dipaksa gabung? gabung krn ditipu? ditipu pake apaan?
profile-picture
handratas memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Dah ga ada jalan lagi ya akhi daripada di cap pro isis

Mainnya cantik juga...


emoticon-Leh Uga
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
jarang keliatan, sehat sll njih Pak
Quote:


Kadrun kroco kicep langsung emoticon-Wakaka
Sudah saatnya realistis dan nggak terlalu apa2 dinilai dari agama yg sama.

Biasanya....
- agama sama....AKSI BELA NGANU emoticon-Marah
- agama sama...JIHAD emoticon-Marah

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh donal.duck.
Balasan post valvalis
jangan mau dibohongi pake . . . emoticon-Traveller
ni aki2 kagak mau direpotin ngurusin mereka emoticon-Angkat Beer

idup mati mereka itu buat nyusahin
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Balasan post valvalis
Quote:


Ditipu pakai .... anu gan emoticon-Malu


Ane takut di-Ahok-kan kalau nyebutin emoticon-Takut
profile-picture
handratas memberi reputasi
ISIS eks WNI, kenapa sih pada masih bilang WNI?
Ea mbah wapres ud bersabda emoticon-Wakaka
ini ibarat pacar lu pamit sama lu ,sudah terus terang sama lu ngk cocok sama lu krn titid lu kecil, sudah rela ngent*t dg orang lain dan mau jg di kent*t oleh orang lain,trus pas orang lain itu pergi atau mate,lu mau nerima pacar lu itu?


Post lagi ah..
profile-picture
qavir memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Pertanyaan berat ini, bisa demo berjilid2 entar. Belum lagi pesta reunian tiap tahun....
profile-picture
qavir memberi reputasi
ada kebijakan naturalisasi gak? ini pemohon ada keahlian kombatan dan pengalaman tempur.
Quote:


Pake agama




















emoticon-Shutup
Diubah oleh kakidal27
mereka minta2 balik kan karena kalah, dengan kata lain Indonesia cuma jadi "bangku cadangan", setelah ditolak dimana2 akhirnya ngemis balik emoticon-Big Grin
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di