CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e45775110d295381512e4b5/sharing-tips-budget-10-juta-an-jalan-jalan-seminggu-di-korea

Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!


Korea Selatan belakangan ini sudah menjadi destinasi liburan favorit untuk warga Indonesia. Ga bisa dipungkiri kalau demam K-pop dan K-drama sudah meluas ke seluruh pelosok negeri dan tidak pandang usia. Hal ini membuat orang berbondong-bondong ingin liburan ke Negeri Ginseng, termasuk gw dan "penasihat spiritual" A.k.a ISTRI. Haha. Dan di sini gw bakal sharing beberapa tips berdasarkan pengalaman pribadi yang bisa diterapkan kalau mau liburan murah ke Korea. So, langsung aja kita mulai.

1. Cari tiket promo

Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

Tiket pesawat adalah hal utama yang harus kita perhatikan untuk menekan budget perjalanan. Kita harus rajin cek tiket promo murah di semua aplikasi booking tiket. Disarankan beli tiket jauh-jauh hari bahkan untuk keberangkatan tahun depan pun ga masalah. Dan kalau bisa, begitu nemu tiket murah langsung beli saat itu juga, karena kalo kelamaan mikir, harga tiket bisa cepat berubah. Untuk tiket pesawat, buat budget dengan harga maksimal Rp 4.5 juta untuk tiket PP. Hah, emang ada tiket pesawat ke Korea harga segitu? Ada pasti kalau rajin nyari. Gw juga kemarin ke Korea dapet tiket PP dengan harga Rp 4.2 juta. Gw pesen dari bulan Maret 2019 untuk keberangkatan Januari 2020.
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

2. Sharing is Caring

Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

Tips yang kedua juga ga kalah penting untuk menekan budget. Kalau kalian pergi ke Korea sama teman, mungkin bertiga atau berempat, biasakan untuk selalu sharing biaya selama kalian di sana. Terutama untuk biaya penginapan dan makan.

Untuk penginapan, kalian bisa pilih apartemen atau hostel di daerah Hongdae dengan budget Rp 400-600ribu semalam. Harganya tinggal dibagi 4 deh. Murah kan? Nah kalau kalian pergi sendiri, jangan sedih. Kalian juga bisa menginap di Hostel yang kamar sharing dengan orang lain. Tentu saja pilih yang khusus cewek atau khusus cowok ya, biar lebih nyaman. Harganya juga ada kok yang Rp 150ribu semalam. Inget ya, kita mau menekan budget dan bukan mau staycation, jadi cari penginapan yang memang buat tempat tidur dan mandi aja, sisanya kan kita mau jalan-jalan seharian.

Selain sharing penginapan, kita juga harus sharing biaya makan. Tempat makan di Korea itu buanyaakk banget dan harganya relatif murah. Untuk cemilan atau streetfood, kisaran harganya mulai dari ₩1.000-₩5.000 dan untuk makanan berat di restoran, harganya berkisar ₩15.000-₩25.000, tapi porsinya bisa untuk berdua atau bertiga. Nah, kalau kamu pergi sendiri, siapkan budget sehari ₩25.000 untuk makan. Itu udah kenyang banget sih seharian. Alternatif lain, kita juga bisa beli makanan instant di convenience store, trus tinggal dihangatkan menggunakan microwave.

Nah, satu hal lagi yang bisa dishare biayanya, yaitu biaya koneksi internet. Dari pengalaman gw kemarin, untuk koneksi internet, gw sewa modem portable dari JavaMifi dengan harga Rp 250ribu untuk koneksi 8 hari dan 1 modem bisa connect untuk 5 device. Kalau kalian pergi sendiri, gw saranin untuk beli SIM card sekali pakai. Belinya bisa di klook.com, dengan harga Rp 220rb untuk koneksi selama 7 hari dan SIM Cardnya dikirim ke rumah.

3. Selalu Gunakan Transportasi Publik dan Perbanyak Jalan Kaki
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

Korea Selatan merupakan negara dengan transportasi publik yang sudah terstruktur dengan baik dan rata-rata penduduknya selalu menggunakan transportasi publik untuk beraktifitas sehari-hari. Kitapun sebagai wisatawan, apalagi mau menekan budget, sebaiknya selalu gunakan transportasi publik saat berpergian di Korea. Kalian bisa menggunakan subway alias kereta bawah tanah atau bus kota. Untuk ongkos subway sekali jalan sekitar ₩1.200 - ₩4.000 tergantung jarak stasiun. Dan untuk bus kota, ongkosnya berkisar ₩1.000 - ₩3.000 tergantung jarak. Memang sih, konsekuensinya kalian harus banyak jalan kaki dan naik turun tangga stasiun subway. Tapi kan namanya juga jalan-jalan irit budget, jadi ya nikmatin aja. Dan hindari naik taksi saat berpergian, selain mahal, kalian juga bisa kena macet di jalan.

Gw pribadi kemarin selalu menggunakan subway untuk berpergian dan menggunakan t-money untuk bayar ongkosnya, selain lebih mudah (tinggal tap di setiap mau masuk dan keluar stasiun), juga lebih irit dibanding kita beli tiket langsung di mesin penjual tiket. Untuk harga kartu t-money ₩4.000 dan tinggal diisi ulang di mesin yang tersedia di setiap stasiun. Gw isi ₩30.000 selama 8 hari di Korea.
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

4. Kunjungin tempat wisata yang murah meriah

Tujuan kalian pergi ke Korea kan pastinya untuk mendatangi tempat-tempat iconic yang biasa kalian liat di K-drama. Untungnya untuk mendatangi tempat-tempat itu biasanya tidak membutuhkan biaya besar bahkan gratis. Yang penting bisa untuk nambah koleksi foto di IG kan. Haha. Dan di sini gw mau kasih tau beberapa tempat iconic di Korea dengan budget minim.


Namsan Tower

Kayaknya belum ke Korea kalau belum mendatangi tempat ini. Namsan Tower atau N Seoul Tower awalnya merupakan pemancar radio yang sekarang sudah dibuka untuk umum. Terletak di atas bukit di tengah kota Seoul. Yang menjadi daya tarik Namsan Tower adalah Lock of Love atau Gembok Cinta. Merupakan suatu "ritual" yang dilakukan untuk mengikat janji cinta atau harapan bersama pasangan dengan memasang gembok yang biasanya sudah ditulisi nama atau harapan di pagar dan pelataran menara, lalu kuncinya dibuang sejauh-jauhnya supaya gembok itu tidak bisa dibuka dan terikat selamanya di sana. Unik kan. Saran gw, kalau kalian mau ikutan pasang gembok di sini, lebih baik bawa gembok sendiri dari Indonesia, karena harga gembok di sana lumayan mahal, ₩10.000 untuk 1 gembok.

Untuk bisa ke sini, kalian hanya butuh budget ₩10.000 untuk naik cable car supaya bisa sampai di pelataran menara. Atau kalau mau lebih murah dan sekalian olahraga, kalian bisa memilih jalan kaki mendaki bukit untuk sampai ke pelataran menara. Masuk ke pelataran menara, tidak ada biaya masuk alias gratis. Dan kalian sudah bisa mendapatkan spot-spot menarik untuk foto, salah satunya Lock of Love ini.
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

Gyeongbokgung Palace dan Bukchon Hanok Village

Gyeongbokgung Palace merupakan satu dari lima istana terbesar di Seoul yang dibangun pada masa Dinasti Joseon. Untuk masuk ke Istana ini, kalian hanya membutuhkan ₩3.000 atau ₩10.000 untuk tiket terusan jika kalian ingin mengunjungi kelima istana. Alternatif lain, kalian juga bisa memakai Hanbok atau pakaian tradisional Korea yang banyak disewakan di sekitar istana. Karena jika kalian memakai hanbok, kalian bisa dengan bebas keluar masuk istana tanpa harus membayar.

Untuk harga sewa hanbok sendiri, rata-rata ₩10.000 per 2 jam. Dan kalian bisa bebas pilih tempat penyewaan hanbok di sana, karena harganya relatif sama. Selain bisa mengunjungi istana gratis, kalian juga bisa mendapatkan foto yang Korea banget ala drama kolosal dengan memakai hanbok.

Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

Jika kalian menelusuri komplek istana sampai ke dalam dan keluar lewat gerbang samping kanan, tidak jauh dari situ, kalian akan sampai di Bukchon Hanok Village. Yaitu pemukiman penduduk dengan rumah-rumah yang masih bergaya tradisional. Ini juga merupakan tempat iconic Korea yang sayang untuk dilewatkan. Oiya, karena ini tempat pemukiman penduduk dan memang ada orang-orang yang tinggal di situ, disarankan untuk tidak terlalu berisik ya. Supaya tidak mengganggu mereka.

Nami Island, Petite France, dan Garden of Morning Calm
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

Butuh waktu seharian penuh untuk menjelajahi ketiga tempat wisata ini. Gw waktu itu berangkat jam 5 pagi dari penginapan, naik subway dengan rute dari Hongdae ke arah Mangu dan transit ke jalur arah Gapyeong. Butuh waktu sekitar 1,5-2 jam perjalanan naik subway untuk sampai ke Gapyeong. Dari stasiun Gapyeong, kita harus naik shuttle bus seharga ₩8.000 untuk seharian perjalanan menuju ketiga tempat tersebut.

Nami Island atau Namiseom Island merupakan pulau kecil yang terletak di daerah Gapyeong, sebelah timur Seoul, yang merupakan pulau untuk mengenang Jenderal Nami. Tempat ini menjadi sangat terkenal karena menjadi tempat syuting drama Winter Sonata. Dipenuhi dengan pepohonan pinus dan ginko, membuat Nami Island selalu indah untuk dikunjungi setiap musimnya. Harga tiket masuknya ₩10.000 sudah termasuk tiket kapal untuk menyeberang ke pulau.
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

Setelah puas berfoto di Nami Island, kita bisa lanjut ke Petite France dengan menggunakan shuttle bus. Jangan lupa selalu cek jadwal busnya ya, supaya ga ketinggalan bus dan kelamaan nunggu bus selanjutnya. Petite France adalah tempat yang dibangun dengan nuansa Eropa sesuai dengan namanya dengan perpaduan warna pastel yang pastinya instagramable banget. Tempat ini juga sering dijadikan tempat syuting drama lho, salah satunya My Love From The Star. Tiket masuknya juga ₩10.000.
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

Dari Petite France lanjut ke Garden of Morning Calm. Tempat ini sebenernya lebih bagus jika dikunjungi malam hari karena dipenuhi lampu warna-warni di seluruh taman. Namun jika kalian mengunjungi di siang hari, kalian akan mendapatkan suasana tenang karena dipenuhi dengan beraneka ragam bunga yang menyejukkan mata sesuai dengan nama tamannya. Terdapat berbagai festival yang bisa dinikmati sesuai musimnya. Tempat ini juga kerap kali menjadi tempat syuting drama, salah satunya Love in the Moonlight. Harga tiket masuknya ₩10.000.
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

Starfield Library dan K-Star Road

Tempat iconic selanjutnya berada di daerah Gangnam, salah satu pusat bisnis tersibuk di Seoul, yaitu Starfield Library. Perpustakaan terbesar dengan rak buku setinggi 13 meter yang berada di dalam COEX Mall. Gw ke sini pastinya bukan untuk baca buku, karena semua bukunya berbahasa Korea. Tapi tempat ini merupakan salah satu spot foto yang instagramable banget.
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

Masih di daerah Gangnam, dengan naik subway dari Stasiun Samsoeng menuju Stasiun Apgujeongrodeo selama 15 menit, kalian bisa sampai di K-star Road. Bagi penggemar K-Pop, tempat ini adalah hal wajib untuk kalian datangin. Adalah jalan (semacam Walk of Fame di Los Angeles) dengan berjejer patung lucu yang dihiasi logo-logo bintang K-Pop terkenal seperti EXO, BTS, Super Junior, CN Blue, dll. Selain patung lucu yang menghiasi, di sepanjang jalan itu juga banyak terdapat toko-toko yang menjual merchandise bintang-bintang K-Pop tersebut.
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

5. Cari tempat belanja murah

Korea Selatan juga merupakan surganya belanja. Banyak banget orang yang sengaja datang ke Korea untuk membeli berbagai produk buatan sana, mulai dari kosmetik, perawatan wajah, cemilan, hingga pernak-pernik K-pop, dengan jumlah yang banyak dan harga yang lebih murah dibanding beli di Indonesia.

Kalau gw pribadi selama di Korea, lebih milih belanja makanan atau cemilan atau barang-barang unik yang ga ada di Indonesia. Dan tips dari gw adalah datanglah ke tempat-tempat atau toko-toko yang justru tidak ramai dikunjungi wisatawan tapi banyak dikunjungi warga lokal, seperti pasar tradisional di daerah Namdaemun atau Dongdaemun. Karena harganya justru lebih murah jika kalian mau beli satuan. Tapi jika kalian mau beli dalam jumlah yang banyak, belanja di tempat yang ramai wisatawan, seperti Myeongdong atau Hongdae memang lebih cocok, karena mereka menawarkan promo yang kadang ga masuk akal, seperti beli 20 gratis 20.
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

Selain pasar tradisional, gw juga belanja di Pasar barang-barang second hand di daerah Dongmyo.
Barang yang dijual beragam, mulai dari baju, sepatu, tas, hingga jam tangan. Harganyapun beragam mulai dari ₩1.000 untuk baju hingga ₩40.000 bahkan lebih untuk barang lain seperti tas bermerk atau jam tangan. Pasar ini buka dari siang hari sampai sore menjelang malam.
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

6. Ga perlu terlalu banyak beli oleh-oleh, nikmatin aja perjalanannya

Masih urusan belanja, jika kita liburan ke suatu tempat, pasti identik dengan belanja oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Nah, ga jarang budget untuk oleh-oleh ini juga kadang membengkak. Tipsnya adalah hanya beli oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat yang terdekat saja. Kalian ga perlu terlalu pusing mikirin harus beli oleh-oleh untuk semua kenalan kalian. Jangan sampai kalian harus memangkas budget makan hanya untuk ngebelai-belain beli oleh-oleh.

Oke, dibawah ini gw merangkum budget yang diperlukan untuk jalan-jalan murah ke Korea dengan budget 10 Juta-an/orang. Tentu saja belum termasuk budget belanja ya,karena setiap orang pasti beda-beda.
Sharing Tips Budget 10 Juta-an Jalan-jalan Seminggu Di Korea !!

Sekian trit dan cerita gw. Semoga bermanfaat buat teman-teman. Terima kasih sangat yang sudah mampir. Kalau ada teman2 yang mau sharing dengan biaya lebih murah silahkan ya. Dan jika berkenan mohon kasih rate 5 dan cendol nya yaa.. emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
online.addict dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh babangkodok
manstap om emoticon-Wow
honeymoon kah? emoticon-Malu (S)
Quote:


hehe,,sekalian om. emoticon-Malu
Diubah oleh online.addict
Quote:


Makasi oom


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di