CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
AGAN TAU BEDANYA PEMANASAN GLOBAL SAMA PERUBAHAN IKLIM?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e454f8bc0cad728523d8473/agan-tau-bedanya-pemanasan-global-sama-perubahan-iklim

AGAN TAU BEDANYA PEMANASAN GLOBAL SAMA PERUBAHAN IKLIM?

AGAN TAU BEDANYA PEMANASAN GLOBAL SAMA PERUBAHAN IKLIM?

Menjawab Pesanaran - Orang sering bingung konsep pemanasan global dan perubahan iklim, dan itu tidak membantu bahwa perusahaan media sering mengganti satu dengan yang lain di TV, surat kabar, dan pelaporan media sosial. Ini agak bisa dimengerti karena kedua konsep tersebut tumpang tindih. Bahkan, ada hubungan kausal antara keduanya. Namun, ada beberapa perbedaan tidak kentara antara pemanasan global dan perubahan iklim.

Ungkapan pemanasan global digunakan oleh para ilmuwan untuk berarti peningkatan suhu udara rata-rata bumi jangka panjang. Ini dapat merujuk secara khusus pada pemanasan seperti itu yang disebabkan oleh pengaruh peningkatan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. Permukaan bumi mendapatkan sebagian besar panasnya dari energi yang terkait dengan sinar matahari, yang menyerang permukaan planet pada siang hari. Pada malam hari sebagian besar energi ini dipancarkan kembali ke ruang angkasa.

Gas rumah kaca (seperti karbon dioksida, metana, oksida nitrat, dan klorofluorokarbon [CFC]) menyerap radiasi inframerah (energi panas netto) yang dipancarkan dari permukaan bumi dan memancarkannya kembali ke permukaan, sehingga berkontribusi pada efek rumah kaca. Meskipun kenaikan baru-baru ini dalam gas rumah kaca di atmosfer merupakan faktor utama yang mempengaruhi pemanasan global, ada faktor-faktor lain yang terlibat (seperti variasi dalam orbit Bumi, sudut sumbu planet ini, dan variasi dalam output energi Matahari).

Namun demikian, karena konsentrasi gas rumah kaca yang lebih tinggi memungkinkan atmosfer Bumi untuk mempertahankan jumlah panas yang lebih besar yang biasanya akan keluar ke ruang angkasa di malam hari, suhu rata-rata bumi meningkat.

Perubahan iklim agak berbeda. Sebelum kita melihat apa itu perubahan iklim, mungkin ada baiknya kita berpikir sedikit tentang iklim sehubungan dengan cuaca. Cuaca, yang sering dikacaukan dengan iklim, adalah serangkaian kondisi di atmosfer di satu lokasi untuk jangka waktu terbatas, seperti sepanjang hari, pada malam hari, atau pada titik tertentu di siang hari. Iklim, di sisi lain, adalah kondisi rata-rata atmosfer di lokasi tertentu dalam jangka waktu yang lama, seperti 30 tahun atau lebih. Dengan demikian, perubahan iklim adalah perubahan jangka panjang dalam kondisi rata-rata atmosfer.

Manusia tentu saja berkontribusi terhadap perubahan iklim dengan menambahkan gas rumah kaca ke atmosfer, tetapi ini hanya bagian dari persamaan. Iklim bumi dapat berubah dari waktu ke waktu tidak hanya karena perubahan atmosfer tetapi juga karena interaksi antara atmosfer dan berbagai faktor geologis, kimia, biologis, dan geografis. Misalnya, iklim regional (serta iklim global Bumi) dapat berubah sebagai respons terhadap periode aktivitas vulkanik berat yang berkelanjutan. Sebagian besar aktivitas itu terkait dengan pergerakan lempeng tektonik Bumi, yang mendorong benua melintasi permukaan planet. Selama ratusan ribu hingga jutaan tahun, benua itu bertabrakan dengan benua lain atau pecah, mengubah jalur arus laut dan angin lokal. Ini mempengaruhi pengangkutan panas dari daerah tropis ke kutub.

Iklim global Bumi juga telah berubah sebagai respons terhadap perubahan drastis dalam kimia atmosfer – terutama kenaikan konsentrasi oksigen miliaran tahun yang lalu ketika tanaman, ganggang, dan bentuk kehidupan lainnya yang mampu melakukan fotosintesis mulai menyebar ke seluruh planet.Saat dunia terus mencengkeram dengan bagaimana aktivitas manusia memengaruhi iklim Bumi, efek nyata dari perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global — seperti pencairan gletser dan lapisan es, naiknya permukaan laut, dan perubahan suhu musiman dan pola curah hujan— menjadi fokus.

Dengan gangguan seperti itu menjadi semakin dan semakin nyata, banyak ilmuwan yang membahasnya semakin dalam hal perubahan iklim jangka panjang yang nyata daripada sekadar berkomentar tentang suhu rata-rata bumi. Akibatnya, perubahan iklim juga dapat merujuk pada hubungan sebab-akibat antara pemanasan global dan perubahan iklim. Artinya, ini bisa merujuk pada perubahan kondisi rata-rata atmosfer akibat pemanasan global.



Spoiler for Sumber:


'energi panas netto' apa coba?
Pemanasan global menyebabkan perubahan iklim

Itu aja sih


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di