CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dinas Kebudayaan Sebut Ondel-Ondel Dipakai Ngamen Menyakiti Hati Orang Betawi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e454c54b8408845690f4cef/dinas-kebudayaan-sebut-ondel-ondel-dipakai-ngamen-menyakiti-hati-orang-betawi

Dinas Kebudayaan Sebut Ondel-Ondel Dipakai Ngamen Menyakiti Hati Orang Betawi

Dinas Kebudayaan Sebut Ondel-Ondel Dipakai Ngamen Menyakiti Hati Orang Betawi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama DPRD DKI Jakarta akan merevisi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Budaya Betawi. Salah satu aturan yang akan diubah adalah dilarangnya ondel-ondel untuk mengamen di jalanan Ibu Kota.
Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Hendri Wardana menjelaskan, penggunaan ondel-ondel untuk mengemis itu akan menyakitkan hati warga Betawi. Pasalnya, aktivitas itu tak sesuai dengan nilai leluhur mereka.

“Ondel-ondel itu jelas kalau dibuat untuk mengamen atau mengemis, itu menyakitkan hati, melukai orang yang memiliki etnis Kebetawian termasuk saya,” kata Iwan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020).

Iwan mengaku akan berkoordinasi dengan jajaran Satpol PP untuk menyosialisasikan pelarangan ondel-ondel untuk mengamen di jalanan.
“Apakah pengamen ditindak? Itu akan dirapatkan dengan Satpol PP hari ini,” ujarnya.
Menurut dia, dengan melarang ondel-ondel mengamen, upaya pihaknya untuk terus melestarikan budaya Betawi itu dapat terlaksana dengan baik. Sehingga, kehidupan para seniman dan keberadaan sanggar seni dapat terus terjaga.

“Memberi fasilitas kepada masyarakat bahwa upaya melestarikan kebudayaan Betawi itu merupakan kewajiban Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal ini Dinas Kebudayaan. Jadi, kami lebih mengintensifkan kegiatan yang bersifat memfasilitasi para seniman dan sanggar, bukan orang mengamen," katanya.


https://megapolitan.okezone.com/read...-orang-betawi

DAMPAK CARI MAKAN SULIT

APA AJA BISA JADI DUIT

SELAIN BIKIN MACET DAN BERISIK

UDAH SEHARUSNYA ONDEL2 KEMBALI KE HABITATNYA
profile-picture
profile-picture
bang.dot dan driller.killer memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 3
Mane nih si doel?


Hajar doel!!!


emoticon-Belgia
budaya harus dirawat
Lah yang ngamen orang betawi nya sendiri, bukan orang daerah/suku lain... Bijimane ? Ati lu doang kali yg sakit. Gw mah cuma kebrisikan doang..... pake toa coy, bukan pake salon. Pedih di kuping.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 4 lainnya memberi reputasi
emang iye yg ngamen jg orang betawi pernah liat disamping deket rumah teman gw,dibawa pake mobil.kan bagus mengenalkan budaya betawi di jalan2 biar lebih ngetop del ondel nye.
Ya ga ada gawean
miris sih, tapi mau bagaimana lagi.
Mereka butuh uang juga, dan kebanyakan ya ngamen ondel2 karena butuh uang untuk sekolah dan makan.
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
makanya.. jangan pake ondel2 buat ngamen..

ngamennya pake debus aja ke rumah2... ane jamin.. pasti bakal ngasi gede deeeh..


Dinas Kebudayaan Sebut Ondel-Ondel Dipakai Ngamen Menyakiti Hati Orang Betawi

Dinas Kebudayaan Sebut Ondel-Ondel Dipakai Ngamen Menyakiti Hati Orang Betawi
debus
profile-picture
profile-picture
falin182 dan Abc..Z memberi reputasi
Diubah oleh khayalan
Gak usah lebay, agama gua dipake buat cari makan,ngompas ,, pake segala pake kostum padang pasir gue biasa aje.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zedmorna dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Ngakak
Lebih terhormat malak modus jaga parkiran ya emoticon-Embarrassment
Coba fake baju dari daster yang dari daerah ono tuh..

Dizamin besar saweran..

emoticon-Malu
Lah, depan rumah gue... sering lewat orang2 item dekil pake kaos merah bawa barongsai... jangan harap ada atraksi.. cuma goyang asal2an... sama gebuk gebuk tong.. bikin macet dan berisik banget
Lihat 1 balasan
Pheler menyakiti hati

Lu main sini ke kemayoran, priuk ama depok. Tiap sore-malem ondel2 lewat pada biasa aja

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan driller.killer memberi reputasi
lebih terhormat pake seragam putih2 dg mendatangi setiap toko teriak harom..
Bukanya perda larangan ngamen itu ada?
Daerah gw, dari siang ampe hampir tengah malem masih aje berkeliaran pengemis ondel2 di jalan, dengan suara cemprengnya. Pengen gw tendang aja tuh yg ada di dalem ondel2 nya. Karena selain suaranya berisik dan menyakitkan telinga, pengamen ondel2 itu juga mengganggu lalu lintas, bikin macet, dan suka sembarangan di jalan raya.

Yang mirisnya, semua yang ngejalanin ngamen ondel2 itu anak2 dibawah umur. Dan sepertinya diorganisir, karena dari sekian banyak ondel2 yang berkeliaran (dengan anak2 kecil sebagai pemerannya), pastinya ada yang modalin itu.

Langsung tertibin aja lah, tangkepin kalo perlu. Bawa ke dinsos. Pemodalnya diselidikin, tangkap dan jerat pake pasal pidana. Mempekerjakan anak dibawah umur.

Mana KPAI köntöl!!!

emoticon-Traveller




Btw, simak apa yang jadi argumen tolol si jj rizal, budayawan betawi tapi melegalkan perbudakan anak:


https://wartakota.tribunnews.com/amp...1950-an?page=4
profile-picture
roninthirst memberi reputasi
Diubah oleh driller.killer
Lihat 1 balasan
bukannya yg ngamen pake ondel2 kebanyakan betawi
profile-picture
daimond25 memberi reputasi
Orang betawi klo udah urusan agame, pasti bahasnya gak kalah dah.... tp budaya ondel2 gk dibilang musrik, kapir, gak sesuai syariat tuh...


dasar suku piktip.
profile-picture
GreatCapture memberi reputasi
Ondel2 adalah perlambang dari jin yg menguasai jakarta. Rambut nya dari api spt ciri di kepala ondel2.
Gua heran ama suku ini, tanahnya dah pada dibeli pendatang tp masih merasa yg punya tanah
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di