CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Nadiem: Dana BOS untuk Guru Honorer Bukan Solusi tapi Ini adalah Langkah Pertama
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e453e2868cc956a251aedc3/nadiem-dana-bos-untuk-guru-honorer-bukan-solusi-tapi-ini-adalah-langkah-pertama

Nadiem: Dana BOS untuk Guru Honorer Bukan Solusi tapi Ini adalah Langkah Pertama

Nadiem: Dana BOS untuk Guru Honorer Bukan Solusi tapi Ini adalah Langkah Pertama

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menyatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum memiliki solusi yang lebih baik untuk masalah kesejahteraan guru honorer di Indonesia.

Saat ini, Kemendikbud baru mencoba langkah pertama untuk peningkatan kesejahteraan guru honorer lewat kebijakan terbaru penyaluran dan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). "Kami (Kemendikbud) ingin selalu bekerja dan gak punya opsi. Kamu harus bekerja beserta dengan dinas (pendidikan daerah). Karena dinas itu yang memiliki sekolah-sekolah tersebut serta mendanai.

Jadi kami gak punya opsi (peningkatan kesejahteraan guru honorer)," kata Nadiem dalam Bincang Sore bersama Kemendikbud di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (12/2/2020). Menurutnya, saat ini Kemendikbud ingin mempermudah tugas kepala sekolah dalam pengelolaan dana BOS.

Nadiem menyebutkan aturan tentang pengelolaan dana BOS memang berasal dari pemerintah pusat. "Jadi kami hanya membantu tugasnya dinas yang tadinya harus beberapa kali transfer dan kedua memberikan lebih banyak fleksibilitas yang nanti pelaporannya lebih simple untuk honorer atau tenaga pendidik," ujarnya.

Baca juga: Nadiem Makarim: Penggunaan Dana BOS Sekarang Lebih Fleksibel

Ia menyebutkan Kemendikbud tak bermaksud untuk mengambil alih tugas Dinas Pendidikan di daerah lewat kebijakan dana BOS terbaru. Nadiem menekankan kesejahteraan guru honorer memang menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan di daerah. "Kenyataannya selama ini bertahun-tahun tetap tidak ada dukungan (kesejahteraan guru honorer).

Ini bukan solusi untuk guru honorer tapi ini langkah pertama. dari Kemendikbud juga ada rasa tanggung jawab terhadap berbagai guru yang layak dibayar lebih," ujarnya. Nadiem menyebutkan kebijakan dana BOS terbaru adalah langkah pertama untuk peningkatan kesejahteraan guru honorer.

Ia mengakui dana BOS saat ini tak besar untuk peningkatan kesejahteraan guru honorer. "Sementara kami mencari solusi lebih baik, ini lho (kebijakan dana BOS terbaru) yang bisa kami berikan langsung dari pusat. Paling tidak kepala skeolah mau memilih," tambahnya. Permasalahan kesejahteraan guru honorer di Indonesia sudah bertahun-tahun. Hal-hal miris yang sering terjadi seperti keterlambatan gaji, upah yang tak layak, dan lainnya.

Sumber


Syukurlah guru Honorer patut bersyukur setelah sekian lama tidak mendapatkan perhatian, kini sudah ada langkah awal untuk mensejahterakan guru honorer walau belum menjadi solusi yg tepat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh funrise.1
Halaman 1 dari 6


Quote:


betul gann, kalo berubah2 terus jg jd ga maksimal ya gan dan ga akan pernah nyampe ke tujuannya
profile-picture
fira262 memberi reputasi
Quote:


Iya ini yang ane maksud gan. Jadi jangan setiap 5 tahun sekali berubah arah tujuannya. Kalo berubah terus nggak kan sampai ke 'tujuan'nya emoticon-Frown
Balasan post fira262
kalo udah bagus kebijakannya, semoga tinggal diikutin aja sama penerusnya gan
Balasan post MUF0REVER
bener banget gan, kasian juga kadang ngeliat guru honorer yang kerjanya udah mati2an tapi digajinya cuma pas pasan ajaa
semoga alokasi dana BOS bisa tersalurkan dgn baik alias gaada fraud disana sini juga
Daripada dana bos ditilep sama dinas pendidikan atau kepsek mending dipake buat gaji honorer karena mereka sangat layak
Lihat 1 balasan
Quote:


Quote:


Ini yang harus dipelototin banget yah gan hahahaha kalo yang paling atas udah bener tapi ke bawahnya masih suka aneh-aneh yaaa yang menjadi korban adalah yang paling bawah gan seperti guru honorer ini.
Yang ane sayangkan kalau di pemerintahan kita, beda pejabat menterinya nanti akan beda pula kebijakannya. Memang sih pembaharuan itu akan selalu ada, tapi kalau kebijakan yang baik dan sudah ada tapi nggak diteruskan tuh sayang. Ane harap Pak Nadiem bisa menciptakan kebijakan-kebijakan baru dengan jangka pendek dan panjang yang akan diteruskan oleh penerusnya ya. Ane menaruh harapan besar sama Pak Nadiem.
Lihat 1 balasan
Quote:


Ya klo yg punya motor.. Bisa honorer sekalian ngojol juga
Balasan post MiniDemOn
suruh resign temen ente jd kang ojek aja
Balasan post uusDK
jd ojol aja jgn jd honorer emoticon-Wowcantik
Permasalahan kesejahteraan guru honorer pangkalnya hanya satu yaitu saling lempar tanggung jawab antara pusat dan daerah. Di pernyataan Mendikbud saat ini juga nampak yaitu tanggungjawab dinas pendidikan daerah. Satu hal yang terlupa mungkin khilaf oleh bapak menteri millenial kita ini, secara vertikal dinas pendidikan daerah baik kota/kabupaten/provinsi memiliki instansi pusat yaitu kemendikbud. CMIIW
org d dinas ny jg d pantau, padhl dh pns tp suka nyunat gaji tmen yg masih honorer
Masalahnya potongan sana sini masih ada nggak?
Tau lah dinas mainnya kek gimana.
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
Maju terus mas menteri dengan gebrakannyaaa
nah bener pak, guru honorer butuh kesejahteraan. soalnya ngajarnya sama kek ASN, tapi bayarannya dikit bangeeet
Quote:


emoticon-Ngakak
Quote:


Yahh . . . Kita lihat aja gan. emoticon-Ngakak
Disamping itu dana BOS kan juga naik 100k itu, saya sih lebih optimis ini.
langkah awal yang baik
trimakasih pak Nadiem emoticon-I Love Indonesia
Balasan post l0ckh34rt
Quote:


Wah sama juga bohong dong. Kenapa tidak bisa langsung transfer ya. Honorer di instansi vertikal kementerian lain gajinya ditransfer dan namanya bisa digunakan dalam surat tugas perjalanan dinas.
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di