CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
Wajib Nonton, 3 Film Korea yang Menampar Sisi Kemanusiaan Kita
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e452eeb018e0d42cb3fc294/wajib-nonton-3-film-korea-yang-menampar-sisi-kemanusiaan-kita

Wajib Nonton, 3 Film Korea yang Menampar Sisi Kemanusiaan Kita

Wajib Nonton, 3 Film Korea yang Menampar Sisi Kemanusiaan Kita

Selamat malam kaskuser dan pembaca setia akun Katakhoi. Semoga selalu bahagia dan tidak pernah bosan berbagi kebaikan.


Berbicara tentang Korea atau yang sering disebut dengan, "Negeri Ginseng" ini tidak hanya menyimpan ribuan pesona terhadap kuliner, budaya, dan tempat wisata. Akan tetapi dari segi produksi film-film nya juga sungguh benar-benar memesona.


Dan hebatnya, film-film tersebut bukan hanya mampu menghibur semata, tetapi juga memberikan nilai-nilai kehidupan bagi siapa pun mereka yang menontonnya. Bahkan, nilai-nilai kehidupan yang belum pernah kita ketahui, dalam film-film tersebut secara tersurat maupun tersirat disampaikan kepada penonton.

Sebenarnya banyak film-film Korea yang menarik, tetapi menurut saya cuma 3 film ini lah yang membuat saya merasa terkagum-kagum. Untuk tahu lebih jelasnya, yuk, simak 3 film Korea yang menampar sisi kemanusiaan kita.


1. Parasite

Wajib Nonton, 3 Film Korea yang Menampar Sisi Kemanusiaan Kita

Sebuah film terbaik korea yang pernah saya tonton setelah film, “Train To Busan”. FIlm ini disutradai oleh Bong Joon-ho yang dirilis pada tanggal 21 Juni 2019. Dan baru-baru ini dikabarkan resmi meraih piala Oscar 2020. Memang seperti tidak ada cacat sedikit pun dalam film ini, benar-benar sempurna dan membuat saya sebagai penonton rasanya durasi film lebih dari dua jam ini masih kurang.


Selain membuat penonton terkagum-kagum, film ini juga sangat kaya akan nilai-nilai kehidupan yang mampu menampar sisi kemanusiaan kita. Film ini benar-benar mengajarkan bahwa harta, jabatan itu bukanlah segalanya. Namun, kebersamaan bersama orang-orang yang dicinta itulah sebaik-baiknya kebahagiaan.


Terlepas dari itu, film ini juga memberi tahu bahwa tidak semua orang kaya itu pintar. Terbukti dari keluarga Tn. Park yang mudah terperdaya oleh keluarga Tn. Kim. Dan mungkin memang sudah menjadi tradisi dan budaya bahwa mereka yang menjadi orang kaya akan merasa lebih tinggi dan menganggap rendah orang miskin. Dari situ lah kita bisa mengambil pelajaran hidup bahwasanya mereka yang kaya itu juga berasal dari orang yang tidak punya. Dan jika ingin menjadi kaya, maka bekerjalah dan berusaha, bukan mencari jalan instan seperti menipu orang lain.

Sebenarnya tidak cukup sampai di situ, masih banyak pelajaran hidup lainnya yang bisa kita ambil dalam film ini. Jika ingin tahu lebih jelasnya, silakan tonton sendiri. Saya yakin, bagi penonton yang lainnya juga benar-benar merasa puas setelah menonton film ini.


2. Train To Busan

Wajib Nonton, 3 Film Korea yang Menampar Sisi Kemanusiaan Kita

Sebuah film korea terbaik yang pernah saya tonton sepanjang sejarah kehidupan. Film ini disutradai oleh Yeon Sang-ho yang dirilis perdana pada 13 mei 2016. Tidak kalah menarik dari film Parasite, film Train To Busan ini juga memberikan banyak pelajaran hidup yang tentunya mampu menampar sisi kemanusiaan kita.


Di satu sisi, film ini mengajarkan kita untuk tolong-menolong satu sama lain meski dalam keadaan darurat sekalipun. Namun, di sisi lain, film ini mengajarkan kita bahwa dalam menolong atau membantu orang lain tidak selalu mambawa dampak baik bagi kita. Kita harus tahu dan mengenali siapa yang kita tolong. Jika tidak seperti itu, orang tersebut akan membawa bencana bagi kita. Ingat, perbuatan kita sekarang menentukan apa yang akan terjadi di masa depan.


Selain itu juga sebenarnya masih banyak pelajaran hidup yang tersurat maupun tersirat dalam film Train To Busan ini. Dan saya jamin setelah kalian menonton film ini, akan merasakan banyak sekali pelajaran hidup yang selama ini belum kita ketahui.

3. My Sassy Girl

Wajib Nonton, 3 Film Korea yang Menampar Sisi Kemanusiaan Kita

Sebuah film lawas yang dirilis pada tahun 2001 ini berasal dari Korea Selatan. FIlm ini dibintangi oleh Jun Ji-hyun dan Cha Tae-hyun—tak lupa dengan sutradara yang sangat handal yaitu Kwak Jae-yong. Dengan genre film komedi romantis, film ini bukan hanya sukses menghibur penonton, akan tetapi film ini juga berhasil memberikan nilai-nilai kehidupan dan menampar sisi kemanusiaan kita.


Terbukti dari awal pembukaan film ini. Di menit-menit awal, film ini secara tidak langsung memberikan pelajaran hidup kepada kita semua tentang betapa pentingnya saling tolong-menolong meskipun kita tidak mengenalnya. Lanjut ke durasi pertengahan, lebih banyak nilai-nilai sosial yang akan menampar sisi kemanusiaan kita. Meskipun lebih menitikberatkan pada kisah romantis dua sejoli, tetapi di durasi pertengahan film ini benar-benar mengajarkan apa arti cinta yang sebenarnya. Benar-benar menampar kita bahwasannya cinta adalah tentang kebebasan dan saling membahagiakan meski harus dengan jalan merelakan.


Lanjut di durasi menuju akhir, film ini mengajarkan kita semua bahwa tidak segala yang kita lihat adalah kejadian yang sebenarnya—dalam artian harus dipastikan kebenarannya, tidak asal menyimpulkan. Dan yang paling mengesankan adalah film ini mengajarkan kita bahwa segala pilihan untuk menjalani kehidupan ada di tangan kita. Segala sifat teguh pendirian, berani menyuarakan pilihan, dan siap menanggung resiko atas segala pilihan benar-benar terasa kuat dalam film ini.

Nah, itulah 3 film Korea terbaik versi saya sendiri. Tidak hanya berhasil menghibur tetapi ketiga film tersebut memberikan banyak nilai-nilai kehidupan. Semoga kita adalah orang-orang yang bisa mengambil hikmah dan pelajaran hidup dari segala yang kita lakukan, kita dengar, dan kita lewatkan.


Penjelasan narasi: murni imajinasi sendiri setelah menonton ketiga film tersebut.
Sumber penambah referensi dan gambar:
Parasite
Train To Busan
My Sassy Girl
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Selamat membaca. Semoga Bermanfaat. ❤
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan embunsuci memberi reputasi
film film korea emang sebenernya bagus bagus banget! kl ane juga suka bgt miracle in cell no 7, sedih paraaah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wah, masa? Film itu udah masuk list buat saya tonton selanjutnya dari kemarin mula, tapi belum ada waktu buat nontonnya. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Cuma my Sassy girl yang pernah ane tonton, itu pun udah lupa juga😅

next mau nonton yang nomor 1 dan 2 😍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nomor 1 asli dah bikin tercengang banget. Alur cerita yang gak bisa dan gak pernah terduga. Dijamin puas deh kalau nonton. Hehe

Apalagi nomor 2. Beuhhh, the best deh, gak bisa berkata banyak lagi. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan embunsuci memberi reputasi
My Sassy Girl sampe sekarang ane belum nonton, tapi emang banyak sih film Korea yang menyentuh dari sisi kemanusiaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
aduh jadi pengen nonton.
ane belum lihat satu pun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Genrenya komedi romantis, kak. Komedinya benar-benar dapet sih menurut saya. Tapi romantisnya kurang mendalam.
Ada yang gak kalah seru juga, Mirancle in 7. Saya juga hari ini mau nonton film itu. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Coba ditonton, kak. Rekomendasi pertama menurut saya Train To Busan dulu. Emang ceritanya tentang zombie gitu, tapi beuhhh nilai-nilai sosial nya kental sekali di film itu. emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sudah ada di YouTube belum?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Udah ada kok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sip lah
Bisa nonton kalau gitu emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Semoga seru dan memuaskan, kak. emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan embunsuci memberi reputasi
Green chair juga seru kok om.
emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mat.piere
Quote:


Wah, masa? Genrenya apa tuh, kak?
Btw, saya cewek. emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Romance sis. Tentang hubungan cinta antar guru dan murid. Mirip2 kisah yoko dan bibi lung lah kira2.
emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Waduhhh, seru tuh kayaknya. Rilisan baru-baru ini atau sudah lawan, kak? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan embunsuci memberi reputasi
Boleh saran juga ngga sis, Miracle In Sel😅😅😅filmnya menyentuh banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Udah banyak yang rekomendasiin film itu. Duhhh, kayaknya emang bener harus nonton film itu sih. 😍😍
Hihi. Makasih kak sudah membuat saya lebih yakin buat nonton film itu. emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan raaaaud20 memberi reputasi
Quote:


🤭🤭🤭Nonton sis buruann
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Katakhoi memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di