CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Negara-negara Ini Melarang Produk GMO
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e452876b84088027622d753/negara-negara-ini-melarang-produk-gmo

Negara-negara Ini Melarang Produk GMO


Life extension Indonesia -Genetically Modified Organisms (GMO) merupakan kegiatan mengubah genetik atau DNA pada makhluk hidup dengan bantuan manusia (ilmuwan) dan teknologi. Praktik GMO sudah dilakukan sejak lama dan terus dilakukan hingga saat ini.

Seiring berjalannya waktu, praktik GMO selalu menjadi perdebatan. Beberapa pihak mengatakan produk GMO bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Karena alasan itu, negara-negara ini melarang produk GMO:

Negara-negara Uni Eropa

Uni Eropa terdiri dari 28 negara. Enam belas negara Uni Eropa memilih untuk melarang produk GMO, negara tersebut adalah Prancis, Jerman, Austria, Yunani, Hongaria, Belanda, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Bulgaria, Polandia, Denmark, Malta, Slovenia, Italia, dan Kroasia telah melakukan larangan total terhadap produk GMO.

Wilayah Irlandia Utara sudah melakukan larangan terhadap produk GMO. Wilayah Wallonia (wilayah Belgia yang berbahasa Prancis) juga sudah melakukan larangan terhadap produk GMO. Skotlandia dan Wales (negara di United Kingdom) juga sudah melakukan larangan terhadap produk GMO.

Negara sisanya belum melakukan larangan total. Bahkan di beberapa negara, seperti Spanyol dan Portugal, kegiatan GMO secara masal masih dilakukan.

Negara-negara Asia

Jepang merupakan salah satu negara di Asia Timur yang melakukan larangan total terhadap tanaman GMO. Jadi, di Jepang tidak ada tanaman GMO sama sekali. Negara di wilayah Asia Tenggara yang melakukan pelarangan terhadap tanaman GMO adalah Filipina.

Tak hanya Jepang dan Filipina, Bhutan juga melarang total praktik GMO. Negara yang ada di Asia Selatan ini memberlakukan larangan penuh terhadap GMO, mulai dari penanaman tanaman GMO hingga import produk GMO pun dilarang.

Negara-negara Amerika

Peru dan Venezuela merupakan dua negara di wilayah Amerika Selatan yang melarang produk GMO. Tak hanya melarang produk GMO, kedua negara tersebut juga melarang proses import produk-produk GMO. Selain dua negara tersebut, Ekuador dan Belize (negara di wilayah Amerika tengah) juga melarang tanaman GMO.

Negara-negara Afrika

Negara-negara di wilayah Afrika, seperti Algeria, Kenya, Madagaskar, dan Zimbabwe juga mulai melarang produk GMO. Keempat negara tersebut melarang penanaman tanaman GMO dan melarang import produk GMO. Itulah beberapa negara di dunia yang melarang GMO.

Berapa banyak negara yang menolak?

Jumlah negara di seluruh dunia ada 194. Dari semua negara di dunia, ada 27 negara yang menolak GMO. Jika dipresentasikan, jumlahnya baru 13,9% dari keseluruhan negara di dunia.



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di