CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Kenapa Harga Perhiasan Berlian Turun Saat Dijual? Ini Dia Alasannya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e451511a2d1955d37496624/kenapa-harga-perhiasan-berlian-turun-saat-dijual-ini-dia-alasannya

Kenapa Harga Perhiasan Berlian Turun Saat Dijual? Ini Dia Alasannya!

Perhiasan berlian adalah barang berharga, dan kita beranggapan kalau nilainya akan terus naik ke depannya. Tapi ini adalah pemikiran yang salah, jadi kamu nggak usah kaget saat toko perhiasan atau pihak pembeli mana pun menawarkan harga lebih rendah dari harga beli.

Tapi kenapa hal ini bisa terjadi, dan bagaimana memprediksi nilai jual perhiasan berlianmu? Simak penjelasannya di sini supaya kamu bisa dapat harga jual terbaik!

Mengapa Harga Jual Perhiasan Berlian Lebih Rendah?
Kenapa Harga Perhiasan Berlian Turun Saat Dijual? Ini Dia Alasannya!
Saat kamu membeli mobil baru dari dealer dan kemudian mengendarainya, nilai mobil tersebut akan menurun seiring waktu. Waktu mobil itu dijual, harganya akan lebih rendah daripada apa yang kamu bayarkan di dealer.

Ini karena saat kamu membeli mobil baru, harga mobil masih termasuk biaya bisnis seperti upah karyawan, sewa gedung, pemasaran, listrik, dll. Penjual perlu menutupi biaya bisnis, dan juga menghasilkan keuntungan.

Sama halnya dengan perhiasan, ketika kamu membelinya, kamu dikenakan biaya produksi, tapi nggak waktu kamu mau menjualnya. Inilah kenapa harga jual perhiasan lebih rendah dari harga beli. Tapi, perhiasan masih dianggap sebagai aset karena kamu dapat menjualnya. Harga perhiasan nggak terdepresiasi sebanyak aset lainnya. 

Kalau kamu menemukan perhiasan terpercaya yang bisa menawarkan harga yang jujur, kamu bisa dengan mudah mengharapkan sekitar 70% dari harga pembelian awal.

Tips Menjual Perhiasan Berlian
Kenapa Harga Perhiasan Berlian Turun Saat Dijual? Ini Dia Alasannya!
Meskipun nilai jual perhiasan berlianmu turun, kamu bisa mendapatkan harga jual terbaik dengan cara berikut ini.

Kenali Perhiasan 
Saat akan menjualnya, kamu harus benar-benar mengenali berlian yang kamu miliki. Perhiasan berlian yang akan dijual umumnya dihargai sesuai dengan potongan berlian tersebut, warna, kejernihan, dan karat batu tersebut. 

Jadi, sertifikat berlian sangat penting disertakan saat akan menjual perhiasan berlian. Nggak cuma itu, kunjungi dua atau tiga toko perhiasan untuk mencari penawaran terbaik untuk perhiasan berlianmu.

Tawarkan Harga yang Realistis
Seperti yang telah dijelaskan di atas tentang depresiasi harga, kamu harus memberikan harga yang realistis. Jadi, jangan berharap kamu akan mendapat harga yang sama pada saat kamu membelinya. 

Saat menjual, jangan mengharapkan harga yang terlalu tinggi, tapi jangan sampai kamu rugi karena menawarkan harga terlalu rendah.

Cari Tempat Menjual Perhiasan yang Tepat
Jangan mengambil tawaran pertama yang kamu dapatkan. Terus carilah opsi penjualan sebanyak mungkin dan berpikirlah secara strategis. Periksa penjual mana yang menawarkan harga paling tinggi dan evaluasi lagi syarat-syaratnya. 

Berikut ini adalah beberapa tempat menjual perhiasan yang bisa kamu pertimbangkan:

- Toko perhiasan. Untuk pilihan yang cepat dan mudah, kamu bisa menjualnya ke toko perhiasan. Tapi terkadang mereka nggak bisa menawarkan harga terbaik, karena mereka akan menjualnya kembali dan pastinya mereka mencari keuntungan lebih.
- Pegadaian. Pegadaian bisa menjadi cara cepat untuk mendapatkan uang tunai, tapi pemilik pegadaian biasanya nggak terlalu berpengetahuan tentang berlian dan mungkin nggak bisa menentukan harga perhiasan secara akurat.
- Penjual online. Kamu bisa menjual perhiasanmu dengan praktis lewat penjual online. Biasanya kamu akan diminta untuk mengirimkan perhiasan dan mereka punya seorang ahli untuk memeriksa dan menentukan harganya. Cari penjual online yang terpercaya dengan melihat ulasan website tersebut.

Sekarang, kamu jadi tahu apa yang bisa kamu harapkan saat menjual perhiasan berlian, kan?

Sumber Artikel



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di