CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e45084328c991454262f0d2/perbedaan-ukm-dan-umkm

Perbedaan ukm dan umkm

Usaha mikro merupakan usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan dan badan usaha perorangan yang sudah memenuhi usaha mikro sebagaimana sudah diatur dalam undang-undang. Kriteria asset maksimal Rp. 50 juta serta kriteria omset maksimal Rp. 300 juta.
Usaha kecil merupakan usaha ekonomi produktif yang sudah berdiri sendiri serta dialakukan oleh perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan  yang dimilikinya. Dikuasai dan menjadi bagian baik langsung ataupun tidak langsung dari usaha besar ataupun usaha menengah yang sudah memenuhi kriteria usaha kecil yang dimaksud pada undang-undnag tersebut, kriteria asset Rp. 50 juta sampai 500 juta serta kriteria omset Rp. 300 juta samoai 2.5 millyar.
Usaha kecil menengah dijember merupaka usaha ekonomi produktif yang sudah berdiri sendiri yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang bukan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dikuasai, dimiliki dan menjadi bagian baik langsung maupun secara tidak langsung dengan usaha kecil maupun usaha besar dengan jumlah kekayaan yang bersih atau hasil penjualan pertahunnya sebagiamana yang sudah diatur pada undang- undang, kriteria asset Rp. 500 juta sampai Rp. 10 millyar serta kriteria omset 2.5 millyar sampai 50 millyar.
·        Perkembangan ukm di Indonesia di dibedakan menjadi 4 bagian yaitu:
1.      Fast moving enterprise: merupakan usaha kecil menengah yang sudah memiliki jiwa kewirausahaan serta akan melakukan transformasi menjadi usaha besar.
2.      Livelihood activities : adalah usaha kecil menengah yang digunakan untuk kesempatan kerja bagi pencari nafkahm yang umumnya di kenal sebagi sector informal contohnya seperti pedagang kaki lima.
3.      Small dynamic enterprise : adalah usaha kecil menengah yang sudah dimiliki jiwa kewirausahaan serta mampu menerima pekerjaan subkontrak serta ekspor.
4.      Micro enterprise : adalah usaha kecil menengah yang memiliki sifat pengrajin akan tetapi belum memiliki sifat kewirausahaan.
·        Perbedaan ukm dan startup
Perkembangan situs jual beli ukm jember yang berada di Indonesia beberapa tahun ini disandingkan dengan startup. Akibat kebijakan pemerintah yang terus saja menggenjot perkembangan keduanya. Target minimal 2% UKM di Indonesia serta 1000 startup di tahun 2020. Akan tetapi tidak semua orang tahu jika keduanya berbeda meskipun sama-sama usaha rintisan yang berasal dari ide brilian seseorang yang mampu melihat jeli peluang usaha tersebut. Persamaan lainnya juga terletak pada modal yang kecil bahkan ada yang tidak memiliki modal. Meskipun tidak sedikit para pebisnis pemula ini mencari modal pinjaman. Selain itu, biasanya jika diawal manajemen bisnisnya masih sangat sederhanan hanya dibantu dengan orang terdekat seperti keluarga atau kerabat. Pada saat menggunakan koneksi internet situs jual beli ukm jember akan menggunakan koneksi internet hanya sekedarnya dalam melakukan proses pemasaran, sedangkan startup tanpa internet bisnis ini tidak akan bias berjalan, hal tersebut karena dari awal bisnis ini memang menggunakan internet. Jika dilihat dari skala produksi ukm memiliki produksi yang terbatas karena harus menggunakan bahan baku serta menggunakan sumber daya manusia untuk tenaga kerjanya. Beda dengan startup yang tidak tergantung pada bahan baku serta tidak perlu menggunakan sumber daya manusia.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ukm kalian bisa menghubungi kami ke nomor +62 857-0728-7907 mareta.




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di