CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4507e19a972e53cf4536bd/yuk-kenali-beberapa-jenis-banchan-makanan-rumahan-ala-korea-selatan

Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!


Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!

Korea Selatan merupakan negara strategis yang banyak diminati turis asing di seluruh belahan dunia. Selain negaranya yang terkenal karena musik (k-pop) dan serial dramanya, nyatanya Korea Selatan juga menjadi tujuan utama travelers. Untuk mencari spot alam, keragaman budaya hingga makanannya. Dari beberapa drama korea, kita bisa melihat betapa nikmatnya makanan korea yang mereka makan. Bahkan sangking penasarannya, beberapa orang mencoba membeli makanan tersebut lewat jasa titip ataupun online. Walaupun tak semua rasa asli Korea, namun kita bisa langsung mencobanya ketika ada waktu berkunjung ke Korea Selatan nantinya. Untuk itu, sekarang kita kenali dulu! Supaya tak salah pilih makan saat melancong ke Negeri Gingseng tersebut.
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!
(food vlogger korea G-ni Jjang)

Mengenal lebih dekat tentang kuliner khas dari oppa oppa Korea ini ternyata mudah sekali. Selain sudah bertebaran resep di media sosial, banyak food vlogger yang memperkenalkan banyaknya makanan Korea. Salah satunya dengan Mukbang atau makan dalam porsi banyak ala Negeri Gingseng tersebut. Mungkin jika beberapa orang diberikan pertanyaan tentang makanan apa yang paling khas dari Korea, pasti jawabannya adalah Kimchi. Nyatanya tak hanya kimchi, namun banyak sekali jenis makanannya. Dari berbagai jenis Kimchi, street food hingga Banchan.
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!
Banchan sendiri memiliki arti lauk untuk nasi, yang lebih merujuk pada makanan rumahan Korea. Sama seperti halnya Indonesia, Korea juga memiliki berbagai macam jenis lauk. Namun memang dalam satu kali makan, lauk yang disajikan lebih banyak ragamnya. Kita bisa melihat di berbagai drama korea, dalam satu meja ada banyak sekali ragamnya. Untuk itu kita kenali dulu beberapa lauk tersebut. Ini dia!


1. Doenjang Jiigae
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!
Doenjang Jiigae merupakan rebusan pasta kedelai yang dimana memiliki isian Zucchini, bawang bombai, tahu, jamur enoki, dan irisan cabe hijau. Makanan ini sangat umum di Korea sana, hanya saja untuk orang yang belum pernah memakannya mungkin sedikit terganggu dengan baunya. Karena Doenjang adalah gumpalan kedelai fermentasi.

2. Gamja Jorim
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!
Merupakan kentang rebus kecap asin. Teksturenya lembut dan memiliki rasa sedikit asin karena direbus bersama kecap asin.

3. Doraji Muchim
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!
Doraji merupakan akar bunga abalon.

4. Gieran Mari
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!
Merupakan telur gulung Korea, dimana ia berbentuk gulungan dan diiris lebih kecil. Kadang kala bentuknya bundar kadang kotak. Tergantung cara menggulungnya. Rasanya lembut dan sedikit tawar, biasa di taburi wijen dan saos. Biasanya dalam pengolahannya ada campuran sayuran wortel yang dipotong dadu kecil.

5. Kimchi
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!
(ini adalah gambar Baechu kimchi/kimchi sawi putih)
Kimchi inilah yang sangat terkenal diberbagai negara. Walaupun sebetulnya ada banyak sekali jenis kimchi, seperti Chong Gak Kimchi (kimchi lobak) Baek Kimchi Yeolmu Khimchi Pa Kimchi Dong Chimi. Kimchi sendiri memiliki rasa yang segar dengan aroma khasnya.
Ini contoh dari Dong Chimi,
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!


6. Jeot Gal
Jeot Gal berarti makanan laut asin, rasanya sangat asin namun masih terasa enak ketika bercampur nasi. Karena nasi cenderung manis. Jadi dua perpaduan itu menjadikan rasa makanan menjadi sempurna.

7. Moo Mal Reng-ee dan Moo Saeng Chae
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!
(disebelah Gieran Mari/dadar gulung korea adalah Moo Mal Reng-ee)
Moo Mal Reng-ee Merupakan lobak kering yang dicampur dengan saus pedas. Bentuknya seperti mie. Dalam bahasa korea, Moo berarti Lobak.
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!
(ini adalah Moo Saeng Chae)
Sama sama olahan lobak. Namun berbeda dalam pengolahan. Saeng chae berarti sayuran mentah. Karena lobak tak harus difermentasi terlebih dahulu, Mungkin karena itu dinamakan Moo Saeng Chae.

8. Kimchi Jjigae
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!
Saat makan nasi, orang korea cenderung menyukai kimchi jjigae. Olahan kimchi yang dimasak tersebut memiliki rasa sedikit pedas dan asam. Dan biasanya tuna kaleng atau daging babi akan ditambahkan dalam olahan kimchi jjigae.

9. Bulgogi
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!
bul bearti api, dan gogi berarti daging. Makanan itu sendiri termasuk dalam olahan daging yang ditumis. Mengolah bulgogi sendiri ternyata tak melulu menggunakan wajan. Beberapa orang memasaknya diatas panggangan. Memiliki rasa asin dan tidak pedas, rasa asin ada karena diolah bersama kecap asin dan olahan lainnya.

10. Yeon Gun
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!
Memiliki arti akar lotus. Yeon Gun memiliki rasa sedikit manis karena direbus dengan sesuatu seperti cairan gula dan teksturnya renyah.


Dalam channel youtube G-ni Jjang, menuturkan bahwa makanan pendamping nasi atau Banchan tak sebanyak itu dalam sekali makan. Hanya disajikan bersama 4-5 macam lauk saja. Itu terdiri dari nasi, sup dan lauk lauk lainnya.
Yuk Kenali Beberapa Jenis Banchan, Makanan Rumahan Ala Korea Selatan!
Wah siapa nih yang ngiler dengan masakan rumahan korea? Tapi untuk yang beragama muslim dimohon berhati hati. Karena tak banyak makanan korea yang halal. Karena banyak menggunakan daging babi maupun minyak babi. Untuk itu kita perlu mengetahui makanan apa saja yang bisa kita makan.

Rekomendasi untuk kalian dalam memilih makanan juga bisa dilihat di channel youtube food vlogger korea G-ni Jjang.
https://www.youtube.com/channel/UC2w...WA9ps2FORco1EQ

Karena saya memang mendapatkan banyak informasi dari beberapa videonya yang membahas tentang Banchan.
Terima kasih. Mohon dukungannya!
profile-picture
kudanil.la memberi reputasi
racun benerr dr kemaren ane liat masakan korea jadi kepengen huhu, kalo ke tempat korea juga pasti ane makanin yg masakan rumahnyaa.
profile-picture
sintamustika memberi reputasi
Quote:


Apalagi pas lihat mereka makan sambil kayak keenakan yaampun ngiler sumpah
Lihat 1 balasan
kenapa view nya sedikit 😂
butuh view sebanyak banyaknya kakak
Balasan post sintamustika
pas tau gan kalo ditonton puasa2, tdnya laper auto kenyang duluan dah ngeliat mereka makan wkwkw
profile-picture
sintamustika memberi reputasi
Quote:


Auto tambah bikin laper gan
Pas buka puasa malah enek. Ngga pengen makan apa apa. Gegera pengen makan yang itu itu eh adanya cuma tempe sama sayur beningemoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Balasan post sintamustika
lahhh sama sih sis kayak ane, pas buka puasa malah cuma jadi minum teh sama makan gorengan doang trs kenyang, pdhl sblmnya dah gragas ae pen makan ina itu wkwkw
profile-picture
sintamustika memberi reputasi
Quote:


Iya emang begitu. Semuanya dibeli kan udah ditata diatas meja. Eh pas buka yang dimakan ya cuma itu ajaa. Paling sama emak diketawain. Noh abisin semuanya rakus amatemoticon-Ngakak


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di