CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Mengenal Metode Pengujian Sondir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e45021810d2952ec3697724/mengenal-metode-pengujian-sondir

Mengenal Metode Pengujian Sondir

Pondasi pada bangunan adalah salah satu bagian bangunan yang sangat penting. Karena, dengan pondasi ini akan menyalurkan beban yang diterima ke dalam tanah. Lapisan tanah yang digunakan haruslah memiliki kepadatan yang bagus dan keras sehingga mampu menahan beban dari struktur pondasi sehingga kondisi bangunan nantinya tetap dalam keadaan stabil

Pondasi pada bangunan memiliki 2 jenis yaitu pondasi dalam dan pondasi dangkal. Pondasi dalam pada umumnya digunakna untuk membuat bangunan yang tinggi seperti gedung bangunan. Pondasi dalam menggunakan metode bore pile sehingga terpasang dengan kuat.

Sedangkan untuk pondasi dangkal digunakan untuk membuat bangunan sederhana seperti ruko ataupun rumah. Alat yang dipakai pada pondasi dangkal ini masih menggunakan alat yang bersifat manual dan dioperasikan oleh tenaga manusia.

Pada saat pembuatan pondasi pada bangunan, engineer sipil melakukan semacam soil investigation untuk memastikan kondisi tanah yang sesuai atau pas sebagai penahan pondasi atau bisa disebut dengan uji sondir atau nama lainnya Conus Penetration Test (CPT). Fungsi utama dari pengujian sondir ini adalah untuk mengetahui kondisi posisi tanah yang keras dan juga untuk menganalisa kekuatan tanah sondir untuk menahan beban yang akan diterima.

Mengenal Metode Pengujian Sondir


Setelah dilakukan penyelidikan atau soil investigation nantinya kita akan mendapatkan data berupa gaya perlawanan tanah terhadap lapisan sondir atau conus. Selain itu, pengujian sondir juga dapat dipakai untuk menganalisa tingkat kedalaman pondasi yang harus diletakan, menghitung dengan detail daya dukung tanah asli, serta memilih tipe pondasi yang sesuai untuk dipakai.

Uji sondir atau CPT hingga saat ini masih menggunakan teknik manual untuk menentukan titik pengujian. Biasanya, alat sondir memiliki dua macam manometer yang skalanya berbeda. Manometer ini digunakan untuk mengukur gaya tekan dengan satuan yang telah ditentukan, manometer tentunya harus dikalibrasi sebelum digunakan agar nilai pengukurannya tetap atau tidak berubah.

Pengujian ini dilakukan secara berkala karena pada titik pertama tentunya kontur tanah berbeda dengan titik yang kedua begitupun pada titik ketiga. Bukan hanya itu saja, lapisan tanah pada setiap titik biasanya berbeda, dengan begitu pengujian sondir harus dilakukan secara berulang untuk mendapatkan tanah sondir yang kuat jika digunakan untuk membangun pondasi.

Akan tetapi, jika di dalam tanah terdapat barang-barang seperti pipa, kabel listrik atau apapun yang digunakan untuk umum, maka sebaiknya pengujian sondir dipindahkan ke lokasi yang lain karena jika tetap dipaksakan maka akan membahayakan para pekerja yang ada di lingkungan tersebut.

Setelah pengujian sondir selesai, operator pengujian memberikan tanda pada titik uji sondir sehingga nantinya bisa diamati secara berkala sehingga jika terjadi masalah bisa segera dilakukan evaluasi.

Kami menjual berbagai alat pengujian dan pengukuran akurat serta berkualitas seperti universal testing machine, Tree For Testing, Quality Tree Testing, Data Logger, Weather Station. Kami juga menyewakan alat keamanan metal detector dan jasa pengujian SHMS, PDA, Inclino serta Sondir Test . Kami adalah distributor resmi Produk TIME dan HOBO di Indonesia dan bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Kota DKI Jakarta.

Untuk pemesanan produk terkait bisa langsung menghubungi WA: 081295957914 email : sales@alatuji.com


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di