CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pendiri PAN: Amien Rais Dulu Idealis, Sekarang Jadi Harimau
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e44d8e0f0bdb2590158b49e/pendiri-pan-amien-rais-dulu-idealis-sekarang-jadi-harimau

Pendiri PAN: Amien Rais Dulu Idealis, Sekarang Jadi Harimau

Jakarta -

Pendiri dan deklarator PAN, Abdillah Toha merasakan pilu ketika kongres V PAN di Kendari diwarnai kericuhan 'perang kursi'. Toha menyebut Amien Rais sebagai orang yang bertanggung jawab atas hal ini.

"Sebagai salah seorang pendiri, saya merasa pilu. PAN didirikan pada masa awal kejatuhan Soeharto sebagai partai reformis. Memperjuangkan demokrasi dan pemerintahan yang bersih dan adil. Harapan yang membubung tinggi saat itu sedikit demi sedikit terkikis habis berkat nafsu politik beberapa orang," kata Abdillah Toha dalam tulisannya yang diterima oleh detikcom, Kamis (13/2/2020).

Abdillah Toha mengakui bahwa kini PAN perlahan telah bermetamorfosis menjadi partai pragmatis. Dia mencatat, Amien Rais adalah tokoh PAN yang paling bertanggung jawab atas perubahan PAN ini.

"Pada perkembangan tahun-tahun berikutnya, tidak bisa dicatat lain kecuali bahwa yang paling bertanggung jawab adalah tokoh utama pendiri PAN Amien Rais (AR). Seorang yang awalnya idealis berubah menjadi harimau yang siap menerkam siapa saja yang berlawanan dengannya," lanjut Abdillah.


Dia menuturkan, sejak tidak lagi menjabat sebagai ketua MPR dan kemudian kalah telak dalam pemilu presiden 2004, Amien Rais menjadi tokoh yang memanifestasikan frustasinya kedalam berbagai manuver politik yang mencengangkan. Meskipun, Abdillah pernah mengenang Amien Rais sebagai ilmuwan politik yang mumpuni.

"AR sebenarnya seorang ilmuwan dan praktisi politik yang mumpuni. Tapi entah kenapa, dia juga merasa sebagai orang yang paling pantas memimpin negeri ini. Di benaknya, tidak ada calon pemimpin yang lebih hebat darinya. Jokowi dipandangnya sangat rendah," kenangnya.

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa tokoh-tokoh senior pendiri PAN beberapa kali mengingatkan AR agar berhenti bermanuver murahan dan menempatkan dirinya sebagai guru bangsa seperti rekannya di Muhammadiyah Buya Syafii Maarif. Namun, kata Abdillah, AR tak menggubrisnya.

Dia mengatakan, AR kerap melakukan intervensi terhadap partai berlambang matahari putih itu. Menurutnya, secara tak langsung, pengurus PAN harus meminta restu pada Amien Rais.

"Bukan itu saja. Sejak AR resmi bukan pimpinan PAN, kongres PAN hanya memilih pengurus yang direstui AR. Tidak ada yang berani berbeda. Intervensi AR dalam kongres sering dilakukan secara kasat mata. Begitu pula dalam menentukan siapa yang boleh jadi calon legislatif dari PAN, daerah pemilihannya, dan nomor urutnya," tuturnya.

Abdillah Toha sudah lama merasakan Amien Rais sebagai penghambat kemajuan partai. Namun, sejak kongres V PAN kemarin, dia melihat dominasi AR di PAN telah berakhir.

"Dominasi AR pada PAN sudah lama dirasakan sebagai penghambat kemajuan partai itu. Namun baru pada kongres kemarin tampaknya muncul keberanian untuk mengakhirinya," imbuhnya.

https://news.detik.com/berita/d-4897...954.1579859266

Sengkuni sudah gila sejak orde baru tumbang.

PAN sudah hampir menjadi partai gurem, pengaruh sengkuni di PAN pun sudah hilang.

Sengkuni praktis tidah pernah menang perang, bahkan peperangan memperebutkan ketum PAN pun dia udah keok.

AKhir yg menyedihkan bagi si culas


 Pendiri PAN: Amien Rais Dulu Idealis, Sekarang Jadi Harimau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh silents.
Halaman 1 dari 7
Oalah parah betdagh mo jadi pa lg..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 4 lainnya memberi reputasi
ngamien rasis tak lebih dr macan cisewu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 12 lainnya memberi reputasi
Wah ini karena amin rais makan biskuat,jadi macan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
 Pendiri PAN: Amien Rais Dulu Idealis, Sekarang Jadi Harimau

Layaknya harimau tanpa banyak bicara langsung menerkam

 Pendiri PAN: Amien Rais Dulu Idealis, Sekarang Jadi Harimau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
ah si angin rabies
partainya juga partai amarah nasional isinya rabies lempar kursi emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
kayaknya sudah mulai muncul apa yang dikatakan almarhum Gusdur.. benar adanya.
dia bakalan jadi gelandangan politik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
navacuy dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tnxtonex
 Pendiri PAN: Amien Rais Dulu Idealis, Sekarang Jadi Harimau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ijatul.a dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ayo joged ala sengkuni dulu


{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 11 lainnya memberi reputasi
harimau rematikemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
AR nggak pernah idealis, tapi dulu oportunis halus, sekarang kasar. itu aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 18 lainnya memberi reputasi
Quote:


kolestrol juga paling
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
harimau atau sengkuni ? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Amien rais tokoh reformis ? Wkwkwkwkw gwa mantan mahasiswa 98 gak bakal terima
Lebih cocok amien rais tokoh sengkuni plus opurtunis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zakyi0 dan 30 lainnya memberi reputasi
lain dulu lain sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zakyi0 dan 4 lainnya memberi reputasi
udah keliatan kok sejak pilpres 2014

sekarang bukannya tobat, malah tambah parah. gak heran beliau gak hadir saat Zulhas terpilih jadi ketum lagi

insiden lempar kursi kemaren secara tidak langsung bakal menjatuhkan PAN di 2024.....tinggal liat bagaimana Zulhas bisa membersihkan nama baik PAN. Entah apakah AR masih ikut campur gak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 14 lainnya memberi reputasi
Reformasi yang di gaungkan sama bapak ini juga yang membuat Negeri ini sekarang jadi morat marit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ogahruwet dan 10 lainnya memberi reputasi
HARIMAU TUA YANG SAKIT2AN LALU MATILAH KEMUDIAN.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
ane setuju sih kalo Mbah Amien ini tipe politisi oportunis...

manuver politik paling bikin geleng" ya pas Gus Dur bisa jadi presiden dari poros tengah dan dilengserkan beberapa tahun kemudian, otaknya satu orang yang sama emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 11 lainnya memberi reputasi
Kalo aja PAN msh berpegang ama ke"muhammadiyah"annya mungkin PAN ga akan terpuruk kyk gini,

Liat aja PKB yg msh kental ama ke"NU"annya, mereka msh bisa mempertahankan suaranya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
Kapan jalan kaki?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di