CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Masak Gegara Video Bakar Paspor Otomatis Kehilangan Kewarganegaraan? Gak Bisa Gitu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e44d66cfacb95295c44edf0/masak-gegara-video-bakar-paspor-otomatis-kehilangan-kewarganegaraan-gak-bisa-gitu

Masak Gegara Video Bakar Paspor Otomatis Kehilangan Kewarganegaraan? Gak Bisa Gitu

Masak Gegara Video Bakar Paspor Otomatis Kehilangan Kewarganegaraan? Gak Bisa Gitu

WE Online, Jakarta -Analis konflik dan terorisme Alto Luger mengatakan pemerintah harus memasukkan klausul pencabutan kewarganegaraan bagi WNI yang bergabung dengan kelompok teroris di luar negeri pada undang-undang.
"Undang-undang harus bisa memasukkan klausul atau pasal yang mengatakan, kalau kamu bergabung kelompok teroris di luar negeri, maka otomatis kewarganegaraan bisa dicabut atau paling tidak diminimalkan, sehingga tidak ada perlindungan konsuler dan lain-lain bagi mereka," kata Alto di Jakarta, Rabu.

Saat ini, kata dia belum ada klausul atau pasal tersebut tercantum dalam undang-undang, sehingga akan ada pendapat bahwa mereka yang tergabung dalam kelompok terorisme belum bisa dikatakan eks-WNI.

"Nah itu tanggung jawab dari pemerintah, eksekutif dan legislatif untuk membuat aturan agar orang tidak gampang ikut dalam kelompok terorisme," katanya.
Sebanyak 600 lebih ISIS eks-WNI yang dikatakan pemerintah tidak akan dipulangkan, kata dia, belum bisa dikatakan sudah batal kewarganegaraan mereka apalagi kalau orang mengklaim pembatalan tersebut hanya karena video pembakaran paspor.
"Ya nggak (begitu) dong, semua orang ngomong bakar paspor, tapi kita nggak pernah ada bukti melihat bahwa yang dibakar itu paspor, kalau misalnya si A bakar paspor masa B, C dan D otomatis dianggap susah meninggalkan kewarganegaraan, tidak kan, itu perlu assessment," kata dia.

sumur



para penista agama dan munafikun mulai islamphobia emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
essholl dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Masak Gegara Video Bakar Paspor Otomatis Kehilangan Kewarganegaraan? Gak Bisa Gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 18 lainnya memberi reputasi
Quote:




profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
Diubah oleh daimond25
bakar paspor memang tidak menyebabkan hilangnya kewarganegaraan. tapi, menyatakan ikut pada suatu negara atau entitas yang menyerupai negara, jelas itu bentuk penghianatan dan dengan sendirinya akan kehilangan WN. buktinya? jelas dengan mereka berbaiat ke ISIS itu bentuk pengakuan mereka meninggalkan identitas WNInya.

jadi? jangan kaya b4ngsat minta dibalikin ke indonesia ya njing.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ichsanwin32 dan 17 lainnya memberi reputasi
yaudah yg pgn pulangin kadal isis suruh tampung aja di rumahnya
jadi kalo meledak biar mampus barengemoticon-Leh Uga
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
masak gegara teroris nya dah kalah perang mo ngacau di Indonesia lagi, gak bisa gitu donkemoticon-Ngamuk
profile-picture
rinso.biroe memberi reputasi
Quote:


sekalian dong, pasal;
"barangsiapa mangkir dr pengadilan akibat suatu kasus lalu melarikan diri ke luar negeri disaat kasus masih menggelutnya selama maksimal 3 tahun, maka yang bersangkutan berhak kehilangan HAK kewarganegaraan Indonesia nya (WNI)" emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ichsanwin32 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
aturannya sudah jelas kalau jadi tentara asing, maka kewarganegaraan otomatis hilang. ditambah kalau gabungnya dengan tentara yang tergolong teroris, maka kena aturan terkait terorisme yang ancamannya hukuman mati. kalau merusak/bakar paspor, ancaman hukumannya 5 tahun penjara. jadi istilahnya, mending mereka tetap di sana aja, toh masih hidup. balik ke sini walau usaha sendiri pun ujung2nya bisa terancam hukuman mati, minimal 5 tahun penjara ++.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
masih mewek emoticon-Frown
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
gpp boleh balik asal si Alto Luger ini bersedia jadi penjaminnya, jadi jika ada 1 orang aja yg bikin masalah ketika udah diterima balik maka dia dan seluruh keturunan dan keluarganya bersedia untuk dieksekusi mati ditempat. .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 3 lainnya memberi reputasi
Nggak usah bermain kata2 utk hal2 spt ini.
Paspor rusak saja bisa kena BAP, apalagi dibakar dg sengaja di pertontonkan.
Naif banget lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 4 lainnya memberi reputasi
Betul tapi itu hanya identitas aja bambang...tapi dengan dia SUMPAH SETIA ISIS itu dengan menyebrang keluar dari NKRI. Kan kita menganut 1 kewarganegaraan, bukan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post billyns
Quote:


ini semua gara2 amerika gak mau lagi kasih uang ke penjara2 milik kurdi, di tambah negara eropa menolak eks isis, terus presiden assad mau mengeksekusi semua tahanan isis, tambah stress ni babi2 teroris ini, bajer babi temen mrk di Indonesia jadi satu2nya andalan agar mrk bisa kabur emoticon-Big Grin

tapi kan kita bukan negara bodoh emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 2 lainnya memberi reputasi
Bacot. Orang Dah gabung jadi tentara negara lain masih mo lu aku2 warga negara elu? Lu punya harga diri ga sebagai wni?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mandalorian dan 3 lainnya memberi reputasi
ISIS itu sejenis pahlawan besar kek jendral2 bagi kaum islam, emoticon-Cool
cobak semisal ente punya agama budha, trus entah kenapa terjadi perang kaum budhis melawan suatu negara, sehingga kaum budhis membwat kelompok merdeka semacam negara budha. melalukan perlawanan, perang, dst.. demi kelangsungan nya mereka harus beranak pinak agar tidak hancur.
Nah klo mereka kalah dan dijadikan tawanan, apakah ente yang seimin tidak maw menerima mereka yang berperang dengan bendera budhis. jelas mereka jendral2 bagi ente. yak toh ?
kenapa tidak diselamatkan, itu yang menjadi sorotan paling benderang saat ini. sudah berteroris ria kalah kenapa tidak diusahakan selamat ? toh mereka jelas sangat tidak berbahaya emoticon-Big Grin bagi kaum budhis.
Lihat 4 balasan
Quote:


Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia

Detilnya ada di Bab IV soal Kehilangan Kewarganegaraan Republik Indonesia. Pada Pasal 23 disebutkan WNI akan kehilangan hak kewarganegaraan nya apabila:
a....
b....
c....
d. Masuk dalam dinas tentara asing tanpa izin terlebih dahulu dari Presiden
e....
f. secara sukarela mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing tersebut;

jadi hilang kewarganegaraan bukan hanya karna bakar passport saja, salah satunya bergabung dgn ISIS sebagai militan dipoint (d). Lalu dipoint (f) ISIS walau tidak diakui sebagai negara, tapi ISIS diakui sebagai pemberontakan dari suatu atau beberapa negara, jadi di point (f) “bagian dari negara asing tersebut”, pemberontak termasuk bagian dari negara asing tersebut, termasuk jg ISIS.
Jadi gak perlu lg buat undang2 baru. Undang2 lama udah cukup utk mencabut kewarganegaraan WNI yg bergabung dgn ISIS



profile-picture
profile-picture
profile-picture
coxoncoumo dan 5 lainnya memberi reputasi
Balasan post sudarmadji-oye
jelas amrik nggak mau lagi bantu lah, wong nggak ada untungnya. apalagi tentara kurdi itu bukan tentara resmi. mereka sudah berhasil kalahkan ISIS, misi selesai. problemnya adalah buat kedua pihak yang mengalahkan ISIS, baik pemerintah resmi suriah maupun pemberontak, keluarga kombatan ISIS adalah beban & nggak ada tempat di sana.
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
kalo bakar paspor aja gpp keknya gan.
masalahnya.. mereka jadi teroris. emoticon-Hammer2
profile-picture
rinso.biroe memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post mibmobz
Quote:


agama apa yg mejadi korban paling banyak oleh aksi teroris yg mengatasnamakan islam? korban paling banyak justru dari muslim sendiri.

Masak Gegara Video Bakar Paspor Otomatis Kehilangan Kewarganegaraan? Gak Bisa Gitu

Jadi yang paling dirugikan adalah muslim itu sendiri, bukan agama lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coxoncoumo dan 2 lainnya memberi reputasi
Oke lah kasih pulang ja,rewel banget,tapi pake peti mati ya
anjink
masih aja ada orang goblok ngeyel maksa balikin lagi itu sampah sampah khilafuck emoticon-fuck
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di