CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Baru Kembali dari Malaysia, Satu Warga Tanimbar Diduga Terjangkit Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e44ca37af7e9354b476f513/baru-kembali-dari-malaysia-satu-warga-tanimbar-diduga-terjangkit-virus-corona

Baru Kembali dari Malaysia, Satu Warga Tanimbar Diduga Terjangkit Virus Corona

KOMPAS.com - BN (19) warga Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, diduga terjangkit virus corona. Hal itu diketahui setelah BN diperiksa tim medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Magretti. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar Edwin Tomasoa mengatakan, BN mengeluh batuk, sakit tulang belakang, dan sesak napas. BN baru kembali dari Malaysia melalui Medan pada 7 Februari 2020. "Atas laporan ini, tim kami langsung diterjunkan ke rumahnya di Sifnana dan membawa dia ke RSUD untuk dilakukan pemeriksaan sesuai prosedur penanganannya," kata Tomasoa seperti dilansir Antara, Kamis (13/2/2020).

Tim medis telah mengambil lendir dari kerongkongan BN. Sampel itu akan dikirim ke Surabaya untuk diteliti. Selama menanti hasil penelitian tim dokter di Surabaya, pasien dikarantina di ruangan isolasi VIP RSUD Magretti selama 14 hari. BN akan dipulangkan jika hasil laboratorium membuktikan dirinya negatif terinfeksi virus corona. Tomasoa mengatakan, saat di Malaysia, salah satu teman satu asrama BN, terinfeksi virus corona. BN dan teman satu asramanya juga sempat dikarantina dan diobati di sana. Setelah dinyatakan bebas dari virus, BN dipulangkan ke Indonesia melalui Medan. Direktur RSUD Magretti Fulfully Ch Nuniary mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan fisik, BNn masih dalam batas normal.

Belum ada kondisi lain, dokter melanjutkan dengan pemeriksaan sputum atau pemeriksaan dahak," kata Fulfully. Fulfully memastikan keluhan sesak napas yang dilaporkan BN tak terbukti. Setelah diperiksa, dokter memastikan BN tak mengalami sesak napas. Berdasarkan pengakuan kepada dokter, BN mengeluhkan sakit tulang belakang. "Besok kami akan minta alat dari Ambon untuk pengiriman Sputum ke Surabaya. Kita akan menunggu hasil laboratorium. Jika dalam pemeriksaan laboratorium dan ditemukan virus Corona baru pasien bisa dinyatakan positif terjangkit virus corona," jelasnya. Fulfully menambahkan, saat ini pihaknya masih mencurigai pasien dengan keadaan yang mengeluh sesak napas. Hal ini patut dicurigai karena ada korelasinya dengan kasus virus corona.

Sumber : https://regional.kompas.com/read/202...t-virus?page=1
Diubah oleh alnjaya
waduh gaswat

Keburu cepat dipulangin padahal masa inkubasi virus hampir sebulan

Welcome Coronapocalypse

Tukan mulai bermunculan terduga, itu aja alat buat dan kesiapan buat cek masih kalangkabut
kalo masih terduga / suspect dimari banyak ada 70an org lebih .... semuanya negatif emoticon-thumbsup emoticon-Big Grin
tapi yg ini ada riwayat temannya di malay kena jadi harus di observasi sampe 14hari kedepan biar lebih aman
Jgn ke luar2 negeri dulu deh..
@ts mbok ya d rapihkan dulu itu emoticon-Nohope
gw jadi bacanya lompat2 gitu, gara2 link yg ikut masuk situ emoticon-Mad

kok jadi ada ikut2an RSUP Sanglah segala, kan di Tanimbar sana, tapi kenapa ambil alat dari Ambon jauh banget ? karena setau gw RSUP Sanglah sudah lengkap deh, kalau perlu bantuan ya ke Surabaya ? rupanya ikut sana sini tuh berita emoticon-Amazed
profile-picture
alnjaya memberi reputasi
Diubah oleh Uthe18
aneh knp semua sample harus d bawa ke ke sby atau jkt?? emang RS d daerah belum siap??
Orang Malay yang kena rasnya apa ? ===> Tanpa bermaksud SARA.
Itu nantinya bisa dipakai untuk menyingkirkan kemungkinan tertular karena faktor genetik dan semacamnya.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di