CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Pasangan Ini Jadi yang Pertama Gelar Pernikahan Sesama Jenis di Irlandia Utara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e44c9b310d2954037511696/pasangan-ini-jadi-yang-pertama-gelar-pernikahan-sesama-jenis-di-irlandia-utara

Pasangan Ini Jadi yang Pertama Gelar Pernikahan Sesama Jenis di Irlandia Utara



BELFAST, KOMPAS.co
Rona bahagia begitu jelas terlihat dari pasangan Sharni Edwards (27) dan Robyn Peoples (26). Sebab, mereka menjadi pasangan pertama yang melangsungkanpernikahan sesama jenis di Irlandia Utara.

Keduanya mengikat janji suci di Carrickfergus pada Selasa (11/2/2020). Ini adalah pernikahan pertama yang diresmikan oleh pemerintah setempat.

Diberitakan dari Reuters, pernikahan sesama jenis di Irlandia Utara memang baru dilegalkan pada 11 Februari kemarin.

Keduanya memutuskan untuk berhubungan ketika datang menonton konser penyanyi pop asal Amerika Serikat (AS), Ariana Grande, di Paris.

Awalnya, mereka berniat untuk melakukan civil partnership. Namun, alih-alih mereka memutuskan menikah setelah aturannya disahkan Senin (10/2/2020).

Seluruh pasangan sesama jenis yang sebelumnya sudah pernah menikah boleh mendaftarkan pernikahan mereka secara resmi ke pemerintah setempat.

Namun hal ini belum dapat dilakukan untuk mereka yang menjalani civil partnership, atau status hubungan setara dengan pernikahan dan ada aturan hukumnya.

Pada pernikahan, upacaranya terkesan sakral di mana dua pasangan saling mengucapkan janji, dan mengikutsertakan atribut keagamaan.

Maka untuk civil partnership, baik pasangan homoseksual maupun heteroseksual hanya perlu menandatangani dokumen-dokumen relevan, berdasarkan komunitas perkimpoian.

Civil partnership tidak melibatkan agama atau upacara sakral dan sumpah janji. Seluruh prosesnya murni bersifat dokumentasi dan sipil.

Bahkan tidak diwajibkan untuk mengadakan upacara di suatu tempat dalam pelaksanaan prosesnya.

Civil partnership baru akan dibahas pemerintah Irlandia Utara pada akhir tahun 2020 dengan mendiskusikannya bersama gereja yang mendukung.

Dilansir dari BBC, pernikahan sesama jenis sebenarnya telah diizinkan di Inggris, Skotlandia dan Wales sejak 2014. Namun parlemen Irlandia Utara di Stormont belum melakukannya.

Pernikahan sesama jenis pada akhirnya dilegalkan oleh pemerintah Irlandia Utara setelah ucapan dari politisi Partai Buruh, Conor McGinn.

Dia mengatakan pemerintah harus membuat undang-undang untuk perkimpoian sesama jenis di Irlandia Utara. Hal ini juga didukung oleh anggota parlemen.

Terkait legalitas pernikahan sesama jenis per 11 Februari, McGinn mengungkapkan, "Setiap orang yang menghargai kesetaraan, cinta dan rasa hormat dapat merayakan hari ini."

"Ini hari yang baik untuk Irlandia Utara, hari yang penting bagi hak warga di seluruh pulau ini dan hari yang menyenangkan bagi pasangan sejenis yang sekarang dapat mendaftar untuk menikah," katanya.

Patrick Corrigan dari Amnesty International mengatakan hari itu adalah hari bersejarah bagi kesetaraan dan hak asasi manusia di Irlandia Utara.

Dia juga merasakan bahwa selama ini orang-orang dengan LGBT di Irlandia Utara sering diperlakukan inferior.
Gay married

Bosen sm berita M fatah mulu.. emoticon-Big Grin






LGBT anjing

No homo, no debate emoticon-Angkat Beer

Being homophobic is good for our hood emoticon-Angkat Beer
Gay main anggar

Lesbi main basket? emoticon-Bingung
Buat pasangan yg di video ane siap sediain pedangnya emoticon-Request
waalah jeruk kok makan jeruk.., paraah emoticon-Takut
main gunting terus nich jadinya?
nyimak aja gan, urusan mereka berdua ini.
kenal juga kagak emoticon-Traveller


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di