CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e44c3d0a2d19503884dba98/bagaimana-cara-mengangkat-kontainer-peti-kemas-berikut-rangkaian-teknis-yang-terjadi

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi

Satu kontainer peti kemas dalam kondisi kosong saja bisa mempunyai berat sekitar 3 ton. Jika sudah diisi dengan barang-barang yang hendak dikirim ke kota seberang melalui laut, beratnya bisa mencapai 6 hingga 30 ton. Pasti sebagian besar pembaca juga kepo, gimana cara kontainer peti kemas yang besar, lebar, dan berat itu bisa naik ke kapal, sudah bertumpuk di sana.

Menjawab kepo tersebut, saya sebagai praktisi pelabuhan tergelitik untuk menjawab. Kelihatannya kita perlu mengenal kembali yang namanya alat bongkar muat, yang biasanya ada di banyak pelabuhan.

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Kontainer pada berat semua, besok bertumpuk di atas kapal, pasti membutuhkan alat bantu kan? Dimana alat bantu ini kuat bisa mengangkat kontainer dengan berat sekian-sekian ton, sumber gambar seatrade-maritime.com

Banyak ragam alat yang ada di pelabuhan. Biasanya dinamakan crane, dengan berbagai jenis fisik dan kemampuan yang berbeda-beda, serta beberapa keunggulan serta ada kelemahan pada masing-masing alat.

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Seperti ini misalnya, namanya HMC, sumber gambar dokumen milik pribadi

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Juga jenis seperti ini namanya cc, sumber gambar inaport4.co.id

Alatnya besar dan tinggi, bisa membawa kontainer berbobot berat, dikendalikan oleh operator, yang memang disediakan di atas kabin tersendiri, sebagai ruang untuk mengendalikan serta mengawasi.

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Begini sedikit banyak rasanya ketika di dalam kabin, sumber gambar cranenetworknews.com

Kemudian ada kepo lagi muncul, bagaimana cara crane tersebut "mengangkat" kontainer peti kemas tersebut?

Tentu memakai tangan milik crane.

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
'tangan' berwarna kuning ini namanya spreader, sumber gambar cranenetworknews.com

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Warna dan bentuknya beragam, namun pada intinya sama, sumber gambar teichmann-krane.de

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Penampakan ketika tangan crane alias spreader sudah mendarat di atas kontainer peti kemas, sumber gambar vdlcontainersystemen.com

Ada yang nanya, kok bisa menempel seperti itu? Pada dasarnya, keempat sisi kontainer terdapat lubang, baik itu atas samping dan bawah, jadi spreader memasukkan "jari-jemari" nya kesono.

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Kelihatan ada seperti benjolan kan di keempat ujung sisi bawahnya? Itu dinamakan twistlock yang nantinya akan masuk ke lubang pada kontainer peti kemas, sumber gambar elme.com

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Coba lihat seksama di ujungnya, ada seperti lubang kan? Itu namanya lubang kontainer ada di tiap sisi samping, begitu pula di atasnya, sumber gambar mccontainers.com

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Seperti ini penampakannya kalau dilihat dari atas, sumber gambar transportplanning.com

Nah ketika si spreader mendarat di atas kontainer peti kemas, dan tiap-tiap twistlock di ujung spreader udah masuk ke lubang kontainer peti kemas, tahap selanjutnya yang menjadikan kontainer bisa dibawa, diangkat, dipindah, dan ditaruh di tempat yang diinginkan.

Tahap ini dinamakan locking atau penguncian oleh twistlock.

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Twistlock, dengan kendali operator, ketika masuk ke lubang kontainer secara membujur, si operator tinggal menekan tombol sehingga ujung nya bisa melintang, istilahnya "nyangkut" nantinya di kontainer peti kemas, sumber gambar docplayer.net

Untuk memahaminya dengan bahasa sederhana, hampir seperti ketika kita memakai sepatu slop, sepatu tanpa tali, pantofel katakanlah.

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Sepatu seperti ini, sumber gambar elevenia.co.id

Kaki kita bisa masuk, kemudian kita bisa jalan ke mana-mana, seakan-akan sepatu itu "nempel" atau nyangkut ke kaki kita.

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Ujung twist lock, dengan gambar yang lebih jelas, sumber gambar
earlsindustries.com


Ketika dia masuk ke lubang kontainer sebelah atas, pada keempat sisinya, ujung twistlock menghadap Utara dan Selatan, ketika sudah di dalam, dengan kendali dari operator, cukup menekan tombol, maka ujung akan segera menghadap barat timur, sehingga ketika spreader digerakkan, kontainer akan ikut nyangkut. Bahasa sederhananya seperti itu sih.

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Simple, sederhana, tapi penting ada di spreader, sumber gambar portspareparts.com

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Masuk dulu, lalu berubah posisi, sumber gambar gibitrains.pagesperso-orange.fr

Jadi penjelasan ini bisa menggilas sedikit prediksi sebagian kecil orang, dimana beberapa orang ini mengira kontainer bisa diangkat dengan sistem "magnet" karena tampak menempel.

Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Memang tampak seperti menempel kan? Padahal tidak, itu hanya twistlock yang berubah arah, sehingga ketika diangkat, kontainernya seakan-akan nyangkut, sumber gambar dokumen milik pribadi

Demikian penjelasan simpel dari saya, Semoga bisa mendapat manfaat apalagi bagi temen-temen yang merasa pelabuhan adalah dunia yang "masih asing" dan menarik untuk didalami. Saya harap Anda dijaga Tuhan selalu dalam segala kondisi dimanapun kapanpun.

See you.





Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi




Sumber
Pengalaman pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soarer2jz dan 65 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 13
Nais inpoh,
Sempet ngira pake magnet
emoticon-Ngakak

Pas ngobrol ama supir kontainer,
Jadi paham.
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nah moga makin paham ya??
mantap om bener2 nice info jadi begono toh cara ngangkatnya emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
usdek dan onee643 memberi reputasi
Setau ane juga numpuk kontariner nya ga boleh sembarangan




emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
AnisMo dan onee643 memberi reputasi
info sangat bermanfaat,dulu ane kira bebannya bisa terangkat ada efek magnet dan itu ngak sangka beban kosongnya ampe tiga ton emoticon-Matabelo
profile-picture
onee643 memberi reputasi
Quote:


Nah nah

Emg ada bola maen sundul?

Wkwk
Quote:


Nah bener

Ada sepatu container mah
Quote:


Iya kan besi noh

Tebel

Wow berat

Seberat beban idup ya
nice info emoticon-Toast
profile-picture
onee643 memberi reputasi
Quote:


Semoga bermanfaat ya
Naik ke kabin crane tuh caranya gimana ?
Pake lift atw tangga
profile-picture
onee643 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Tangga bray

ada tipe-tipe tertentu dari alat yang tangganya ada di samping tapi ada tipe-tipe tertentu dari alat yang tangganya ada di dalam, alias gak nampak dari luar
profile-picture
merseysidered memberi reputasi
ternyata gitu toh

profile-picture
onee643 memberi reputasi
Quote:


Yes brayy
ane baru sekelas forklift pake griper
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan onee643 memberi reputasi
Quote:


Dinikmatin ajah bray
Disyukuri bray
Masih banyak orang yang kurang beruntung daripada kita
profile-picture
primalaprima memberi reputasi
hebat ya bisa kerja angkat gede2 gitu
profile-picture
onee643 memberi reputasi
nah trit gini nih yg bermutu...
emoticon-Shakehand2

mantep dah detailnya dibahas sampe ada gambarnya jg...
emoticon-Toast
profile-picture
onee643 memberi reputasi
Quote:


Itu alatnya kali bukan orangnya
emoticon-Malu
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
Quote:


Biar jelas gan Semoga bisa bermanfaat ya
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
Halaman 1 dari 13


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di