CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Harus secure & menghindari celah system efektif absen online atau manual?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e44c35e337f9345cb28f052/harus-secure-amp-menghindari-celah-system-efektif-absen-online-atau-manual

Harus secure & menghindari celah system efektif absen online atau manual?

Kehadiran karyawan atau setiap orang di kantor perlu dicatat untuk keperluan administrasi seperti penghitungan potongan ketidakhadiran, menjamin kelancaran produksi dan sebagainya. Salah satu cara yang digunakan adalah absensi online.
Di antara absensi manual dan online dikatakan terdapat sistem fingerprint yang dianggap sangat valid karena menggunakan sidik jari sebagai alat melakukan absensi karyawan.
Manual di sini diartikan sebagai sistem yang tidak menggunakan teknologi elektronik, atau hanya menggunakan teknologi elektronik sederhana dalam operasionalnya. Sistem operasionalnya, dahulu hanya menggunakan kertas atau daftar sederhana yang tercantum informasi nama karyawan dan keterangan pukul berapa karyawan tersebut melakukan absen sebagai bentuk ‘masuk kantor’ secara harafiah.
Karyawan harus benar-benar hadir beberapa saat sebelum jadwal kantor mulai beroperasi agar bisa bekerja tepat waktu tanpa mengganggu jam kerja. Antrian yang dilakukan juga harus tertib dan efektif, sehingga tidak terjadi penumpukan karyawan yang akan melakukan absensi.
Kantor, dalam hal ini bisa membagi beberapa pos absensi sehingga menghindari pemborosan waktu akibat antri karena terbatasnya pos absen yang disediakan. Dalam dunia bisnis modern, sistem ini masih efektif untuk digunakan pada perusahaan kecil dengan kantor tunggal dan jumlah karyawan yang tidak terlalu banyak.

Kelebihan yang bisa didapat dengan penggunaan sistem absensi manual seperti ini antara lain:

a. Tidak diperlukannya pengeluaran terkait teknologi absen
Karena mengandalkan tenaga sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan, sistem ini tidak menuntut pengeluaran untuk teknologi khusus seperti perangkat elektronik atau sistem perangkat lunak tertentu.

b. Penerapan sederhana dan administrasi kecil

Dengan asumsi jumlah karyawan yang tidak besar, sistem manual mudah diimplementasikan pada kantor dan memiliki sistem administrasi yang cenderung sederhana karena setiap data nampak pada kertas atau media yang digunakan.

c. Power outages? Tidak masalah
Karena operasionalnya menggunakan tenaga manusia, maka sistem ini tidak bergantung pada aliran listrik yang digunakan untuk operasional komputer. Kekurangan yang paling terasa tentu terkait akurasi data dan faktor human error. Sistem ini juga rentan kecurangan pada data waktu kehadiran karena dioperasikan oleh karyawan.

Absensi Online

Penggunaan sistem absensi online biasanya terhubung dengan aplikasi atau software khusus pengelolaan absensi. Kesederhanaan absensi hanya dengan menggunakan smartphone memungkinkan karyawan melakukan absen tanpa antri dan lebih tepat waktu.

Berikut adalah penjelasan secara singkat kelebihan dari absensi online :

a. Akurasi data yang tinggi & menurunnya tingkat kesalahan

Karena berbasis aplikasi dan program khusus, penggunaan sistem absensi online akan sangat meningkatkan akurasi serta mengurangi terjadinya kesalahan yang mungkin terjadi karena faktor manusia.

b. Perampingan tenaga kerja
Untuk pengurusan absensi, tidak lagi diperlukan banyak sumber daya manusia karena sebagian besar pekerjaan telah diselesaikan oleh sistem online yang ada.

c. Terintegrasi dengan banyak sistem lain
Penggunaan data yang terekam secara online memudahkan akses terhadap data yang ada sehingga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Kemudahan dan integrasi data dengan sistem absensi online tentu jadi faktor penarik yang cukup besar. aktor yang sedikit mengurangi nilai sistem absensi online adalah tambahan pengeluaran untuk perangkat yang diperlukan serta ketergantungan pada keberadaan jaringan internet serta aliran listrik.

Di UCARD pun tersedia barang absensi online yaitu finger print revo 136BNC, mesin absensi ini menawarkan 3 cara dalam mengidentifikasi penggunanya, yaitu sidik jari/fingerprint, password, dan kartu dengan kecepatan identifikasi kurang dari 1 detik dan berikut adalah spesifikasi fingerprint yang kami jual di Ucard

Layar : 2,4 TFT colour screen
Dimensi : 180 x 130 x 33 mm
Identifikasi : Sidik jari, password, kartu
Kapasitas sidik jari : Real 5.000 sidik jari
Kapasitas kartu : 3.000 kartu
Kapasitas user : 3.000 user
Data scan : 160.000
Koneksi : TCP/IP, USB flash disk, kabel USB
Support cloud : Ya*
Support software : Fingerspot Personnel
Baterai cadangan : Ya

Jika kalian ingin tau info selanjutnya hubungi nomor kami atau kunjungi kantor kami di :

Jl.bambu apus raya no 181 rt 04/10 Pondok Bambu Jakarta Timur
☎021-22982095
📱082338051862
WA 081 232 600 700

Terima kasih sobat Ucard semoga artikel yg kami berikan bermanfaat salam sukses hebat luar biasa

Terima kasih emoticon-thumbsup

Harus secure & menghindari celah system efektif absen online atau manual?
Diubah oleh idcardjakarta


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di