CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ingat! Bukan Cuma Aki Tekor, Ada Penyebab Lain Starter Elektrik Motor Sering Macet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e44c1690577a93d28457bb4/ingat-bukan-cuma-aki-tekor-ada-penyebab-lain-starter-elektrik-motor-sering-macet

Ingat! Bukan Cuma Aki Tekor, Ada Penyebab Lain Starter Elektrik Motor Sering Macet

Ingat! Bukan Cuma Aki Tekor, Ada Penyebab Lain Starter Elektrik Motor Sering Macet – Ketika starter elektrik motor Bro/Sis bermasalah, pastinya akan merepotkan Bro/Sis saat akan menyalakan kendaraan, betul?

Apalagi motor matik, yang harus lebih dulu mengaktifkan standar tengah dulu untuk menggunakan kick starter atau engkol, ya kan?

Baca Juga : Efek Samping Pasang Aki Ga Sesuai Spesifikasi

Dan pastinya akan lebih menyusahkan lagi, jika motor matik Bro/Sis yang digunakan ternyata sudah tampil kekinian, atau tanpa tersemat kick starter. Contohnya Honda Vario.

Jadi nih ya Bro/Sis, biasanya gangguan pada starter elektrik tuh karena kondisi aki yang tekor alias habis Bro/Sis.

Akan tetapi, ada penyebab lain sih Bro/Sis. Bro/Sis kira kira kepo ga penyebab lainnya apa? Kalo iya, lanjut baca ya. Berikut pemaparannya :

Baca Juga : Aki Kering juga Butuh Perawatan Broo..!!

Saklar Starter hingga Bendik

Terkadang sih starter elektrik Bro/Sis ga bisa digunakan sesekali, lalu ketika Bro/Sis coba lagi malah berfungsi.

Nah, kondisi yang seperti ini bisa disebabkan komponen saklar starter yang kotor ya Bro/Sis.

Belum lagi nih ya Bro/Sis, bagian switch rem juga wajib diperiksa Bro/Sis. Mekanisme starter elektrik motor matik juga melibatkan switch rem Bro/Sis. Ya karena ketika tombol starter dipencet, tuas rem juga harus ditekan. Gitu Bro/Sis.

Baca Juga : Penyebab Aki Motor Kembung

Lalu nih ya Bro/Sis, apabila kondisi saklar dan rem sudah bagus, patut mencurigai penyebabnya pada bendik Bro/Sis. Apabila aliran listrik dari aki ke dinamo starter ya Bro/Sis, maka ada masalah di bagian bendik-nya Bro/Sis.

Kalo misalkan kadang nyala, kadang ngga, paling Bro/Sis cek dari saklar starter sama switch rem kanan dan kiri, terus bendik. Yang penting Bro/Sis cek dulu kondisi akinya bagus.

Ohiya Bro/Sis, untuk penggantian bendik, banderol yang ditawarkan di pasaran sekitar Rp. 25.000 sampai Rp. 50.000-an. Ya tergantung jenis motor. Sementara komponen switch starter sekitar Rp. 35.000-an Bro/Sis.

Baca Juga : Kepanjangan VRLA dan Artinya

Dinamo Starter

Setelah aki, saklar starter, dan bendik milik Bro/Sis dalam kondisi bagus, pengecekan beralih ke bagian dinamo starter ya Bro/Sis.

Jadi ya Bro/Sis, kerusakan dinamo starter sering terjadi pada motor lama yang masih memiliki kick starter Bro/Sis.

Motor tahun lama yang masih punya starker kick nih ya Bro/Sis, ketika aki mati dan di diamkan, otomatis dinamo starter lama ngga digunakan. Switch rem juga cuma digunakan untuk mengerem aja Bro/Sis. Ga ada fungsi ke dinamo, jadi ngaruh juga Bro/Sis.

Baca Juga : Terkuak! Cara Jumper Aki Mobil yang Soak

Ketika dinamo starter ga pernah digunakan, gulungan arang starter yang terbuat dari tembaga lama tidak berputar. Sehingga mudah kotor dan berkarat Bro/Sis. Selain itu seiring pemakaian, komponen ini juga bisa habis lho Bro/Sis.

Arang starter itu kan muter ya Bro/Sis, bisa habis dan sudah waktunya diganti Bro/Sis. Akan tetapi kalo misalnya Bro/Sis cuma pakai kick starter kan dinamo starter jadi lama ngga bergerak. Itu gulungan dinamonya bisa aja karat.

Ohiya Bro/Sis, untuk penggantian satu set dinamo starter motor, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp. 400.000. Akan tetapi, untuk penggantian arang starter sekitar Rp. 50.000-an Bro/Sis.

Baca Juga : Mobil Susah Starter? Jangan Salahkan Aki Dulu!

Zeus Battery adalah Distributor Baterai Aki Motor, Mobil, Kapal dan Industri Berkualitas.
Kontak :
WA : 0813 1016 4662
PH : 021 8899 7274
zeusbattryonline.com



profile-picture
perutsehat memberi reputasi
emoticon-Sundul
profile-picture
perutsehat memberi reputasi
emoticon-Sundul
profile-picture
perutsehat memberi reputasi
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
nice info, zeus sekarang bikin buat motor yah ? semoga kualitas sesuai nama.
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di