Kaskus

Automotive

zeusbatteryAvatar border
TS
zeusbattery
Ingat! Bukan Cuma Aki Tekor, Ada Penyebab Lain Starter Elektrik Motor Sering Macet
Ingat! Bukan Cuma Aki Tekor, Ada Penyebab Lain Starter Elektrik Motor Sering Macet – Ketika starter elektrik motor Bro/Sis bermasalah, pastinya akan merepotkan Bro/Sis saat akan menyalakan kendaraan, betul?

Apalagi motor matik, yang harus lebih dulu mengaktifkan standar tengah dulu untuk menggunakan kick starter atau engkol, ya kan?

Baca Juga : Efek Samping Pasang Aki Ga Sesuai Spesifikasi

Dan pastinya akan lebih menyusahkan lagi, jika motor matik Bro/Sis yang digunakan ternyata sudah tampil kekinian, atau tanpa tersemat kick starter. Contohnya Honda Vario.

Jadi nih ya Bro/Sis, biasanya gangguan pada starter elektrik tuh karena kondisi aki yang tekor alias habis Bro/Sis.

Akan tetapi, ada penyebab lain sih Bro/Sis. Bro/Sis kira kira kepo ga penyebab lainnya apa? Kalo iya, lanjut baca ya. Berikut pemaparannya :

Baca Juga : Aki Kering juga Butuh Perawatan Broo..!!

Saklar Starter hingga Bendik

Terkadang sih starter elektrik Bro/Sis ga bisa digunakan sesekali, lalu ketika Bro/Sis coba lagi malah berfungsi.

Nah, kondisi yang seperti ini bisa disebabkan komponen saklar starter yang kotor ya Bro/Sis.

Belum lagi nih ya Bro/Sis, bagian switch rem juga wajib diperiksa Bro/Sis. Mekanisme starter elektrik motor matik juga melibatkan switch rem Bro/Sis. Ya karena ketika tombol starter dipencet, tuas rem juga harus ditekan. Gitu Bro/Sis.

Baca Juga : Penyebab Aki Motor Kembung

Lalu nih ya Bro/Sis, apabila kondisi saklar dan rem sudah bagus, patut mencurigai penyebabnya pada bendik Bro/Sis. Apabila aliran listrik dari aki ke dinamo starter ya Bro/Sis, maka ada masalah di bagian bendik-nya Bro/Sis.

Kalo misalkan kadang nyala, kadang ngga, paling Bro/Sis cek dari saklar starter sama switch rem kanan dan kiri, terus bendik. Yang penting Bro/Sis cek dulu kondisi akinya bagus.

Ohiya Bro/Sis, untuk penggantian bendik, banderol yang ditawarkan di pasaran sekitar Rp. 25.000 sampai Rp. 50.000-an. Ya tergantung jenis motor. Sementara komponen switch starter sekitar Rp. 35.000-an Bro/Sis.

Baca Juga : Kepanjangan VRLA dan Artinya

Dinamo Starter

Setelah aki, saklar starter, dan bendik milik Bro/Sis dalam kondisi bagus, pengecekan beralih ke bagian dinamo starter ya Bro/Sis.

Jadi ya Bro/Sis, kerusakan dinamo starter sering terjadi pada motor lama yang masih memiliki kick starter Bro/Sis.

Motor tahun lama yang masih punya starker kick nih ya Bro/Sis, ketika aki mati dan di diamkan, otomatis dinamo starter lama ngga digunakan. Switch rem juga cuma digunakan untuk mengerem aja Bro/Sis. Ga ada fungsi ke dinamo, jadi ngaruh juga Bro/Sis.

Baca Juga : Terkuak! Cara Jumper Aki Mobil yang Soak

Ketika dinamo starter ga pernah digunakan, gulungan arang starter yang terbuat dari tembaga lama tidak berputar. Sehingga mudah kotor dan berkarat Bro/Sis. Selain itu seiring pemakaian, komponen ini juga bisa habis lho Bro/Sis.

Arang starter itu kan muter ya Bro/Sis, bisa habis dan sudah waktunya diganti Bro/Sis. Akan tetapi kalo misalnya Bro/Sis cuma pakai kick starter kan dinamo starter jadi lama ngga bergerak. Itu gulungan dinamonya bisa aja karat.

Ohiya Bro/Sis, untuk penggantian satu set dinamo starter motor, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp. 400.000. Akan tetapi, untuk penggantian arang starter sekitar Rp. 50.000-an Bro/Sis.

Baca Juga : Mobil Susah Starter? Jangan Salahkan Aki Dulu!

Zeus Battery adalah Distributor Baterai Aki Motor, Mobil, Kapal dan Industri Berkualitas.
Kontak :
WA : 0813 1016 4662
PH : 021 8899 7274
zeusbattryonline.com



ewaneyla99Avatar border
nona212Avatar border
tien212700Avatar border
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
797
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan