CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Amien Rais Jatuh, PAN Waspada?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e44964f0577a967f623c010/amien-rais-jatuh-pan-waspada

Amien Rais Jatuh, PAN Waspada?

Setelah sebelumnya dukungan Amien Rais selalu menjadi penentu kemenangan bagi calon Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN), pada Kongres V tradisi tersebut sepertinya telah memudar. Tidak hanya menunjukkan mulai memudarnya pengaruh sang “bapak reformasi” itu, namun juga melahirkan spekulasi dari beberapa pihak bahwa terdapat peran Istana dalam kemenangan Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Ketum PAN. Benarkah demikian?

Seperti halnya masyarakat Indonesia sangat mengenal Indomie, politikus PAN, Muhammad Amien Rais juga merupakan sosok yang begitu akrab di telinga masyarakat.

Atas peran besarnya dalam memimpin massa yang berbuah pada jatuhnya rezim Orde Baru, Amien Rais kemudian dikenal sebagai “bapak reformasi”. Sejak saat itu, alumnus Universitas Gadjah Mada tersebut dikenal sebagai politisi yang memiliki pengaruh besar, khususnya di internal PAN, partai yang didirikannya.
Hal tersebut misalnya terlihat di dalam pemilihan Ketum PAN, di mana dukungan Amien menjadi semacam sinyal bahwa calon yang bersangkutan mestilah yang menjadi pemenang.

Pada Kongres III PAN di 2010 misalnya, ketika Hatta Rajasa bersaing dengan Soetrisno Bachir, dukungan Amien membuat Hatta menang secara aklamasi. Begitu pula pada Kongres IV PAN di 2015, dukungan Amien atas Zulhas membuatnya berhasil mengalahkan Hatta. Padahal, Hatta yang merupakan mantan Menteri Riset dan Teknologi tersebut berhasil menaikkan suara PAN di Senayan pada Pemilu 2014.


Kini, pada Kongres V PAN, dukungan Amien atas Mulfachri Harahap nyatanya tidak membuahkan kemenangan bagi mantan Wakil Ketua Komisi III DPR RI tersebut. Karena tanpa diduga, Zulhas berhasil menempatkan dirinya sebagai Ketum PAN untuk yang kedua kalinya.

Tidak hanya mencatatkan rekor sebagai ketua partai pertama di PAN yang memimpin selama dua periode, kemenangan tersebut juga memutus tradisi “restu Amien” sebagai penentu nahkoda partai berlambang matahari itu. Atas perisitiwa tersebut, berbagai pihak kemudian menyebutkan bahwa itu adalah indikasi kuat lunturnya pengaruh Amien di PAN.

Tidak hanya itu, kemenangan Zulhas tersebut juga disinyalir bukan hanya terkait persoalan pengaruh Amien yang mulai luntur, melainkan juga memunculkan spekulasi dari beberapa pihak bahwa terdapat peran Istana di balik kemenangan tersebut.

Lantas, jika benar terdapat peran Istana, atas dasar apa hal tersebut sekiranya terjadi? Lalu, apakah itu berhubungan dengan lunturnya pengaruh Amien seperti yang dikemukakan oleh berbagai pihak?


Artikel selengkapnya Amien Rais Jatuh, PAN Waspada? hanya di Pinterpolitik.com

Web: http://bit.ly/2hBqPxf
YouTube: http://bit.ly/PinterPolitik
Instagram: http://bit.ly/2gdJwGP
Facebook: http://bit.ly/2ycBqF6
Twitter: http://bit.ly/2ygW5HT
Podcast: http://bit.ly/Podcast-Pinpol
LINE@: http://goo.gl/J4As4i







profile-picture
uduymanza memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
nanti Amien bikin partai sendiri saja

Rais Fans Club emoticon-Kiss
Ya sudah, Bapak Amien Rais dan Pendukungnya bikin saja Partai Baru, PAN Perjuangan emoticon-Leh Uga
jatuh atas tingkahnya sendiri?
Jatuh, bangke oh bangkit lagiemoticon-Big Grin
jangan remehkan i mean riceemoticon-Mad
Bikin partai baru, PRF (Partai Rais Family) emoticon-Cool
Amien Rais Jatuh, PAN Waspada?
Bangkit lagi emoticon-Big Grin
kebanyakan bacod sih aki ini
mending bacod nya bikin adem, aki ini bacod nya bikin tambah keruh masalah
segoblok goblok nya pendukung, pasti ngebaca lah kalo aki ini udah gak kompeten lagi
Amien Rais Jatuh, PAN Waspada?
Lihat 1 balasan
Quote:


emoticon-Ngakak

pan berubah jadi partai nasionalis ke depanya? wait and see...
sabar pak amien, ini azab eh cobaan buat founder partai Allah emoticon-Belgia
Balasan post ronin1969
Quote:


Manohara Odelia Pinod ya gan? emoticon-Matabelo


Koq di situs Malaysia, apa doi mau nyari sultan dari Malaysia lagi? emoticon-Wowcantik
Quote:


emoticon-Belo emoticon-Wakaka emoticon-Belo
Si kakek rais kebanyakan tebar hoax ....
Makanya ditinggal pengikutnya
Sampe bawa malaikat ngibulnya.....
SOKORRRRRRemoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow
Quote:


Si penulis lupa bahwa pada saat itu yang memimpin adalah:
Amien Rais Jatuh, PAN Waspada?

Dua orang yang di tengah.

emoticon-norose
insaf mu kapan wahai sengkuni tua, sudahlah rakyat indonesia sudah tau busuk nya hati mu
kayaknya orang" di PAN juga udah jengah sama kelakuan ajaibnya Mbah Amien...

btw, soal klaim bapak reformasi ini kok ane 50:50..

apalagi setelah ngelihat sepak terjangnya pascareformasi yang licin banget, termasuk kasus Gus Dur ama Megawati emoticon-Cape d...
Ane mo ngomong apalagi ? Apalagi gi gi gi gi (eho ho ho) emoticon-Wakaka
udah jatoh dr dulu kali
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di