CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Apa Penyebab Check Engine New Yamaha Nmax Selalu Menyala ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e448565349d0f14c336b20c/apa-penyebab-check-engine-new-yamaha-nmax-selalu-menyala

Apa Penyebab Check Engine New Yamaha Nmax Selalu Menyala ?

Apa Penyebab Check Engine New Yamaha Nmax Selalu Menyala ?
Beberapa waktu lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi merilis dan mengenalkan ke publik generasi terbaru dari Yamaha Nmax 155. Motor bongsor andalan YIMM ini memang sudah memasuki usia yang wajib di upgrade gansist.

Sayangnya, setelah resmi dipasarkan dan sampai ke konsumen. New Yamaha Nmax 155 yang begitu berubah baik fitur, desain ataupun enginenya memiliki minnor yang bikin risih. Apa itu ?.

Check engine yang ada di panel speedometer selalu menyala, meskipun pihak YIMM sendiri sudah mengonfirmasi bahwa hal ini tidak bakal mempengaruhi performa mesin. Namun tetap saja, publik dibuat risih dan bahkan seorang Youtuber Otomotif terkenal seperti Mas Ridwan Hanif pun juga membuat konten khusus karena Nmax yang doi beli juga mengalami hal yang sama.

Sebagai salah satu motor yang memiliki demand tinggi, wajar saja kalau New Yamaha Nmax 155 mendapatkan respon yang cukup tinggi dari publik.

Agar tidak terlalu melebar, pihak Yamaha pun memberikan konfirmasi tentang masalah check engine ini gansist. Pada awal konifrmasi, pabrikan berlogo Garpu Talla ini memberikan konfirmasi bahwa trouble terjadi karena adanya masalah pada Crankshaft Posisition Sensor (CPS).

Dan meminta untuk konsumen yang mengalami masalah tersebut untuk segera ke dealer agar dilakukan per-resettan menggunakan alat yang dinamakan Yamaha Diagnostic Tool (YDT).

Berbondong-bondonglah konsumen, namun gansist ternyata masalah check engine ini belum benar-benar terselesaikan meskipun sudah dilakukan reset menggunakan YDT.

Karena check engine kembali menyala, masalah ini pun kembali sampai ke telinga para Petinggi Yamaha. Dilakukanlah sebuah penelitian mendalam, ternyata gansist. Masalah terjadi karena adanya kesalahan dari perilaku pengguna, yakni menggunakan side stand (standart samping).

Apa Penyebab Check Engine New Yamaha Nmax Selalu Menyala ?


Sedikit informasi gansist, motor injeksi saat ini rata-rata sudah menggunakan fitur sensor di side stand. Yang mana jika side stand belum dilipat, maka mesin tidak bakal bisa hidup. Dan kemudahan inilah yang sering digunakan pengguna motor jaman now untuk mematikan mesin.

Padahal wajarnya, jika mematikan mesin motor haruslah melalui kunci kontak. Penggunaan side stand untuk mematikan mesin motor, dibaca oleh ECU New Yamaha Nmax 155 sebagai error. Dan kemudian dilanjutkan menjadi sebuah sinyal melalui check engine yang menyala.

Lalu cara mengatasinya gimana ?

Pertama, gansist pergi ke dealer resmi Yamaha dan dilakukan reset di YDT.
Kedua, gansist tidak membiasakan mematikan motor menggunakan side stand.

So gansist, ada tidak diantara jenengan yang memiliki pengalaman diatas ? kalau ada bisa di share dikolom komentar ya. Siapa tahu, pengalaman gansist bermanfaat untuk pembaca lainnya.

Sumber tulisan : Bejo Corner dan Bimo Corner
Sumber Gambar : Yamaha
Alaaahmaaak Baru keluar udah ada Bugs 🤣🙈 yang aneh-aneh. Ini sih kebiasaan ane suka mematikan motor side stand, Nah terus apa yang ditimbulkan jika matiin motor Side Stand? Bikin ribet aja pake segala teknologi yang neka neko 🤣🤣. Alamat kagak awet dan kagak bisa di teruskan ke generasi selanjutnya wkwkwk. Kagak kaya motor-motor dulu contohnya Nouvo yang bisa diwariskan terus King diwariskan sampai 3 generasi Gaaan
Diubah oleh agrawijayagroup
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Quote:


Belum benar-benar finish kayaknya😁semoga aja kedepan Yamaha bisa memperbaiki
gw baru aja beli nmax baru
Diubah oleh MrBlueSky
Quote:


Gimana feelnya gan ?
Nmax 2020 generasi pertama buat percobaan dulu paling generasi kedua baru bener2 diberesin sama yamahmud


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di