CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Klarifikasi Kepala BPIP: Pemahaman Agama Yang Sempit Jadi Musuh Pancasila
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e44074b7414f50ef428c687/klarifikasi-kepala-bpip-pemahaman-agama-yang-sempit-jadi-musuh-pancasila

Klarifikasi Kepala BPIP: Pemahaman Agama Yang Sempit Jadi Musuh Pancasila

Klarifikasi Kepala BPIP: Pemahaman Agama Yang Sempit Jadi Musuh Pancasila

Jakarta – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Yudian Wahyudi mengklarifikasi pemberitaan yang menyebut dia mengatakan “agama adalah musuh Pancasila”. Menurutnya, telah terjadi kesalahpahaman dalam memaknai ucapannya karena bukan seperti itu yang dimaksud.

“Yang saya maksud adalah bahwa Pancasila sebagai konsensus tertinggi bangsa Indonesia harus kita jaga sebaik mungkin. Pancasila itu agamis karena ke-5 sila Pancasila dapat ditemukan dengan mudah dalam kitab suci ke enam agama yang diakui secara konstitusional oleh NKRI,” kata Yudian saat dikonfirmasi, Rabu (12/2/2020).

Ia menjelaskan, saat ini Pancasila sering dihadap-hadapkan dengan pandangan agama yang sempit oleh segelintir orang.

“Pancasila saat ini sering dihadap-hadapkan dengan agama oleh orang-orang tertentu yg memiliki pemahaman sempit dan ekstrim, padahal mereka itu minoritas (yang mengklaim mayoritas). Dalam konteks inilah, “agama” dapat menjadi musuh terbesar karena mayoritas, bahkan setiap orang, beragama, padahal Pancasila dan agama tidak bertentangan, bahkan saling mendukung,” ujarnya

Sebelumnya, Yudian Wahyudi kepada tim Blak-blakan detik.com, mengatakan ada kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingannya sendiri yang tidak selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

“Si minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan,” tutur Yudian dalam berita tersebut.


sumur
gue kasih berita klarifikasinya aja, kasian juga dia dibully banyak orang emoticon-Traveller
numpang update
ngakak


pucat ente ..
Yak mesti sempit, goblok emoticon-Leh Uga
profile-picture
nouah memberi reputasi
Agama yang mana? Agama kan banyak.
profile-picture
profile-picture
GreatCapture dan nouah memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
cmn 7 juta minoritas lah
Yudian Wahyudi dia seorang intelektual, Jokowi ngak salah pilih. Kosa katanya hanya bisa dipahami oleh sesama intelektual. Udah bagus Yudian ngomong gitu, faktanya memang gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
loeztsee dan 2 lainnya memberi reputasi
Musuh semua orang itu adalah yang suka musuhin semua hal, dari jionis, kapitalis, homo, cinak, kafir, ilmu pengetahuan, dll.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manbrotheking dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


yg gw penasaran... yudi latif napa ngundurin diri ya?
Quote:


Fokus ke keluarga, ngurus anak²nya, kan istrinya meninggal dalam kecelakaan sehabis ziarah kalau ngak salah


***

Heran gue ama kalian, komen² dikit aja dikuot, ada aja pertanyaan kalian, untung gue tau banyak hal
profile-picture
khayalan memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
Quote:


ebuseeet!!!

emoticon-Betty
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Quote:


Lho itu bener....., lha wong asal komen, cuman seuprit, dua kata, ada yg balasnya panjang banget...., serius amat...., ngamuk² heran gue, duh gusti salahku opo
Kalo menurut ane kata2 bapaknya gak salah sih. Agama jadi sila pertama kok di Pancasila, tapi oknum2 yg menganut itu kadang yg berlebihan alias terlalu fanatik.
Kelihatan yang ngamuk golongan mana.
Yah direvisi

Keliatan kemarin gobloknya
Buruan ngeles sebelum kena resapel emoticon-Leh Uga
Quote:


I know what you mean..


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di