CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
FORUM DISKUSI!!! Kenapa ijasah PAKET C selalu di pandang sebelah mata!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e440208a7276823b0320ae4/forum-diskusi-kenapa-ijasah-paket-c-selalu-di-pandang-sebelah-mata

FORUM DISKUSI!!! Kenapa ijasah PAKET C selalu di pandang sebelah mata!!

FORUM DISKUSI!!! Kenapa ijasah PAKET C selalu di pandang sebelah mata!!
Sumber gambar :kaltara.prokal.co


Nah agan sista ada lagi nih forum diskusi. Begini ceritanya, aku pernah bekerja di salah satu perusahaan, dan waktu itu aku mau pengajuan cuti ke bagian HRD. Nah waktu itu bagian HRD lagi screeening lamaran dari para kandidat nih. Trus ada tang waktu di buka masih 2 lembar ajah uda di taruh di bagian bawah ( gak lolos tahap interview ). Kepo donk aku tanya, "pak kenapa langsung di taruh bawah?" lalu bagian HRD menjawab " ijasahnya Paket C".

Nah nah nah ... ini kejadian sama suamiku yang notabene adaalah lulusan SMP doank. Dari awal pacaranpun dia sudah terbuka banyak hal. Trus dia bercerita dulu dia sempat sekolah SMK, namun ibunya melahirkan anak kembar. Jadilah dia yang semula 2 bersaudara, dia dan adiknya sekarang menjadi 4 saudara. Dia bilang kehidupan ekonomi pun semakin kacau karena biaya yang menumpuk numpuk. Akhirnya dengan berat hati dia mengalah dan berhenti sekolah. Padahal saat itu akan ada kenaikan ke kelas 3 SMK. Karena membantu meringankan biaya orang tuanya terpaksa ia putus sekolah. Dan harus bekerja di pasar untuk membantu biaya adik adiknya. Dan setelah menikah karena kami berniat masuk di perusahaan yang baik maka suamiku ikut sekolah penyetaraan PAKET C. 
(jangan menyalahkan orang tuanya ya, karena kalau tidak mampu mau di paksa bagaimana pun juga tidak akan bisa. FYI: bapaknya pegawai bengkel, ibunya ibu rumah tangga biasa)

Nah agan sista, banyaknya orang yang memandang sebelah mata masalah ijasah PAKET C ini, bukan berarti dia BODOH ya. bisa saja karena kurang biaya seperti halnya suamiku alami. Ada juga akrena yang pekerjaan orang tuanya pindah pindah menhgaruskan dia ikut kemanapun orangtuanya pergi. Jadi belum sempat bersekolah dengan baik sudah pindah lagi. Menurut kalian Ijasah paket c itu seperti apa?

Kenapa lulusan paket C selalu di pandang sebelah mata?? kenapa tidak di coba terlebih dahulu menanyakan alasannya pada saat interview kerja. Kita terbiasa suka menjudge orang dari luarnya saja. Padahal banyak hal yang tidak kita ketahui di balik semua alasan kenapa dia ikut Paket C. So agan sista beriakn opinimu di kolom komentar di bawah ini ya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkyarif23 dan 33 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 11
kebanyakan orang menganggap ijazah paket itu ijazah nya anak2 nakal dan pemalas, yg ga bisa mengikuti aturan2 dari sekolah formal (memang rata2 begitu sih)
dalam kasus TS yg pengecualian tapi ya itu imej buruk dah melekat di ijazah paket...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irmanblackcore dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pdhl temen" aku anak homeschooling yg akselerasi gituuu pada ikutan paket C, langsung minderrrr akutuuu emoticon-Frown emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post rianna.nai
Padahal akselerasi ya.. tu kan orng kudu merubah pandangan mereka kpd inazah paket c
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Balasan post superandik
Quote:


Betul gan kudu ad tokoh perubahan nih makanya ane bersuara lewat tulisan ini berharap orang mikir kedepann lagi
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


nah bener klo masalah ts beda kasusnya. Dan emg semua gak bisa dipukul rata ..
Tapi nih balik lagi, perusahaan ya perusahaan. Mereka ngefilter semua lamaran kerja yg masuk itu berdasarkan pencapaian yg dipunya pelamar. Jd ttep gabisa disalahin prshnnya, prshn mah gamau tau urusan keluarga (dlm artian kenapa ijazahnya paket c) dsb. Mereka ttep gamau ambil resiko dr berbagai alasan dan emg cari aman dg melihat pencapaian yg dilakukan. Mnrt ane sih gt gan emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post missterry92
@missterry92 pdhl homskuling rata" emg aksel kan ya krn kurikulum mreka pake kurikulum luar negeri... Tp ya utk menyetarakan kurikulum, kudu paket C, mreka malah yg downgrade kan... Lah kita sibuk nyinyirin yg paket C ._.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AkuDanKontoIku dan 2 lainnya memberi reputasi
karena artinya mereka tidak mengikuti sistem pendidikan yang sudah standar (walau standar pendidikan di indonesia masih kacrut), tapi setidaknya mereka yang lulus dengan cara "normal" setidaknya kemampuan akademiknya udah sesuai standar tadi
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ane juga lulusan paket C,tapi pengalaman ane ngelamar kerja dulu sih nggak pernah ada masalahh,aman-aman aja...
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kebetulan masuk ketemu tempat yang salah dan dilihat oleh orang yang salah aja kaya begitu sih.
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ah, itu mah hrd nya aja yang culun. gue juga pernah di hrd, dan paket c nggak masalah kok. Toh untuk pekerjaan yang mensyaratkan lulus sma termasuk paket c, lagian kan bisa keliatan di interview.

paling yang nggak masuk faktor umur, soalnya kerjaan yang minta lulusan sma lebih milih yang masih muda, beda kalo ada syarat pengalaman.

atau kalo kerjaan front liner, penampilan kadang jadi pertimbangan, makanya bikin pas foto jangan pada asal-asalan. bikin yang bagus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prasty.95 dan 2 lainnya memberi reputasi
karena dianggap paket C isinya orang orang males sekolah
padahal juga belum tentu
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sama, kenapa duit receh selalu dipandang kecil emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Ane salah satu yang mandang sebelah mata gan, karna ane bandelemoticon-Nohope hampir semua temen satu geng kena DO, dan akhirnya mereka pada ngambil paket C ada juga yang karna gak lulus nilai ujian, sekarang udah kerja, ada lagi yang mau ambil paket dengan alasan hanya ingin kuliah. lagian sistem pembelajarannya dulu sekitar tahun 2010an gak jelas, ada yang tau2 lulus, pake ada acara calo ujian. jadi yang masuk ujian tu bukan si siswanya tapi orang bayaran. kalo sekarang gak tau. Semoga lebih baik dan bisa merubah image tersebut.
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Balasan post siangpenat
ia sih perusahaan main aman. tapi kenapa gak di coba interview dulu gitu maksud ane
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
iya karna stereotip di masyarakat menganggap bahwa yang ikut kejar paket itu orang orang nakal, DO, dll padahal kan gak semua gitu juga
Emang harus diberi sosialisasi sih ke masyarakat biar ga ada diskriminasi juga buat orang yang ikut kejar paket
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nandaps dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post edelweis111
Quote:


Tapi sulitnya merubah paradigma masyarakat tentang hal ini. Uda terlanjur melekat image jelek soalnya.. sedihnya.. kurangnya wawasan dan terllau bnayak ornag kolot membuat indonesia jadi kaku akan hal baru.
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Jangan baper ya tapi Ijazah biasa aja gak dipandang, apalagi paket C? Lu nyari kerja ditanya apa? pengalaman berapa lama? keahlian? sedang ijazah? cuma buat isi formulir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nandaps dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Balasan post gigantae
Quote:


Bener gan cuma org2 kebnayakn ngejudge dlu. Karena di awal yg d lihat ijasahnya dlu. Bukna interview dulu
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Balasan post gigantae
Quote:


Bener gan cuma org2 kebnayakn ngejudge dlu. Karena di awal yg d lihat ijasahnya dlu. Bukna interview dulu
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di