CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Din Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan Amerika
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e43f074c8393a09644b6750/din-syamsuddin-isis-itu-bikinan-amerika

Din Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan Amerika

Din Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan Amerika

Jakarta - Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin meminta pemerintah memilah WNI eks ISIS soal polemik pemulangan. Din juga menyatakan ISIS merupakan buatan Amerika Serikat.
"Saya pertama tidak ingin men-generalisasi, tapi kalau yang disebut eks ISIS itu yang berada di luar negeri masih berstatus WNI, ini exceptional, mereka yang masih berstatus mungkin dari 600 itu ada yang tidak lagi berstatus WNI, ada yang sudah menanggalkan kewarganegaraannya, ada yang bahkan anti-Indonesia," kata Din di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020)

Jika masih berstatus WNI, Din mengatakan berdasarkan konstitusi merupakan tanggung jawab pemerintah untuk melindungi seluruh rakyat dan tanah tumpah negara Indonesia. "Itu tanggung jawab pemerintah, tapi tidak semua," ujarnya.

Din menurutkan para WNI itu bergabung dengan ISIS di luar negeri itu dengan berbagai motif mulai ekonomi, kerja, hingga dijanjikan gaji USD 250 per bulan. Meski begitu, Din sepakat bagi yang sudah tidak mau jadi WNI bahkan anti-NKRI tidak dipulangkan.

"Buat apa kemudian menjadi duri bahkan racun dalam kehidupan kebangsaan kita, tapi kan dipilah-pilah lah ya, dan itu banyak bukan cuman ISIS," tuturnya.

Din lalu menyinggung soal WNI yang berangkat ke luar negeri pada era tahun 1960-an untuk kepentingan studi. Namun, mereka tidak boleh pulang.

"Sekali lagi tolong dikaitkan banyak yang dulu juga pernah pergi di tahun 60-an nggak boleh pulang mereka tuh banyak sarjana-sarjana. Saya sering bertemu mereka di Belanda, di Jerman. Mereka ingin sekali pulang. Walaupun kemudian kewarganegaraannya paspornya karena sudah lama sekali menjadi masalah nah ini yang tidak, negara harus menunaikan tanggung jawabnya," tuturnya.

Soal anak-anak yang orang tuanya bergabung dengan ISIS, Din mengatakan anak-anak belum tahu apa-apa. Din lalu menyinggung soal ISIS buatan Amerika.

"Anak-anak itu kan nggak, dalam agama pun tidak berdosa, karena belum tahu apa-apa kan? Saya ingin anu saja, bukan karena saya pro ISIS, saya tahu ISIS itu bikinan Amerika dari dulu. Maka kita nggak pernah mendukung ISIS, saya tidak pernah mau mendukung," ujarnya.

Din menegaskan termasuk dalam 300 ulama dunia yang mengajukan surat kepada pimpinan ISIS Al-Baghdadi. Surat itu untuk mematahkan alasan keagamaan dalam aksi ISIS.

"Saya termasuk yang menandatangani surat 300 ulama dunia yang mengajukan surat terbuka kepada Al-Bhagdadi untuk mematahkan alasan mereka dari sudut keagamaan tapi enggak pernah mau dijawab. Saya tahu itu bukan urusan itu, jangan dicampur baurkan kemudian ada yang kembali, wah ini pendukung ISIS, nggak," paparnya.

Din kembali mengingatkan agar setiap kebijakan berdasarkan aturan. Dia menekankan Undang-Undang Dasar menyatakan melindungi seluruh rakyat merupakan tanggung jawab negara.

"Justru saya committed dengan Pancasila, dengan Undang-Undang Dasar 45 dan begitulah bunyi Undang-Undang Dasar kita, tanggung jawab negara melindungi seluruh rakyat selama mereka masih berstatus (WNI). Lihat sajalah katanya 600-an 700-an tentu ada yang sudah tidak mengaku atau nggak mau pulang, saya tidak tahu itu. Melakukan sesuatu harus ada hukumnya," pungkasnya.

https://m.detik.com/news/berita/d-48...pm_widget_news

Pokoknya.. semua organisasi dan kejadian d dunia ini bikinan amerika.. emoticon-Mad (S)

Yang lain cuma numpang.. emoticon-Malu (S)

Btw.. ikut ISIS d janjiin gaji $250 sebulan mau ??.. kan tolol.. emoticon-Malu (S)

Gaji buruh karawang cilegon yg kerjaannya cuma demo aja lebih dari $250 sebulan.. emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 23 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
Halaman 1 dari 8
wkwkwkwkwk...alibi orang2 dongo..
isis itu bukan islam, isis itu buatan mamarika, yahudi dll. kalo ada orang amerika berprestasi kebetulan agama islam. tau sendiri apa yg mereka bilang..
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Bentar2... Sarjana musuh politik yg lagi studi dan profesional di luar negeri disamakan sama teroris? Oemimpin Muhammadiyah gitu cara ngambil logikanya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kerupukaleng dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Bumi dan segala isinya adalah bikinan Amerika ...

Lalu China ngeduplikat bumi dan segala isinya ...

Maha Besar Amerika dan China ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suryar dan 19 lainnya memberi reputasi
Brarti bener Indonesia lepas tangan, tanggung jawab amerika emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 11 lainnya memberi reputasi
Ngemeng kek kadrun semi moderat emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
setelah kilapak yg dijanjikan gagal total
kini mamarika yg disalahkan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
mamarika hanya memanfaatkan jihad-jihad freaker ini emoticon-Ngakak
makanya mikir pake logika jangan pake iman biar nggak kena digoblok-goblokin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
semua bikinan amerika
yg jahat2 bikinan amerikaemoticon-Mad

bego luar biasaemoticon-Leh Uga
yg jihat2 meledukkan diri itu orang amerika?emoticon-Wakaka

nonton tv series Homeland gih
Din Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan Amerika

Din Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan Amerika
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MrJeffBezos
SOP basi bani onta dan kadrun

Din Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan Amerika
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 4 lainnya memberi reputasi
emoticon-Wakaka dah tau di peralat mamarika, masih berangkat juga, kan begok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
carlo ancelotti kontholemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Org kayak gini yg perlu dimusnahkan.

Suruh saja itu isis nginap di rumah nya. Biar tau akibatnya dia. Ntar istri anak ceweknya di perkosa malam2 baru tau rasa. Alasannya syariah harus buat anak untuk jihad.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 7 lainnya memberi reputasi
coba ngomong gitu ke bibib dan munarman, si pak din ini bakalan di sembur kopi panas

emoticon-Leh Ugaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
ya lalu knp ?
elu jg jd simpatisannya

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Katanya selain bumi dan matahari, sisanya buatan China,
Yg bener yg mana nih?
profile-picture
profile-picture
iwantan dan valkyr7 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
I rate this 9/11 alqaeda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 2 lainnya memberi reputasi
ente emangnya blm liat video anak2 kombatan manggul senjata ?

cewe yg belaga nangis aje ternyata kombatan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 3 lainnya memberi reputasi
subannalloh

Kalo Al qaeda, Boko Haram, Al Shabab, Taliban, JAD, Abu Sayyaf dll itu buatan mana ya akhi ?

Giliran kalah bilangnya buatan mamarika, klo menang buru2 angkat koper ke Suriah emoticon-Leh Uga

Din Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan AmerikaDin Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan AmerikaDin Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan AmerikaDin Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan AmerikaDin Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan AmerikaDin Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan AmerikaDin Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan AmerikaDin Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan Amerika
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MahoImperator
Lihat 1 balasan
Tetep.. debatable..
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
katanya bikinan amrik
kok malah ngotot bawa balik parasit
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan valkyr7 memberi reputasi
Diubah oleh ikyu828
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di