CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Disebut Jokowi sebagai Eks WNI, Mantan ISIS Kini Warga Negara Mana?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e43efacc820843f751e4c11/disebut-jokowi-sebagai-eks-wni-mantan-isis-kini-warga-negara-mana

Disebut Jokowi sebagai Eks WNI, Mantan ISIS Kini Warga Negara Mana?

Disebut Jokowi sebagai Eks WNI, Mantan ISIS Kini Warga Negara Mana?
Jakarta - Di tengah sikap tegas Indonesia menolak pemulangan WNI eks ISIS, isu status kewarganegaraan mantan kombatan kelompok teroris itu ikut dibahas. Yang paling baru, Presiden Jokowi menyebut mereka sebagai eks WNI, bukan eks ISIS.

"Pemerintah tidak memiliki rencana untuk memulangkan orang-orang yang ada di sana, ISIS eks WNI," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

Apakah eks WNI itu sudah punya kewarganegaraan baru setelah kewarganegaraan Indonesia mereka lepas? Belum ada kepastian lebih lanjut yang disampaikan Jokowi.

Bila merujuk pada undang-undang, ada aturan yang membuat kewarganegaraan seorang WNI hilang. Namun Indonesia tidak bisa membiarkan warga negaranya dalam keadaan tanpa kewarganegaraan alias stateless.

Keadaan tanpa kewarganegaraan (apatride) adalah kondisi yang dicegah oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) dalam situsnya menyampaikan Indonesia memang belum menjadi Negara Pihak dari Konvensi 1954 tentang Status Orang Tanpa Kewarganegaraan atau Konvensi 1961 tentang Pengurangan Keadaan tanpa Kewarganegaraan, namun UNHCR menilai Indonesia telah mencegah kondisi 'stateless' terjadi, yakni lewat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu, Judha Nugraha, menjelaskan perihal status para WNI di luar negeri, aturannya merujuk ke UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan itu. Pada UU itu, kondisi tanpa kewarganegaraan disebut sebagai apatride.

https://m.detik.com/news/berita/d-48...a-negara-mana?

Mending eks WNI yang terlibat ISIS minta suaka aja ke turki.

Pertama, ada kedekatan Ideologi sama kalian
Kedua, turki lagi butuh milisi buat perang suriah jilid 2
Ketiga, lu bisa menyegarkan hasrat lu balas kurdi, secara kurdi di turki (PKK) dianggap musuh sama pemimpin turki si esdegan.

Jangan coba2 masuk ke Irak atau suriah, gak bakal sisa kalau kesana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rocus777 dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
bundir saja kalau bingung mau kemana , kalau yakin jihad bundir masuk surga

emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rocus777 dan 8 lainnya memberi reputasi
warga negara akhirat aja gimanaa emoticon-Ngakaka
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Disebut Jokowi sebagai Eks WNI, Mantan ISIS Kini Warga Negara Mana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rocus777 dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
ya warga negara ISIS lah...
mrk kan jd tentara ISIS.
mau bikin negara ISIS..

masalah gagal ya itu resiko..

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 6 lainnya memberi reputasi
hidup mulia atau mati syahid emoticon-Imlek
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Quote:


warga negaranya ??
mrk sendiri aja udah keluar dari WNI emoticon-Mad
masak dipaksa suruh jd WNI lagi ??

profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 3 lainnya memberi reputasi
Request drop bom aja ama rusia atau syiria, biar tujuan mati syangit tercapai emoticon-Smilie
Lihat 1 balasan
"Jan gitu bos, nasip ana gimana aelah"

Disebut Jokowi sebagai Eks WNI, Mantan ISIS Kini Warga Negara Mana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
Warga syurga....emoticon-Toast
Balasan post entecavir
Quote:


kayak begini ya bre emoticon-Leh Uga

Disebut Jokowi sebagai Eks WNI, Mantan ISIS Kini Warga Negara Mana?
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
warga negara republik kadrun emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan MUF0REVER memberi reputasi
masukin ke batu akik saja biar jadi jimat
biar aje luntang lantung sampe jadi bangke emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Boljug sih usulan TS
tapi kalo gw lebih prefer mereka jadi warga akhirat saja biar keinginan mereka wik wik dengan mahkluk akhirat terkabul



emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan GreatCapture memberi reputasi
Resiko berani angkat senjata emoticon-Ngakak
Berani nembak, berani membunuh
Berarti berani ditembak dan dibunuh.
Yak sudah, sekarang ini proses dibunuh. Rasakan dosa loe ndiri emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan raafirastania26 memberi reputasi
mereka membuat situasi itu sendiri. kalau tetap diakui WNI pun melanggar hukum. paling memungkinkan kalau mereka ada di dalam negeri, disidang, dihukum, maka bisa jadi WNI lagi. sementara mereka ada di LN, jadi tanggung jawab pribadi.
profile-picture
viniest memberi reputasi
Kewarganegaraan nya sudah hilang

bata collector emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asrock.fatal1ty dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh PenebarTerror
Balasan post cskebo
Quote:


Biar pd mampus semua
di malaysia aja ada ratusan keturunan WNI tanpa kewarganegaraan dan bertahun2 bisa hidup kok.

Salah sendiri kartu indentitas dibakarinemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
rocus777 dan decodeca memberi reputasi


Stateless lah statusnya

Biarin aja


Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di