CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kepala BPIP Luruskan Pernyataan soal Hubungan Pancasila dan Agama
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e43cc5a2525c370a6441f82/kepala-bpip-luruskan-pernyataan-soal-hubungan-pancasila-dan-agama

Kepala BPIP Luruskan Pernyataan soal Hubungan Pancasila dan Agama

Kepala BPIP Luruskan Pernyataan soal Hubungan Pancasila dan Agama

Jakarta - Pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Profesor Yudian Wahyudi soal hubungan Pancasila dan agama menyulut kontroversi. Kini Yudian memberikan penjelasan bahwa dia tidak bermaksud mempertentangkan Pancasila dan agama.

"Yang saya maksud adalah bahwa Pancasila sebagai konsensus tertingi bangsa Indonesia harus kita jaga sebaik mungkin," kata Yudian kepada detikcom, Rabu (12/2/2020).


Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga ini menjelaskan Pancasila sendiri bersifat agamis. Nilai yang terkandung dalam tiap sila dengan mudah dapat ditemukan dalam kitab suci enam agama yang diakui Indonesia. Pancasila dan agama punya hubungan yang baik.
[
"Jadi hubungan antara Pancasila dan agama harus dikelola sebaik mungkin," kata Yudian.


Pernyataan Yudian kepada tim Blak-blakan detikcom menuai pro dan kontra, utamanya karena Yudian mengatakan musuh terbesar Pancasila adalah agama. Yudian meluruskan pernyataan ini. Maskudnya, musuh Pancasila adalah minoritas yang mengklaim dirinya sebagai mayoritas umat beragama.

"Namun, pada kenyataannya, Pancasila sering dihadap-hadapkan dengan agama oleh orang-orang tertentu yang memiliki pemahaman sempit dan ekstrem, padahal mereka itu minoritas (yang mengklaim mayoritas)," kata Yudian.

"Padahal Pancasila dan agama tidak bertentangan, bahkan saling mendukung," kata Yudian.


https://m.detik.com/news/berita/d-48..._beritaTerkait

........"Jadi hubungan antara Pancasila dan agama harus dikelola sebaik mungkin," kata Yudian........


.....Maskudnya, musuh Pancasila adalah minoritas yang mengklaim dirinya sebagai mayoritas umat beragama.....

Jadi sekarang pancasila bukan musuh agama lagi ya pak prof emoticon-Ngakak

Halaman 1 dari 2
Pancasila beragam AGAMA
tetapi agama yang terkadang memisahkan manusia dengan manusia
sudah diluruskan
Kepala BPIP Luruskan Pernyataan soal Hubungan Pancasila dan Agama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
combustor dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pancasila itu pemersatu dalam kebhinekaan, agama itu sebagai pedoman hidup
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
Balasan post ayic222
Betul..kalo tdk diluruskan pas ngaceng bs pegel2
Minoritas yang dimaksud yang suka mengatasnamakan umat? mewakili umat?? emoticon-Big Grin

suara paling nyaring, bawa-bawa umat. emoticon-Ngakak
profile-picture
entecavir memberi reputasi
Diubah oleh Jangan.maling
Quote:


Iya itu maksudnya "agama kadrun" musuh pancasila, cuma pak wahyudi gak tega/berani blakblakan emoticon-Big Grin
profile-picture
entecavir memberi reputasi
jadi gitu maksudnya
Bagi para radikalis
Jelas kok mereka adalah cerminan agama tertinggi
Dan mereka anti Pancasila, flashback 10tahun lalu
Diubah oleh xrm
Quote:


coba dikasih konterpen.. biar ngurangin pegelnya....
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
Quote:


gw yakin maksud si prof emang kaya yg diklarifikasi...

tapi.

prof.. sebelom ngomong.. coba dipikir bener mo ngomong paan!

udah tau banyak yg emang masuk kategori kelompok minoritas yg ngaku mayoritas pada demen nyari panggung koar..

mau prof keseleo lidah juga.. percuma! jadi buat masalaj kan?.

ganti dah ni orang! emoticon-shakehand
Diubah oleh khayalan
Yg gene jadi kepala eaaemoticon-Hammer2emoticon-Lempar Bata emoticon-Najis gimana kerjanya
Yen langsung tunjuk khilafuck kan ota dowo masalahe emoticon-Big Grin
bagaimana denN keadilan sosial bagi seluruh ummat beragama
ud kelar nih orang


kalo menurut nastaik, harusnya niru negara2 maju rakyatnya jadi atheis sekuler semua maka negara kita auto bakal jadi negara maju juga

kenyataan diperjuangin kan cuma hal2 sampah, macam lgbt, mabok2an, prostitusi, judi legal, pokoknya yg dilarang agama

coba nastaik suruh ngembangin IPTEK bikin karya ilmiah, mana bisa tuh otaknya, bisanya kan cuma lomba2 banyakin postingan ngebully kodran kodrun mulu

mau dibikin kayak apa kalo mentalitas rakyatnya kayak nastaik, tetap ancur negara ini

emoticon-Traveller
profile-picture
dmcarthur memberi reputasi
Kepala BPIP Luruskan Pernyataan soal Hubungan Pancasila dan AgamaKepala BPIP Luruskan Pernyataan soal Hubungan Pancasila dan Agama


Take Beer emoticon-Angkat Beer

Kepala BPIP Luruskan Pernyataan soal Hubungan Pancasila dan Agama

kalau tidak ada pengaruh paham2 intoleransi, radikalisme dan terorisme di islam, ya damai2 aja sih sebenarnya, ini kan karena pemerintah dan negara setelah reformasi aja yang membiarkan bibit2 kanker itu ada dan membesar, mungkin dulu dipikirnya bisa dipakai untuk senjata politik, dan sekarang mereka berusaha mengendalikan pemerintahan dan negara, susah kan untuk memberangusnya
minoritas yang mengklaim dirinya sebagai mayoritas maksudnya gerombolannya si anu itu ya? emoticon-Big Grin
Quote:


Khilafah !!! emoticon-Angkat Beer
Lihat 1 balasan
Balasan post Jangan.maling


Kenapa? ente nastaik ye?

Gw bilang dasar negara mau jadiin kayak apapun , mau pancasila, sekuler, khilafah sekalipun

Kalo mentalitas rakyatnya kayak nastaik, tetap aja negara hancur


emoticon-Traveller
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di