CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
"Ngeteng" Jakarta - Bandar Lampung Pakai Transportasi Umum ? SIAPA TAKUT !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e43bdb4337f937cb64260d3/quotngetengquot-jakarta---bandar-lampung-pakai-transportasi-umum--siapa-takut

"Ngeteng" Jakarta - Bandar Lampung Pakai Transportasi Umum ? SIAPA TAKUT !

Mau liburan ke Bandar Lampung dari Jakarta? tapi bingung cara yang seru?

Nih ane kasi tau jawabannya !

"Ngeteng" Jakarta - Bandar Lampung Pakai Transportasi Umum ? SIAPA TAKUT !

Selamat datang di thread pertama ane yang ngebahas soal berpergian. Karna tahun kemarin ane abis pulang ke Bandar Lampung. Iseng mau membagikan sedikit pengalaman ane. Bagi agan/sista semua yang baru pertama kali ingin pergi ke Bandar Lampung ataupun agan/sista yang kangen kampung halaman, bosen naik pesawat dan pengen ngerasain sensasi berpetualang serta hemat ongkos. Jangan lupa baca sampai habis ane akan jabarkan serta kasi tips dan tricknya.

Spoiler for Tips Penting:

Ane awali dari bangun pagi, sudah di siapkan seluruh barang dari tadi malam.

langsung pesan ojol menuju Stasiun Tanah Abang

(tarif ojol Rp 10.000 karna ane dapet voucher jadi cuman bayar Rp 3.000)
Spoiler for Dokumentasi:


Sesampainya di stasiun Tanah Abang langsung ane mencari rute Tanah Abang - Rangkas Bitung,biar gampang langsung tanyakan kepada petugas setempat karna ada di setiap sudut jadi lebih memudahkan kita walaupun orang awam sekalipun.

Untuk Keamanan sangat aman karna setiap gerbong ada penjaganya sama seperti KRL pada umumnya.

(tarif kereta sampai rangkas Rp 8.000 Flazz/KMT cash spertinya sudah tidak bisa)
Spoiler for Dokumentasi:



Tiba di stasiun Rangkas Bitung ane langsung membeli tiket KA Lokal dan di sini ane dapet space waktu untuk makan siang,ada beberapa penjual makanan di stasiun ini atau kita bisa keluar untuk membeli makanan. Kereta datang ane pun masuk, review kereta menurut ane tempat duduk terbilang sempit, dan ada di beberapa kali kesempatan laju kereta tidak cepat. Tiket nanti akan di cek oleh petugas, jadi jangan sampai hilang, atau biar aman kita foto saja untuk menunjukan bukti bila takut kehilangan. Kebetulan untuk sinyal hp ane pake simerahjadi masih aman untuk berselancar di dunia maya. Untuk keamanan KA Lokal menurut ane pribadi aman, karna tidak sesepi yang di bayangkan dan ada petugas yang berkeliling.

(tarif kereta lokal sampai merak Rp 3.000cash)
Spoiler for Dokumentasi:




Setelah beberapa waktu akhirnya tiba di stasiun Merak, stasiun ini sebenarnya satu tempat dengan pelabuhan Merak, bila agan/sista ingin menaiki kapal laut yang kelas biasa bisa langsung berjalan sekitar 5 menit menuju loket tiket. Tetapi kalau mau seperti ane harus jalan kira kira 10 menit ke pelabuhan eksekutif untuk membeli tiket.

bisa pakai ojol yang ga mau capek, atau jalan kaki saja. Review saat berjalan kaki ada di beberapa tempat langsung terkena terik matahari tapi masi aman menurut ane karna hanya sebentar, untuk keamanan pejalan kaki termasuk aman karna cukup ramai penjual makanan dan ada kantor polisi, hanya sedikit risih karna banyak yang menawari makanan. Saran dari ane langsung bertanya ke petugas yang berjaga agar tidak tersesat , karna banyak petugas yang berjaga jadi lebih mudah bertanya.

(tarif perorangan pelabuhan biasa Rp 25.000 cash / e-money,

pelabuhan eksekutif Dewasa Rp 50.000 , Anak Rp 34.000 E-Money only)
Spoiler for Dokumentasi:




Memasuki Pelabuhan Merak Eksekutif kesan pertama ane pelabuhannya masih baru serta bagus seperti bandara penerbangan dan ada AC di setiap tempat, keren lah pokoknya, didalamnya ada banyak toko toko seperti makanan, pakaian, oleh-oleh, ATM, dan lain lain. Saat menunggu pun tak akan terasa bosan. Pembelian tiket bisa langsung ke loket yang sudah tersedia di lantai 2 gedung, banyak petugas yang berjaga jadi jangan takut kebingungan karna mereka selalu siap membantu kita. Kelebihan lain bila menggunakan kapal eksekutif adalah kapalnya lebih bagus dari kapal biasa serta lebih cepat sampai, kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Kita juga tidak perlu membayar lagi kelas VIP dan lainnya selagi berada di kapal eksekutif.

Spoiler for Dokumentasi:

Spoiler for Dokumentasi:




Setelah berlabuh di Bandar Lampung, kita bisa langsung turun menuju tempat perhentian bus, bisa langsung menanyakan ke petugas yang berjaga, lagi lagi jangan khawatir tersesat karna ada banyak petugas yang berjaga, langsung di arahkan ketempat bus, tidak menunggu lama didalam bus langsung deh berangkat menuju Bandar Lampung, busnya ada AC dan juga bersih. Btw ini busnya menuju terminal Rajabasa ya agan/sis tapi bisa juga kok turun di tengah jalan yang penting searah dan juga bus ini jalurnya via tol jadi akan lebih cepat sampai serta nyaman di perjalanan.

(tarif bus Rp 25.000 - Rp 35.000)

Spoiler for Dokumentasi:




Spoiler for Total Pengeluaran Ane:


.

Sekian thread ane mengenai perjalanan menuju Bandar Lampung dari Kota Jakarta

semoga membantu agan/sista sekalian.

mohon maaf bila terdapat kesalahan atas thread ane. terima kasih.

Spoiler for Cheating:




Spoiler for Tips Terpenting dari yang Terpenting:



Sumber tulisan : Pengalaman Pribadi
Sumber gambar : @josawijaya
Diubah oleh Poqie
mana nih yang mau liburan? 😁😁
Kalo ane lebih sering naik bis primajasa,karna lgsung tujuan ke merak trus tinggal tidur emoticon-Ngakak
soalnya kalo kereta itu estimasi waktunya lebih lama, karna jadwal di commuter dari tn abang-rangkas itu selang waktunya agak lama dgn jadwal keberangkatan kereta ke merak, itu pun kalo dari tanah abang bisa duduk, emoticon-Ngakak
Lihat 2 balasan
Balasan post billyjoeandrez
Quote:


yups benar gan memang jadinya lebih lama ketimbang naik bus, tp naik bus juga selalu berenti tiap terminal kan ya gan?
Balasan post Poqie
Quote:


estimasi waktu bus itu sudah pasti termasuk hitungan waktu behentinya gan....
kalo jkt merak ga terlalu sih gan, untuk terminal hanya berhenti di terminal serang saja,...selebihnya hanya berhenti pinggir jalan buat ngambil penumpang saja spt di kebon jeruk sebelum tol atau di pintu tol cilegon...emoticon-Shakehand2
Quote:


Trima kasih infonya gan, ane pernah yg dari merak ke jkt gan, keliling terminal sna sni hahahaha
liburan yuk gannn emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
mana ni yg mau liburan? tunjuk tangannn


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di