CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
Alasan Kenapa Makanan Korea Selalu Berwarna Warni
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e43b97082d4957a1f53789e/alasan-kenapa-makanan-korea-selalu-berwarna-warni

Alasan Kenapa Makanan Korea Selalu Berwarna Warni

Alasan Kenapa Makanan Korea Selalu Berwarna Warni

Bahas tentang Korea, ada banyak sekali hal yang menarik dari negeri ini. Selain oppa - oppa-nya yang ganteng ganteng, boyband and girlband yang tersohor ke pelosok dunia, drama yang bikin baper parah, negerinya yang indah, ternyata makanannya juga tidak kalah menarik untuk diulas.

Agan dan Sista pada nyadar nggak sih kalau makanan Korea itu selalu mengedepankan tampilan yang berwarna? Ada merah, oranye, kuning, putih dan hijau. Ternyata ada maksud tersirat dari warna - warna tersebut lho!

Maksud tersirat tersebut masih berkaitan dengan filosofi keseimbangan.

Makan ya makan aja kali, ngapain pakai berfilosofi segala? Eiiits ... tunggu dulu, gan. Maksud dari filosofi keseimbangan di kuliner khas Korea ini adalah memadukan berbagai bahan berupa sayuran, buah, protein dan karbohidrat di setiap satu porsi makanan. Nggak heran kalau apa yang tersaji di atas piring selalu dihiasi dengan bahan - bahan beragam yang kompleks dengan warna - warni berbeda.

Selain membuat tampilan makanan menjadi lebih menggugah selera, ternyata sajian kuliner Korea juga mencampur perpaduan rasa asam, manis, pahit serta gurih ke dalam hidangan mereka. Rasa dan warna yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini contohnya:

Gimbab
Alasan Kenapa Makanan Korea Selalu Berwarna Warni

Twigim
Alasan Kenapa Makanan Korea Selalu Berwarna Warni

Dakkochi
Alasan Kenapa Makanan Korea Selalu Berwarna Warni

Sumber gambar 1, 2, 3 : disini


Benar - benar membuat mata ingin melirik dan lidah ingin mencobanya. Penyajian yang apik, terdiri dari beragam bahan makanan segar yang diolah dengan teknik yang kebanyakan dikukus, direbus dan menggunakan sedikit minyak tetap tidak membuat cita rasanya hilang karena orang Korea selalu punya pelengkap makan berupa saus kaya rasa.

Semua hidangan Korea seolah sudah dipikirkan matang - matang oleh pembuatnya mengenai keseimbangan gizi dan nutrisi yang ada di dalam kudapan mereka. Serat dari sayuran hijau, protein dari daging dan telur, mineral dari kuah kaldu ikan maupun daging, bahkan keseimbangan bakteri baik di usus pun terdukung dengan dijadikannya kimchi sebagai makanan yang wajib ada di setiap acara. Kimchi adalah makanan asli Korea yang berasal dari fermentasi sawi putih dengan cita rasa asam pedas. Proses fermentasi kimchi membantu memperlancar proses pencernaan kita dengan menyediakan suplai bakteri baik dalam rongga usus.

Agan dan Sista kepikiran sampai situ nggak? Makanya jangan heran jika di Korea angka kegemukan (obesitas) dan kekurangan gizi (malnutrisi) relatif rendah. Rahasianya ada pada makanan mereka yang mengedepankan keseimbangan unsur zat gizi di dalamnya.

Semoga bermanfaat gaes informasi ini! Jangan lupa difollow akun adnanami, komentar di bawah dan share sebanyak - banyaknya.

Sumber referensi tulisan :
1 , 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adnanami
Halaman 1 dari 3
lama gak ngetrit, tulisan g berasa kayak agak berantakan sekarang
profile-picture
profile-picture
Katakhoi dan riwidy memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
Katakhoi dan riwidy memberi reputasi
Quote:


Cakep bgt dah sist! Ane ngidam pengen makan kimchi wkwkwkw. Iya ya emng kayakd sehat gt liat orang korea makan makanan khas mrk. Ga skedar enak tapi sehat. Bravo.
profile-picture
Katakhoi memberi reputasi
kimchi merah putih ya, jajangmyong coklat, trs daging sapi korea merah, sama selada hijau. dan banyak lainnya. itu sih yg ane amati dr makan2an di drama korea. sedep.
profile-picture
Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Quote:


sayang sekali aku tdk bisa memasaknya wkwkwk
profile-picture
Katakhoi memberi reputasi
Ngiler saya lihatnya. Duhhh. 😍
Quote:


dilap dulu mbak emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
Katakhoi memberi reputasi
paling enak yang mana Nami?
Diubah oleh Richy211
Quote:


semua enak kalo pas makan ada yg nemenin wkwkwk
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Hahaa gak juga lah aku makan sendiri oke2 aja kalo gak kumpul sama tmen cewek
Quote:


makan sama org spesial maksudnya wkwkwk bukan temen cewek emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Hahaa sama org spesial misalnya kamu sama oppa @seojoon
Diubah oleh Richy211
Quote:


hahaha yaelah kamu getol sekali menjodoh jodohkan kita mbak emoticon-Ngakak (S)
oppa udah bilang gamau lhoh
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Deleted.
Diubah oleh Richy211
Dakkochi apaan ya? baru tau..
Tauku cuma jjajangmyeon, teokbokki tapi blm pernah makan emoticon-Hammer
Quote:


Bkn gak mau oppa belom bisa membuka open2 his heart. Mgkn suatu saat Nami emoticon-Ngakak
Quote:


Ahh.. Blm baca udah dihapus, curang emoticon-Marah
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Gak usah dibaca oppa bkn apa2 emoticon-Jempol. Yg punya lapak kemana ini
Quote:


Kan penasaran.. emoticon-Malu
Bobok siang mungkin mbak emoticon-Ngacir
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Hahhaa coba PM Nami oppa emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di