CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Materi Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Teknik, dan Peraturan Permainan Sepak Bola
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e43b2f1c820846d7377679c/materi-sepak-bola--pengertian-sejarah-teknik-dan-peraturan-permainan-sepak-bola

Materi Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Teknik, dan Peraturan Permainan Sepak Bola


Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola, umumnya bola yang digunakan terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim beranggotakan sebelas orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Tujuan permainan sepak bola yaitu untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan di lapangan terbuka berbentuk persegi panjang dan di atas rumput ataupun rumput sintetis.

Selain definisi sepak bola diatas, ada beberapa pendapat beberapa ahli mengenai pengertian sepak bola. https://www.pelajaran.co.id/ Berikut ini adalah beberapa pengertian sepak bola menurut para ahli.



Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Nurhasan (2001:46)

Menurut Nurhasan, Permainan sepak bola dilakukan dalam 2 (dua) babak, yang mana masing­-masing dari babak pada umumnya berlangsung selama 45 menit. Permainan sepakbola dipimpin oleh seorang wasit dengan dibantu oleh dua hakim garis. Para pemain menggunakan sepatu bola serta kostum yang berbeda dengan lawan mainnya, sedangkan untuk penjaga gawangnya harus mengenakan kostum khusus yang berbeda dengan para pemain lainya.

Muhyi Faruq (2008:17)

Menurut Muhyi Faruq, Permainan sepak bola ialah bentuk dari kegiatan fisik yang memberikan manfaat pada kebugaran tubuh dan mental serta sosial yakni prestasi. Pada kajian ini lebih menyoroti pada permainan dan olahraga sepak bola kaitannya dengan kebugaran tubuh. Permainan ini sendiri masuk dalam aktifitas gerak olahraga, karena bentuk aktifitas fisik yang terstruktur, terencanadan berkesinambungan dengan tujuan untuk kebugaran tubuh yang lebih baik.



Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sejarah sepak bola di Indonesia diawali dengan berdirinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta pada 19 April 1930 yang dipimpin oleh Soeratin Sosrosoegondo. Dalam kongres PSSI di Solo, organisasi tersebut mengalami perubahan nama menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Sejak saat itu, kegiatan sepak bola semakin sering digerakkan oleh PSSI dan makin banyak rakyat bermain di jalan atau alun-alun tempat Kompetisi I Perserikatan diadakan. Sebagai bentuk dukungan pada kebangkitan sepak bola kebangsaan, Paku Buwono X mendirikan stadion Sriwedari.

Sepeninggalan Soeratin Sosrosoegondo, prestasi tim nasional sepak bola Indonesia tidak terlalu memuaskan karena pembinaan tim nasional tidak diimbangi dengan pengembangan organisasi dan kompetisi. Pada era sebelum 1970-an, beberapa pemain Indonesia sempat bersaing dalam kompetisi internasional, seperti Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, dan Tan Liong Houw. Dalam perkembangannya, PSSI telah memperluas kompetisi sepak bola dalam negeri dengan menyelenggarakan Liga Super Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu, dan Divisi Dua untuk pemain non amatir, serta Divisi Tiga untuk pemain amatir. Selain itu, PSSI juga mengembangkan kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dalam kelompok umur tertentu seperti U-15, U-17, U-19,U21, dan U-23.

Aturan Permainan Sepak Bola

Posisi Pemain

Dalam satu tim sepak bola terdapat 1 orang penjaga gawang, 2-4 orang pemain bertahan, 2-5 orang pemain tengah, dan 1-3 orang penyerang. Dalam sebuah tim juga terdapat seotang kapten yang bertugas untuk memimpin dan mengoordinasi para pemain agar bermain secara tim di lapangan, biasanya kapten ditandai dengan armband.

Penjaga gawang (kiper) adalah satu-satunya pemain dalam tim sepak bola yang dapat memegang bola dengan tangan untuk menghadang bola yang berasal dari serangan lawan masuk ke gawang.
Pemain bertahan (back) adalah pemain yang bertugas menghalangi dan menutup pergerakan tim lawan.
Pemain tengah (gelandang/playmaker) adalah pemain yang bertugas mengatur tempo permainan dan menjadi penyokong peran bek dan striker dalam tim.
Pemain sayap (winger) adalah pemain yang bertugas di sisi kanan dan kiri lapangan.
Penyerang (striker) adalah pemain yang bertugas untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Lapangan Permainan

Ukuran lapangan sepak bola internasional untuk dewasa yaitu memiliki panjang sekitar 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Pada bagian tengah kedua ujung lapangan terdapat area gawang berbentuk persegi empat dengan lebar sekitar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter. Pada bagian depan gawang terdapat area penalti yang berjarak sekitar 16.5 meter dari gawang. Area tersebut adalah batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan penalti atau tidak.



profile-picture
Kup4s memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di