CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Kereta Setan jadi Julukan Mobil Pertama di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e43a80228c9912d8e6f1cde/kereta-setan-jadi-julukan-mobil-pertama-di-indonesia

Kereta Setan jadi Julukan Mobil Pertama di Indonesia


Mobil pertama di Indonesia adalah Benz Victoria Phaeton. Mobil ini digunakan sebagai kendaraan dinas Raja Kasunanan Surakarta Pakubuwono X. Mobil ini bisa dibilang sebagai kendaraan atau alat transportasi paling mewah kala itu. Karena mewah dan modern, mobil sempat dijuluki sebagai kereta setan.

Kereta Setan jadi Julukan Mobil Pertama di Indonesia

Pada zaman itu kendaraan yang paling populer adalah kendaraan yang ditarik kuda (mungkin kalau zaman sekarang low MPV kali ya...emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka). Nah, karena masyarakat saat itu taunya kereta di tarik kuda, terus ketika muncul kereta yang bisa jalan tanpa harus di tarik kuda, maka menurut mereka itu hal yang unik dan tak lazim. Karena itulah mereka menyebutnya sebagai kereta setan (karana jalan sendiri).

Mobil pertama di Indonesia ini masuk ke tanah air pada tahun 1894. Jadi dulu mobil ini dipesen ama Pakubuwono X dari Prottle & Co (kira – kira waktu itu cara mesennya gimana ya...?. Sebuah perusahaan yang lokasinya di Passer Besar, Surabaya. Mobil ini diimpor dari Eropa dengan harga 10.000 Gulden. Benz Victoria Phaeton mampu menghasilkan tenaga 5 dk dengan mesin satu silinder berkapasitas 3,0 liter.

Pada masanya mobil ini menjadi kendaraan mewah di pulau Jawa. Kendaraan raja ini memiliki atap kanopi bermotif garis – garis hijau kombinasi putih dan juga dilengkapi dengan tirai untuk ngelindungi penumpang dari cahaya matahari.

Ada kabar buruk terkait mobil ini GanSis, mobil super klasik ini sekarang tidak lagi di Indonesia, melainkan ada di Belanda. Tapi sekarang pemerintah lagi ngeusahain biar mobil ini kembali ke Indonesia.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhinyzfrn dan 2 lainnya memberi reputasi
Bannya anti bocor
Mantapemoticon-Recommended Seller
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Sayangnya ada dimusium negara belanda
bener-bener kayak kereta kuda. Kekayaan raja jaman dulu itu, emng luar biasa emoticon-excited
Post ini telah dihapus oleh KS06
3000 cc 4,8 HP? mantab, konsumsi BBM-nya berapa perliter?
wkwkwk kocak dah ah.. semoga bisa dikembalikan ke indonesia deh. dan di sini dirawat dengan baik.
jaman dulu orang pada heran canggih amat kereta kuda bisa jalan sendiri
Paling mahal pada zaman nya kalau sekarang beli Bugatti Chiron hanya seorang yg punya
Diubah oleh cahmlg123456
namanya tuh lho kok ya kereta setan.. ya wajar sih.. bentuknya aja jg mirip ama kereta² yg buat ngangkut org meninggal jaman dulu hehe
wah harus dipertahankan nii kendaraan jadul seperti inii sebagai warisan sejarahh
semoga makin maju nihh dunia perotomotifan di Indonesia


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di