CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
PENGGUNAAN MOBILE BANKING MENINGKAT DI NEGARA NEGARA BERKEMBANG
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e43a12468cc955329438a81/penggunaan-mobile-banking-meningkat-di-negara-negara-berkembang

PENGGUNAAN MOBILE BANKING MENINGKAT DI NEGARA NEGARA BERKEMBANG

Mobile banking atau istilah lokalnya betransaksi perbankan menggunakan media smartphone atau table sekarang ini menjadi semakin popular dipergunakan di negara negara dunia ke tiga atau negara berkembang. Karena di negara berkembang hampir seluruh penduduknya sudah punya rekening bank, berbeda dengan negara miskin yang hanya sedikit saja penduduknya yang bias mengakses perbankan.
Dengan mobie banking orang yang akan mengirimkan uang hanya dengan menuliskan jumlah jumlahnya saja kepada penerima melalui smartphone. Penerima hanya tidak memvalidasi nya ke partner pengiriman uang ataupun menariknya di bank dan mengambil uangnya.
Ada beberapa contoh penerapan mobile banking di negara ke-3, rumah sakit di Tanzania misalnya, mengirimkan uang ke seorang perempuan supaya dia dapat membayar tarif bus ke pihak rumah sakit. Di Afghanistan mereka membayar polisi mereka dengan mobile banking. Petani kopi di Afrika Selatan membayar pekerjanya hanya dengan menuliskan SMS.
Mobile banking akan semakin popular dan sering digunakan saat penduduknya sebagian besar sudah mempergunakan handphone atau smartphone, walaupun jumlah bank di negara tertentu tidak terlalu banyak. Pasar besar seperti America selatan dimana hanya 35% peduduknya punya rekening bank tapi 90% nya mempunyai handphone.
Banyak perusahaan / vendor hanphone sudaha bias dibilang  mengambil alih layanan perbankan negara negara berkembang. Dalam dua tahun terakhir penduduk di enam negara Afrika mendaftar di operator Orange milik Eropa. Di Kenya dan Tanzania, operator selular dari inggris mempunyai 20 juga pelanggan yang kerap mengirimkan uang kepada orang lain di luar negeri.
Di Pakistan, perusahaan selular dari Norwegia Telenor menawarkan layanan sudah mobile menawarkan layanan mobile banking sejak tahun 2008. Orang orang bias menarik uang di hampir 11.000 merchant di seluruh Pakistan. Di mana Pakistan sendiri hanya mempunyai 8000 bank. Pengiriman uang nya dibatasi  USD 120, dan Telenor mengambil 5% fee dari total transaksi.
Jumlah pengguna mobile banking di negara berkembang diharapkan bias meningkat dari tahun ke tahun. Dari yang tercatat 60 juta pengguna di tahun 2015.
Lebih dari 80% nya adalah pengguna dari America, Africa dan Asia.


Di dunia berkembang mobile banking tidaklah menjadi pilihan yang penting karena banyak pelanngan sudah memiliki rekening bank yang mana mereka juga dapat mengirimkan uang melalui internet banking tanpa handphone.
Dari tren internet tersebut, maka sepatutnya sebagaii pelaku bisnis memanfaatkan adanya teknologi atau pun fasilitas ini. Untuk mendukung bisnis , berjualan atau pun melakukan transaksi pembayaran.

Contoh penggunaaan internet akan sangat baik untuk mengembangkan peluang usaha kita masih masing masig. dalam artikel ini saya perkenalkan peluang usaha bisnis British Propolis. Berbentuk kemitraan disertai bimbingan oleh mentor mentor berpengalaman.


Penggunakan teknologi internet juga penting untuk sesorang baru memulai usaha, usaha yang baru memerlukan pengernalan produk yang intens dan cara yang paling efektif adalah dengan media internet. Karena dengan internet, jangkaun target nya tidak terbatas bahkan sampai ke luar  negeri.
Anda bisa memilih ingin jualan apa. Ingin jualan hijab bisa, ingin jualan sepatu bisa, berjualan tas bisa, jualan tiket kereta api juga bisa. Mau jualan kamar hotel juga bisa. Banyak banget pilihan product yang bisa anda jual secara online.
Aplikasi berdasarkan internet dapat memberi keunggulan strategi bisnis untuk memenangkan kompetisi dalam:
a. Global Dissemination. Karena sekarang negara-negara sudah tersambung dengan internet, komunikasi global dalam bisnis menjadi benar-benar hidup. E-mail, electronic mailing list, situs World Wide Web, dan pelayanan internet lainnya, mengakibatkan penyebaran informasi sekala internasional menjadi lebih cepat, murah dan mudah. Hal ini memberi keuntungan strategi bisnis dalam meningkatkan penghematan dan efisiensi komunikasi global, dan mampu untuk menjangkau, menjual, serta pengembangan pelayanan pasar konsumen internasional.
b. Interaction. Komunikasi interaktif adalah kemampuan internet yang lain, seperti: forum diskusi dan chat groups; Formulir interaktif untuk pesanan, feedback, dan dukungan teknis; E-mail untuk menjawab permintaan dan komentar secara on-line. Feedback yang cepat dan efisien kepada konsumen dan tanggapan dari konsumen support specialists memberi beberapa kesempatan untuk menunjukkan perhatian perusahaan pada konsumennya. Sehingga teknologi internet membantu bisnis membangun peranan dan loyalitas konsumen.
c. Customization. Kemampuan untuk mengotomatisasi penyediaan informasi dan pelayanan sesuai kebutuhan masing-masing konsumen, merupakan kemampuan strategi bisnis internet. Informasi dapat diakses dan disebarkan dari server jaringan, tergantung pada kebutuhan pemakainya. Sebagai contoh: mengisi formulir pendaftaran untuk pengaksesan yang cepat dalam memilih tingkat situs Web. Efisiensi, biaya murah, dan sasaran pemasaran interaktif kepada masing-masing konsumen adalah kunci keunggulan bisnis dengan teknologi internet.
d. Collaboration. Internet mungkin memudahkan dan mengefisienkan akses data, hardware dan software yang ada pada jaringan secara bersama. Sebagai contoh: informasi pada situs Web dapat diperoleh dengan mudah menggunakan Web browsers. Groupware tools yang lain membantu koordinasi proyek dan mengurus informasi yang disimpan pada server situs Web cross-link. Hal ini dapat meningkatkan kerja sama diantara tim, workgroups, dan rekan bisnis, sehingga dapat melengkapi peran strategi bisnis perusahaan.
e. Electronic Commerce. Internet menjadi platform teknologi EC. Internet menghubungkan perusahaan dengan konsumen dan penjualnya, sehingga memungkinkan perusahaan pengguna internet dapat memasarkan, membeli, menjual, serta mendukung produk dan pelayanan secara elektronik. Beberapa keuntungan berbisnis lewat internet terletak pada aplikasi EC. EC memungkinkan untuk membuka pasar dan/atau membuat produk dan pelayanan baru.
f. Integration. Perusahaan yang bekerja menggunakan internet mengintegrasikan aktivitas di luar dengan proses bisnis di dalam perusahaan secara online. Sebagai contoh: situs Web perusahaan tersambung dengan database operasional yang tersimpan pada Server Web Intranet, sehingga pengunjung situs Web perusahaan.

Untuk beberapa perusahaan, keuntungan yang diperoleh dari internet ditimbulkan dari kemampuan menjaga loyalitas konsumen, mengantisipasi kebutuhan konsumen mendatang, menanggapi kepedulian konsumen, dan memperbaiki pelayanan konsumen. Dari sudut pandang konsumen, perusahaan secara konsisten dapat memberikan yang terbaik, dengan menjaga kebutuhan masing-masing konsumen, mempertahankan kecenderungan pasar, menyediakan informasi yang ada hubungannya secara menarik, sewaktu-waktu, dimana saja dalam beberapa media, dan menyediakan pelayanan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal tersebut di atas menunjukkan alasan kenapa begitu banyak perusahaan berinvestasi pada teknologi informasi cukup tinggi dan sistem komplek yang saling tersambung dengan jaringan komputer, mengingat perusahaan sedang mencari konsumennya lewat internet. Karena kebutuhan konsumen berkembang sangat cepat, perusahaan berharap dapat berkomunikasi dengan konsumennya lewat internet. Sehingga internet menjadi strategi dan memberi kesempatan kepada perusahaan besar dan kecil untuk menawarkan secara cepat dengan biaya murah, menanggapi produk dan pelayanan dengan kualitas tinggi sesuai dengan kebutuhan konsumen. Internet membuat channel baru untuk komunikasi interaktif antara kosumen, penjual, dan rekan bisnis lainnya. Hal ini memungkinkan perusahaan berinteraksi dan bekerja sama secara terus menerus dalam pengembangan produk, pemasaran, pengiriman, pelayanan, dan dukungan Teknik.
Pada abad internet, EC atau electronic commerce bukan hanya sekedar digunakan untuk membeli dan menjual produk secara Online. EC mengubah proses pengembangan, pemasaran interaktif, penjualan, pemesanan, pengiriman, pelayanan, dan pembayaran produk dan jasa yang dibeli lewat internet secara on-line, juga komunikasi global konsumen secara virtual, menunjang jaringan rekan bisnis sedunia. Sistem EC bertumpu pada resources internet dan jaringan komputer lain untuk menunjang setiap langkah dalam proses tersebut di atas.





GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di