CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kepala BPIP: Agama Musuh Terbesar Pancasila
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e439d045cf6c4568d7e157f/kepala-bpip-agama-musuh-terbesar-pancasila

Kepala BPIP: Agama Musuh Terbesar Pancasila

Jakarta - Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara telah diterima oleh mayoritas masyarakat, seperti tercermin dari dukungan dua ormas Islam terbesar, NU dan Muhammadiyah sejak era 1980-an. Tapi memasuki era reformasi asas-asas organisasi termasuk partai politik boleh memilih selain Pancasila, seperti Islam. Hal ini sebagai ekspresi pembalasan terhadap Orde Baru yang dianggap semena-mena.

"Dari situlah sebenarnya Pancasila sudah dibunuh secara administratif," kata Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi kepada tim Blak-blakan detik.com.

Belakangan juga ada kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingannya sendiri yang tidak selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka antara lain membuat Ijtima Ulama untuk menentukan calon wakil presiden. Ketika manuvernya kemudian tak seperti yang diharapkan, bahkan cenderung dinafikan oleh politisi yang disokongnya mereka pun kecewa.

"Si Minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan," papar Yudian yang masih merangkap sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Jogjakarta.

Sebagai kelompok mayoritas yang sebenarnya, ia melanjutkan, NU dan Muhammadiyah mendukung Pancasila. Kedua ormas ini tak pernah memaksakan kehendak.

Konsep Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara yang majemuk seperti Indonesia, Yudian melanjutkan, merupakan anugerah terbesar dari Tuhan. Dari sisi sumber dan tujuan, Pancasila itu relijius karena kelima sila yang terkandung di dalamnya dapat ditemukan dengan mudah di dalam kitab suci ke enam agama yang diakui secara konstitusional di republik ini.

"Tapi untuk mewujudkannya kita butuh sekularitas bukan sekularisme. Artinya soal bagaimana aturan mainnya kita sendiri yang harus menentukannya," kata Yudian.

Ia pribadi mengaku menerima amanah sebagai Kepala BPIP menggantikan Yudi Latief yang mengundurkan diri pada Juni 2018, sebagai bentuk jihad dalam upaya mempertahankan NKRI.

Lantas, apa saja yang akan dilakukan BPIP dalam membumikan nilai-nilai Pancasila khususnya bagi generasi milenilai? Simak selengkapnya dalam Blak-blakan bersama Prof Yudian Wahyudi, "Jihad Pertahankan NKRI" di detik.com, Rabu (12/2/2020).

https://m.detik.com/news/berita/d-48...esar-pancasila

ini professor abal abal ini, Agama tidak salah kok, yang salah adalah salah satu agama emoticon-Big Grin

Agama tidak salah, jangan anti agama, Amerika saja yang katanya negara ateis dalam kesempatan apapun di forum resmi, Presiden Amerika selalu mengatakan di awal dan di akhir pertemuan: "May God Bless America" yg artinya Semoga Tuhan memberkati negara kita (Amerika). Pelantikan presiden aja pakai Alkitab. Ada sekolah minggu di gedung putih.

apa ga malu tuh? Amerika negara paling maju saja tidak anti agama. Kok Indonesia negara berkembang tidak suka agama emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
narukustation dan diamondchest memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
sudah sesuai dengan arahan ketua dewan pengarah

Kepala BPIP: Agama Musuh Terbesar Pancasila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panastaktobat dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sekuler liberal emoticon-fuck
Padahal founding father yg udah bikin pancasila itu menempatkan ketuhanan di sila pertama.
Pembukaan UUD 45 bilang. ".atas rahmat Allah yg maha kuasa..."

Lalu ada profesor 70 tahun kemudian yg bilang agama adalah musuh pancasila??

profile-picture
profile-picture
azirma.ayrus dan uppil176 memberi reputasi
lha ini trit apa emoticon-Ngakak pas banged monyong, ini yg gw maksud dipostingan sebelah emoticon-Leh Uga
telanjur bebas yak, seneng nya bukan maen. klo bisa bikin aturan ndiri, bikin negara ndiri. ngapain ikud ke presidenan bung karno - jokowi, toh ada yang lebih bisa senang dan bergembira sesuai cita2 kelompok.


emoticon-Leh Uga kampret
Diubah oleh mibmobz
komunis sepertinya ketua BPIPemoticon-Traveller
untung yg ngomong kepala bpip
Balasan post herberthus
Quote:


hmm kalau berdasarkan fakta fakta dilapangan ya ada benarnya juga c ibu Mega ini, kenapa ya kok bisa begitu?
profile-picture
bajier memberi reputasi
kebiasaan baca judulnya doank ga liat isinya ya begitu...

padahal yang di ungkapkan tidak seperti yang di maksud.

BEGO aja sekelas kepala BPIP yang secara jelas beragama islam ngomong seperti judul, pasti ada " ".
Bodo amat lah yg ngomong jg dosen UIN emoticon-Big Grin

yg jelas kalo mabok agama bikin goblok, selamanya stagnan jd negara berkembang

emoticon-Leh Ugaemoticon-Ngakak
Yg salah itu 7jt onta idiot.
Tidak beragama tidak sama dengan tidak ber tuhan....

Agnostik bukan atheis...

Itu dulu sih poinnya...
Ijazah nembak
subannalloh, Al wala wal bara ya akhi emoticon-Nyepi
awas ada kadrun yang kejet kejet ya akhi.
Memang agama itu musuh Pancasila, khususnya yang nabinya sampe luka&beristirahat di gua uhud itu.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di