CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tips Luput dari Jerat Candu Narkotika
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e437dba88b3cb6b7766c3ef/tips-luput-dari-jerat-candu-narkotika

Tips Luput dari Jerat Candu Narkotika

Tips Luput dari Jerat Candu Narkotika
Sumber Foto : Daily Beast

Halo GanSis...emoticon-Haiemoticon-Hai
Tidak berhenti-berhentinya kasus narkoba selalu saja menghinggap pada masyarakat Indonesia. Dapat di kabarkan sudah ada beberapa artis yang mulai terkena dampak dari narkoba ini salah satunya adalah aktor muda yaitu jefry nichol, komedian nunung, dan yang terbaru juga kabarkan bahwa ternyata selebriti Lucinta Luna telah dalam proses penanganan polisi atas kasus terkait penggunaan narkotika jenis ekstasi ini.

Kita tidak tahu siapa saja dan apa saja hal yang terjadi sampai para selebritas ini menggunakan narkoba. Maka dari itu dalam thread kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang orang-orang yang mengkonsumsi narkotika tersebut, yang dilansir oleh CNNIndonesia.com :

Ni Made Diah Ayu Anggreni sebagai seorang psikologi klinis mengatakan bahwa agar tidak terjerat candunya narkoba, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.
Beliau menjelaskan bahwa narkoba merupakan zat yang memiliki dampak yang bisa mengubah perasaan, pikiran, dan perilaku bagi orang yang mengkonsumsinya. Narkoba juga bersifat stimulan yang dapat meningkatakan kegiatan pada sistem saraf pusat, mempercepat proses mental, juga membuat lebih awas dan bersemangat. Namun dampak-dampak ini hanya bersifat jangka pendek saja, sementara jangka panjang nya akan sangat membahayakan dan merusak tubuh bahkan dapat mengakhibatkan kematian. Dampak jangka panjang inilah yang tidak sering pengkonsumsi narkoba pikirkan.

Beliau menjelaskan beberapa kelompok yang mempunyai risiko yang tinggi untuk menjadi pengguna narkoba adalah seperti berikut :

1.      Individu yang mempunyai konsep diri yang rendah, seperti merasa kecewa, terlalu berani mengambil risiko, dan merokok sejak dini.

2.      Mereka yang berasal dari keluarga yang berisiko tingi, seperti keluarga dengan komunikasi yang kurang efektif, pola asuh yang terlalu otoriter, dan orang tua yang menggunakan sendiri.

3.      Orang yang berada dalam lingkungan yang berisiko, karena lingkungannya yang juga mengkonsumsi sehingga tidak mampu untuk meregulasi diri dan mengenal batasan-batasan diri, tidak mengetahui alternatif lain dalam menyelesaikan masalah, dan tidak mengerti bagaimana cara untuk mengendalikan emosi.

Maka dari itu beliau juga menyarankan beberapa hal agar tidak terjerat dengan candu narkotika ini.

Ketika Anda merasa stress, atau sedang mengalami masalah, atau sedang penat dengan aktivitas, segera lah untuk mencari kegiatan yang lebih bermanfaat seperti melakukan suatu obi atau kegiatan yang positif dimana ketika melakukan kegiatan tersebut kita bisa merasa senang dan bersemangat kembali.

Beberapa hal yang positif yang bisa di lakukan adalah seperti berkumpul dengan keluarga dan teman yang memiliki energi yang positif, bisa juga meluangkan waktu untuk melakukan “me time” seperti melakukan perjalanan ke tempat yang ingin di kunjungi seperti tempat wisata atau mall entah itu sendiri ataupun bersama teman, melakukan ibadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan juga bisa menjadi jalan agar tidak terjerat hal tersebut.

Seseorang juga harus bisa melihat lingkunga sekitarnya, apakah teman-teman di sekeliling memberikan dampak yang positif atau tidak. Jika lingkungan tersebut negatif, bisa saja semakin meningkatkan risiko terjerat narkoba, jika kita berada dalam lingkungkan tersebut segera untuk membuat batasan-batasan diri terhadap lingkungan tersebut.

Beliau juga menyarankan agar kita harus mengetahui diri kita sendiri dengan mengenal diri kita lebih lanjut, aktif dalam mencari alternatif bantuan yang positif, bersikap baik saat menghadapi suatu masalah. Jika memang sudah merasa tidak mampu, jangan lah untuk takut mencari bantuan yang profesional. Jangan sampai Anda mendendam nya terlalu lama

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share thread ini ke teman-teman, kerabat, dan keluarga GanSis yang sudah baca ini, agar menjadi informasi dan pengetahuan untuk kita semua, Jangan lupa untuk mengisi komen di bawahTerimaksih mengklik thread ini, dan sampai jumpa pada thread-thread selanjtnya.

gpp gan, mayan mengurangi populasi emoticon-Shutup
Quote:


Setuju gan emoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di