CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
Keren! Kertas Tradisional Ini Penghasil Berbagai Kerajinan Khas Korea!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4379f0dbf76426b53077a5/keren-kertas-tradisional-ini-penghasil-berbagai-kerajinan-khas-korea

Keren! Kertas Tradisional Ini Penghasil Berbagai Kerajinan Khas Korea!

Keren! Kertas Tradisional Ini Penghasil Berbagai Kerajinan Khas Korea!


Setiap negara pasti memiliki sesuatu yang patut dibanggakan dan diperkenalkan pada dunia. Salah satunya adalah Korea Selatan. Negeri yang beribukota di Seoul ini merupakan salah satu negara di Asia Timur yang terletak di antara Tiongkok dan Jepang. Berbagai macam tempat wisata menarik, drama dan aktor maupun artis yang membuat para kaum Hawa berdecak kagum, jenis kuliner yang menggugah selera, tempat bersejarah, dan masih banyak lagi poin-poin unik dan menarik, memang pantas menjadikan negeri Ginseng ini dikenal dunia.

Salah satu dari sekian banyak ikon yang menarik dari Korea menurut ane adalah hasil kerajian berbahan dasar kertas Korea atau yang lebih dikenal dengan sebutan hanji.

Menurut catatan sejarah yang ada, kertas ditemukan oleh Tsai Lun pada taun 105 Masehi pada masa Dinasti Han. Sejarah Jepang menyebutkan bahwa salah satu biksu yang berasal dari Baekje, membawa serta kertas, tinta, dan batu tinta pada tahun 605 ke Korea. Pada abad 11 dan 12, teknik membuat kertas di Korea telah berkembang pesat. Salah satunya adalah hanji.

Keren! Kertas Tradisional Ini Penghasil Berbagai Kerajinan Khas Korea!
di sini


Hanji atau kertas korea ini merupakan kertas tradisional Korea yang memiliki manfaat yang besar bagi penduduk lokal dari lahir sampai meninggal. Mengingat suhu di sana sangat ekstrim jika memasuki musim dingin, pada zaman dulu hingga sekarang, kertas ini digunakan untuk melapisi lantai, pintu, dan jendela. Hal ini dimaksudkan supaya kehangatan dalam ruangan tetap hangat. Ini bisa digunakan sampai seribu tahun, lho, GanSis.

Keren! Kertas Tradisional Ini Penghasil Berbagai Kerajinan Khas Korea!


Selain itu, kertas korea ini juga memiliki permukaan lembut, sehingga untuk keperluan kantor pemerintahan, bahan dasar tradisional ini digunakan sebagai kertas untuk buku. Tangan-tangan terampil dan kreatif warganya pun mampu menghasilkan kerajinan seperti boneka, kipas, sepatu, payung, cermin, akesoris wanita, dan bingkai foto dari bahan dasar kertas tradisional ini. Wow! Sangat menginspirasi dan produktif sekali.

Keren! Kertas Tradisional Ini Penghasil Berbagai Kerajinan Khas Korea!

Keren! Kertas Tradisional Ini Penghasil Berbagai Kerajinan Khas Korea!


Toko-toko khusus menjual aneka kerajinan di atas juga tersebar di Korea Selatan. Jadi apabila Agan dan Sista berkunjung ke Korea, tidak perlu susah payah untuk mendapatkan cinderamata khususnya yang terbuat dari hanji.

Keren! Kertas Tradisional Ini Penghasil Berbagai Kerajinan Khas Korea!


Barang-barang seperti yang ane sebutkan di atas, bisa jadi koleksi juga, loh, GanSis. Kalo ane pribadi lebih tertarik mengoleksi aksesorisnya, seperti sepatu, kipas, baju-baju, dan payung. Selain sebagai barang koleksi pribadi, bisa juga kita membelinya dalam jumlah banyak lalu jadi ladang bisnis, yaitu dijual kembali di Indonesia. Sepertinya akan banyak peminat mengingat barang tersebut termasuk unik dan berasal dari negeri yang terkenal akan keanekargaman kerajinannya. Di Indonesia juga sudah banyak tersebar outlet-outlet khusus yang menjual barang kerajinan khas Korea yang berbahan dasar kertas tradisional ini, loh, GanSis.

Atau sebagai alternatif lain, bisa juga kita membeli bahan mentahnya saja, yaitu kertas hanji tersebut. Menurut ane, ini bisa jadi ladang bisnis yang akan sangat berkembang mengingat warga Indonesia juga tidak kalah kreatif dari negeri Ginseng. Jadi, bagi yang mau mengoleksi barang unik bernuansa Korea, tidak perlu jauh-jauh pergi ke sana.

Itulah salah satu hal menarik dari Korea menurut kacamata ane.
Mungkin dari Agan dan Sista ada yang berpendapat lain, silakan berbagi di kolom komentar. Buat yang sudah mampir dan membaca tulisan ini, jangan lupa kasih cendol dan rate, ya. Terima kasih dan selamat siang.


Penulis : @anna1812
Referensi dan sumber gambar : opini pribadi plus di sini dan di sini


❤❤❤
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anna1812
Halaman 1 dari 3
Pejwan
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Keren
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan 2 lainnya memberi reputasi
Ayuk beli😂
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
keren udah buat lagi moga lolos
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Jauhhh belinya sist
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
kayak sejenis wallpaper dinding gitu yah 🤔
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan anna1812 memberi reputasi
keren mbakyu😍
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan anna1812 memberi reputasi
ana nang Indonesia pora ya
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan anna1812 memberi reputasi
Quote:


Keren dan kreatif
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan anna1812 memberi reputasi
Quote:


Maaauuuu..
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan anna1812 memberi reputasi
Keren banget, kreatif pula..
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan anna1812 memberi reputasi
Ane lihat kertas kok kayak lihat roti tawar ya😆
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan anna1812 memberi reputasi
Quote:


Lapeer kan jadinya
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan anna1812 memberi reputasi
Balasan post anna1812
Quote:


Kreatif2 juga..
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan anna1812 memberi reputasi
Quote:


Aamiin. Makasih, Bund. Punya bunda juga lolos ya.


Quote:


Naik pesawat donk, Gan.emoticon-Leh Ugaemoticon-Ngakak


Quote:


Kayaknya bukan, deh. Jadi mirip kanvas kalo ane bilang sih, Sis.


Quote:


Suwun, Mak.


Quote:


Akeh kayane nang toko2 khusus crnderamata Korea.
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan ajang.dee memberi reputasi
Quote:


Iya. Bisa go dijual lagi.


Quote:


Ayook😅


Quote:


Iya, Sis. Kalo di Indonesia bikin kek gitu, mungkin laris banget ya.


Quote:


Wkwkw. Tinggal nambahin selainya, ya.😂


Quote:


Laper maian, Ka. Tapi jangan makan hanjiemoticon-Ngakak


Quote:


Iya, Mi. Ente bisa bikin kerajinan kek gitu kaga, Mi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indahmami dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Makin keren aja thread ana
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Quote:


Tuku apa ya, engko dipasang nang umah ben seolah olah lg Nang Korea
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Balasan post anna1812
Quote:


Kagak bisa.
emoticon-Mewek


Aku cuma bisa beli ajah..
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Gembok
emoticon-Cool
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di