CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
11 Manfaat Kesehatan Chia Seeds
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e43791782d4955d954b65e9/11-manfaat-kesehatan-chia-seeds

11 Manfaat Kesehatan Chia Seeds

Seperti yang kamu tau, bahwasannya Chia Seeds merupakan salah satu makanan tersehat di planet ini. Chia Seeds sarat dengan nutrisi yang dapat memiliki manfaat penting bagi tubuh dan otak kita.

Nah, berikut ini adalah 11 manfaat kesehatan dari Chia Seeds, yang didukung oleh ilmu pengetahuan. Berikut pemaparannya :

1. Chia Seeds Menghasilkan Nutrisi dalam Jumlah Besar dengan Kalori Sangat Sedikit


Chia Seeds merupaka biji hitam kecil dari tanaman Salvia hispanica, yang terkait dengan mint.

Chia Seeds merupakan makanan penting bagi suku Aztec dan Maya pada masa itu lho.

Nah, mereka juga menghargai Chia Seeds karena kemampuan Chia Seeds untuk menyediakan energi berkelanjutan. Sebenarnya, "Chia" merupakan kata dari Maya kuno yang berarti "kekuatan."

Walaupun sejarah kuno Chia Seeds sebagai makanan pokok, Chia Seeds menjadi diakui sebagai makanan super modern baru-baru ini lho.

Dalam beberapa tahun terakhir, Chia Seeds telah meledak dalam popularitas dan sekarang dikonsumsi oleh orang-orang yang sadar kesehatan di seluruh dunia.

Jangan terkecoh dengan ukurannya, biji-biji kecil ini memiliki nutrisi yang kuat lhoo..

Satu porsi (28 gram) Chia Seeds mengandung (1):

Serat : 11 gram.
Protein : 4 gram.
Lemak : 9 gram (5 di antaranya yakni omega-3).
Kalsium : 18% dari RDI.
Mangan : 30% dari RDI.
Magnesium : 30% dari RDI.
Fosfor : 27% dari RDI.
Chia Seeds juga mengandung sejumlah seng, vitamin B3 (niasin), kalium, vitamin B1 (tiamin) dan vitamin B2.


Ini sangat luar biasa ya! Mengingat ini hanya satu ons, sama dengan 28 gram atau sekitar dua sendok makan. Jumlah kecil ini hanya memasok 137 kalori dan satu gram karbohidrat yang mudah dicerna lho!

Menariknya, apabila kamu mengurangi serat, yang sebagian besar tidak berakhir sebagai kalori yang dapat digunakan untuk tubuh kamu, Chia Seeds hanya mengandung 101 kalori per ons (28 gram).

Ini menjadikan Chia Seeds salah satu sumber makanan terbaik dunia dari beberapa nutrisi penting, kalori untuk kalori.

Sebagai tambahan, Chia Seeds merupakan makanan gandum utuh, biasanya ditanam secara organik. Plus, mereka non-GMO dan secara alami bebas glute ya!

 RINGKASAN
Meskipun ukurannya kecil, Chia Seeds adalah salah satu makanan paling bergizi di planet ini. Jadi, Chia Seeds sarat dengan serat, protein, asam lemak omega-3 dan berbagai mikronutrien.



2. Chia Seeds Sarat dengan Antioksidan


Daerah lain di mana Chia Seeds bersinar adalah kandungan antioksidannya yang tinggi (23).

Antioksidan ini melindungi lemak sensitif dalam biji supaya tidak tengik (4).

Walaupun manfaat suplemen antioksidan masih diperdebatkan, para peneliti setuju bahwa mendapatkan antioksidan dari makanan dapat memiliki efek kesehatan yang positif (5).

Yang paling penting, antioksidan melawan produksi radikal bebas, yang dapat merusak molekul sel dan berkontribusi terhadap penuaan dan penyakit seperti kanker (67).

 RINGKASAN
Chia Seeds mengandung antioksidan tinggi yang membantu melindungi lemak halus dalam biji. Chia Seeds juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.


3. Hampir Semua Karbohidrat dalam Serat Chia Seeds


Satu ons (28 gram) Chia Seeds memiliki 12 gram karbohidrat. Akan teapi, 11 gram itu adalah serat, yang tidak dicerna oleh tubuh kamu.

Serat tidak meningkatkan gula darah atau membutuhkan insulin untuk dibuang yaa. Walaupun termasuk dalam keluarga karbohidrat, efek kesehatannya sangat berbeda dari karbohidrat yang dicerna seperti pati dan gula lho.

Jadi nih ya, kandungan karbohidrat Chia Seeds yang dapat dicerna hanya satu gram per ons (28 gram), yang sangat rendah. Ini menjadikan Chia Seeds makanan ramah rendah karbohidrat ya.

Karena kandungan serat larutnya yang tinggi, Chia Seeds dapat menyerap hingga 10-12 kali beratnya dalam air, menjadi seperti gel dan mengembang di perut kamu (8).

Secara teoritis, ini harus meningkatkan kepenuhan, memperlambat penyerapan makanan kamu dan membantu kamu secara otomatis makan lebih sedikit kalori.

Serat juga memberi makan bakteri yang bersahabat di usus kamu, yang penting, menjaga menjaga flora usus kamu cukup makan sangat penting bagi kesehatan (9).

Chia Seeds adalah 40% serat, menjadikannya salah satu sumber serat terbaik di dunia.

 RINGKASAN
Hampir semua karbohidrat dalam Chia Seeds adalah serat. Ini memberi Chia Seeds kemampuan untuk menyerap 10-12 kali berat Chia Seeds dalam air. Serat juga memiliki berbagai efek menguntungkan bagi kesehatan. 


4. Chia Seeds Protein Berkualitas Tinggi


Chia Seeds mengandung protein dalam jumlah yang layak.

Beratnya, sekitar 14% protein, yang sangat tinggi dibandingkan dengan kebanyakan tanaman lho.

Mereka juga memiliki keseimbangan asam amino esensial yang baik, sehingga tubuh kamu harus dapat memanfaatkan kandungan proteinnya (1011).

Protein memiliki berbagai manfaat kesehatan dan sejauh ini merupakan nutrisi makanan yang ramah penurunan berat badan.

Asupan protein tinggi menurunkan nafsu makan dan telah terbukti mengurangi pikiran obsesif tentang makanan hingga 60% dan keinginan untuk ngemil di malam hari sebesar 50% (1213).

Chia Seeds benar-benar merupakan sumber protein yang luar biasa, terutama bagi orang yang makan sedikit atau tanpa produk hewani yaa.

 RINGKASAN
Chia Seeds mengandung protein berkualitas tinggi, jauh lebih tinggi daripada kebanyakan makanan nabati. Protein adalah makronutrien ramah penurunan berat badan yang paling dan secara drastis dapat mengurangi nafsu makan dan mengidam.


5. Kandungan Serat dan Protein yang Tinggi dalam Chia Seeds dapat Membantu Kamu Menurunkan Berat Badan


Banyak ahli kesehatan percaya bahwa Chia Seeds dapat membantu menurunkan berat badan lhoo.

Serat larutnya menyerap sejumlah besar air dan mengembang di perut kamu, yang seharusnya meningkatkan kepenuhan dan memperlambat penyerapan makanan (14).

Beberapa penelitian telah meneliti glukomanan serat larut, yang bekerja dengan cara yang sama, menunjukkan bahwa hal itu dapat menyebabkan penurunan berat badan (1516).

Juga, protein dalam Chia Seeds dapat membantu mengurangi nafsu makan dan asupan makanan.

Bahkan nih ya, satu studi menemukan bahwa makan Chia Seedsa untuk sarapan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan dalam jangka pendek (17).

Namun, penelitian yang meneliti efektivitas Chia Seeds untuk menurunkan berat badan telah memberikan hasil yang lumayan mengecewakan.

Dalam sebuah penelitian pada 90 orang yang kelebihan berat badan, 50 gram Chia Seeds per hari selama 12 minggu tidak berpengaruh pada berat badan atau penanda kesehatan (18).

Dalam studi 10 minggu lainnya pada 62 wanita, Chia Seeds tidak berpengaruh pada berat badan tetapi meningkatkan jumlah lemak omega-3 dalam darah (19).

Sebaliknya, penelitian 6 bulan pada orang gemuk dengan diabetes tipe 2 pada diet rendah kalori menemukan bahwa makan Chia Seeds setiap hari menyebabkan penurunan berat badan yang jauh lebih besar daripada plasebo (20).

Walaupun menambahkan Chia Seeds ke dalam makanan kamu tidak mungkin menyebabkan penurunan berat badan sendiri, banyak ahli percaya bahwa Chia Seeds bisa menjadi tambahan yang bermanfaat untuk diet penurunan berat badan.

Diet penurunan berat badan lebih dari sekedar makanan tunggal. Seluruh pola makan diperhitungkan, serta perilaku gaya hidup lainnya seperti tidur dan olahraga.

Ketika dikombinasikan dengan makanan berbasis makanan nyata dan gaya hidup sehat, Chia Seeds pasti dapat membantu menurunkan berat badan.

 RINGKASAN
Chia Seeds kaya protein dan serat, yang keduanya telah terbukti membantu menurunkan berat badan. Namun, penelitian tentang Chia Seeds telah memberikan hasil yang beragam.


Baca Juga :



Telah terbit di : Perut Sehat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nabiilahsyaz dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh perutsehat
emoticon-Sundul
profile-picture
profile-picture
zeusbattery dan perutsehat memberi reputasi
emoticon-Sundul
profile-picture
profile-picture
zeusbattery dan perutsehat memberi reputasi
emoticon-Sundul
profile-picture
perutsehat memberi reputasi
kira-kira beli dimana nih chia seeds nya?
profile-picture
perutsehat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
informasi yang bermanfaat gan
profile-picture
perutsehat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


olshop banyak om
profile-picture
profile-picture
perutsehat dan ciptawan memberi reputasi
makasih gan infonyaa bermanfaat banget nih buat anee
profile-picture
perutsehat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bakal ane terapin nihh gan infonya buat tubuh ane yang lebih sehatt
profile-picture
perutsehat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
waaah, ane dikasih sebungkus chia seeds. tapi malah nganggur di kulkas. ternyata manfaatnya banyak juga yah.
wah apalagi chia seeds bisa buat bantu nurunin berat badan emoticon-Matabelo
tar deh ane kalau beli oatmeal mau dicampur chia seeds wkkk
oh iya btw yang enak buat dicampur sama chia seeds apaan lagi yah?
profile-picture
perutsehat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post ambarwati.h
Balasan post iqra01
Diubah oleh perutsehat
Balasan post margareth23
sama sama gan emoticon-Jempol
Balasan post margareth23
Balasan post kaitokid94
ane biasanya pake oat ato ga roti tawar ato ga pisang, mangga, kalo ga pas lagi nyeduh rimpang gan ato ga pecel emoticon-Jempol

Resep Sehat Alami : https://perut-sehat.blogspot.com/ disitu ane nulis resep resep sehat nya ya gan
profile-picture
kaitokid94 memberi reputasi
Quote:


Ah iya pisang yaa gan. Oke siappp, makasih masukannya~~~
profile-picture
perutsehat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post kaitokid94
suka suka ae gan. alpuket juga bisa ganemoticon-2 Jempol
profile-picture
kaitokid94 memberi reputasi
Quote:


ga begitu suka alpukat gan. soalnya ada rasa pahitnya wk
Lihat 1 balasan
Balasan post kaitokid94
kasi madu lah gan wkwkw kalo ga liat emak lu noh biar manis
profile-picture
kaitokid94 memberi reputasi
Quote:


Wkwkwkwk ngaca sendiri aja gan biar kerasa manisnya hwaakakkaka


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di