CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4378e882d4955c930fada3/manfaat-beras-kencur-untuk-kesehatan

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan
Sumber Foto : stephealthylife.wordpress.com

emoticon-Genitemoticon-Genit emoticon-Genit emoticon-Genit emoticon-Genit emoticon-Genit

Sudah tidak asing kah mendengar beras kencur? Mungkin sudah biasa mendengar beras kencur di penjual jamu kan?

Nah, beras kencur ini tidak hanya diolah menjadi jamu saja, namun juga bisa dijadikan sebagai pelengkap bumbu ketika masak atau mengolah makanan.
emoticon-Salam Kenalemoticon-Betty

Siapa yang suka jamu beras kencur? Kalau aku suka banget. Ada yang tahu bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membuah jamu beras kencur? Nah, biasanya jamu beras kencur ini dibuat dari campuran beras, kencur, jahe, asam jawa, gula jawa, dan tak lupa juga daun pandan.

Dilansir dari CNNIndonesia.com.

Mungkin bukan cuma aku yang suka, tetapi memang rata-rata banyak masyarakat yang lebih suka jamu yang beras kencur. Selain jamu beras kencur ini memberikan rasa hangat pada tubuh, rasa jamu beras kencur ini enak dan terasa nyaman di lidah.
emoticon-Matabelo

Asalkan kamu tahu, jamu beras kencur ini tidak hanya sembarang jamu. Ia juga memiliki banyak manfaat. Telah dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat dari jamu beras kencur.

Meredakan bengkak
Bengkak yang terjadi pada salah satu bagian tubuh kita mungkin sudah pernah dialami oleh sebagian orang. Misalnya adalah ketika kaki kamu mengalami pembengkakan karena keseleo, maka bengkak ini akan memberikan rasa sakit dan nyeri pada bagian itu.
Biasanya, ketika sudah mengetahui kaki bengkak, bahkan mengalami bengkak yang besar, kamu pasti akan langsung pergi ke dokter ataupun tukang pijat urut. Nah untuk sekarang telah disarankan untuk memberikan jamu beras kencur ini dan jadikan sebagai pertolongan pertama ketika ada bagian dari tubuh kamu yang bengkak.
Caranya adalah tumbuklah beberapa ruas kencur dan sedikit beras. Setelah halus, oleskan pada bagian yang bengkak. Kemudian tutup bagian bengkak itu dengan kain atau kasa supaya olesan itu tidak berceceran. Selain mengurangi bengkak, rasa sakit juga akan sedikit reda.

Bantu atasi batuk
Batuk adalah salah satu penyakit yang sudah biasa dan mudah menyerang tubuh manusia. Apalagi pada cuaca saat-saat ini. Jika kamu sedang mengalami batuk, jamu beras kencur ini bisa kamu konsumsi untuk mengatasinya. Kandungan dari jamu beras kencur yang bisa mengurangi batuk adalah kandungan jahe dan juga kencurnya.

Antidiare
Salah satu manfaat dari jamu beras kencur ini adalah juga untuk meredakan penyakit diare. Biasanya jika kamu sedang diare akan mengobatinya dengan oralit, namun ternyata beras kencur ini bisa dijadikan sebagai obat herbal atau alami untuk menyembuhka diare.
Hal ini sudah dibuktikan oleh peneliti yang sudah melakukan riset pada tahun 2018 dan hasilnya juga sudah diterbitkan di International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Science. Riset ini membuktikan bahwa kemampuan antidiare bahkan antibakteri pun merupakan kemampuan dari kencur.
Tidak hanya bisa digunakan oleh manusia, para peneliti pun juga mencoba memberikan kencur ini pada hewan yang juga sedang mengalami diare. Dan terbukti nyatanya, bahwa hewan yang diberi kencur kondisinya berangsur membaik dan yang tidak diberi kencur cenderung masih tetap saja diare.

Atasi stres
Untuk salah satu manfaat ini sudah banyak yang mengetahui tentang hal ini. Tidak hanya Indonesia yang memanfaatkan si beras kencur ini. Negara lain pun, seperti Jepang juga memberikan kepercayaan kepada kencur untuk membantu masalah mereka menyangkut stres dan juga tidurnya.

Menjaga kadar gula darah
Nah, manfaat dari beras kencur yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang mengalami diabetes. Beras kencur yang diolah menjadi jamu ini bisa menjadi minuman yang memiliki khasiat dan bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menjaga kadar gula darah. Memang jamu beras kencur ini juga memiliki rasa manis, tetapi rasa manis yang ada pada jamu beras kencur ini tidak membuat kadar gula darah kamu naik. Malah justru jamu beras kencur ini bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaga supaya kadar gula dalam darah tetap normal.


Ini enak banget guys, cobain deh... dan rasakan khasiatnya!

emoticon-2 Jempolemoticon-Cipok

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rahma.syndrome dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
ane kira jamu beras kencur itu berasal dari air bekas cucian beras terus dicampur dengan kencur. emoticon-Cape d...
ane udah dibiasain sama emak ane sedari kecil minum ini kalo ada tukang jamu gendong lewat dpn rumah. krn jamu beras kencur cocok buat anak - anak (bau kencur) emoticon-Ngakak memulai konsumsi jamu. Kalo Jamu temulawak, kunyit asem, brotowali mah sorry lidah ane gak toleran sama sensasi rasa tsb emoticon-Najis
Diubah oleh ifeliachorling
ane biasa minum jamu kuat
wow nice info .. boljug tuk di coba gan
tapi keknya tetap sih.. kalo kebanyakan ndak bagus ...
#change my mind
emoticon-Salam Kenal emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
beras kencur jamu terenak diantara yg lain wkwkw ternyata bisa meredakan stress juga
Quote:


brotowali ane pernah ngicip dikittttt banget rasanya udah kek di ujung kehidupan wkdkwkwkk
banyak juga manfaatnya, ane dulu seneng banget minum jamu beras kencur. tapi karena sekarang jarang ane nemuin tukang jamu keliling di daerah ane jadi udah gak pernah lagi minum jamu beras kencur
legalkan ganja, biar bisa dipake buat jamu.. emoticon-Jempol
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
jamu beras kencur enak gak sih? ane belom pernah nyobain. Sering bgt sih emg beli jamu yg lewat dpn rumah. Tp sejauh ini beli jamu mah selalu kunyit asem, gak pernah nyobain yg laen. Takut gak cocok ama lidah, serem jg klo nyobain yg pait2 gt emoticon-Busa
makasih gan infonyaa bermanfaat banget nih buat anee
mulai skarang ane bakal minum beras kencur ini mah buat kesehatan anee
share juga gan info ini ke temen temen dan keluarga agan agan
ane dr dulu kaga pernah suka minum jamu.. walopun udah terbukti emg khasiatnya banyak dan minim efek samping.. tp entah knp lidah ane aja yg emg kaga cocok
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kurang suka sih tapi ternyata punya banyak manfaat buat nyembuhin berbagai macam penyakit ya
Quote:


Iya gan bener banget lidah ane kurang cocok aja gitu dan agak enek juga. Tapi entah kenapa orang orang bisa minum kamu biasa aja tapi haha
dari pas masih bocah, ane paling doyan jamu ya beras kencur wk karena yang manis kan
kadang beras kencur ya dicampur sama buyung upik. wah enak sih ituuu, perpaduan yang mantap! pas masih kecil, ane belinya di ibu-ibu yang gendong bakul atau apa sih itu lupa namanya. jalan kaki pokoknya.
trus pas udah gede yaaaa gak cuman doyan kencur tapi ditambah kunir asem.
oh iya banyak juga ya ternyata manfaat beras kencur, baru tau malah. cuman minum doang soalnya selama ini wakakakakaka emoticon-Malu
Quote:


Wah enak banget gan. Manis kok rasanya. Ane pas jaman bocah malah awalnya cuman doyan beras kencur karena yang pas di lidah anak kecil. Ya karena manis itu.
jamu beras kencur favorit bangettt rasanya paling masuk dimulut wkwk
whuiihhh mantep niichhh..... baru tau ane ternyata beras kencur tuch serba bisa! hahaha bakalan sering minum siiich kayaknya abis ini
Quote:


iya niichhh... sebenernya yang paling diterima sama lidah tuch ini yaaachh... tapi tetep ajaa jarang diminuumm... lebih sering minum bobba kekinian emoticon-Wink
profile-picture
aquarian95 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di