CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Penawaran Kerjasama & Investasi /
Tips bisnis UKM Indonesia sukses
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e43772528c9912d7b1e7ed0/tips-bisnis-ukm-indonesia-sukses

Tips bisnis UKM Indonesia sukses

Tips bisnis UKM Indonesia sukses
Hallo gaes buat anda yang ingin mempunyai bisnis dan berjalan dengan sukses. Nah buat anda yang ingin menuju ke jenjang kesuksesan dalam UKM ini membutuhkan proses yang lama. Proses yang dimaksud kata agen, sapaan akrabnya juga harus ditunjang dengan pengetahuan dalam menjalakan bisnis dari produk UMKM jember dan juga bisa menjual produk online Jember. Agen menuturkan setidaknya ada lima hal yang harus diperhatikan oleh pelaku UKM untuk bisa meraih kesuksesan usahanya.

Berikut inilah lima tips untuk sukses dibidang ukm berikut ini:

Mempunyai business plan 

Banyak orang menjalankan usaha dengan cara coba-coba, tidak mau belajar dari ahlinya, tidak mau mengeluarkan biaya untuk proses belajar tersebut dan akhirnya malah mengeluarkan biaya yang sangat besar, karena kegagalan-kegagalan atau mengalami kerugian yang sebenarnya bisa dihindari atau paling tidak diminimalkan. Bertanya kepada orang yang sudah memang ahlinya atau kepada orang yang sudah sukses menjalankan jenis usaha tersebut, dpaat memmbuka pengetahuan dan peluang untuh merangkai sukses. 

Mempunyai S.O.P

SOP Standard Operasioanl Prosedur yang artinya adalah sistem yang disusun untuk memudahkan merapikan dan menertibkan pekerjaan tersebut. SOP hadir dalam bentuk dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis uintuk membnatu menyelesaikan pekerjaan untuk mendpatkan hasil kerja yang efektif dna juga memudahkan pendelegasian serta membantu dalam evaluasi terhadap setiap proses kerja.

Mempunyai strategi plan

Strategi plan ini digunakan sebagai strategi untuk menghadapi setiap permasalahan yang ada dibalik intem maupun ekstem jangka pendek menengah atau jangka panjang, bahkan bisa digunakan jika terjadi sesuatu yang terjadi secara mendadak atau tiba-tiba, misalnya menghadapi competitor, supplier, patner bahkan karyawan kita sendiri.

Membangun network

Membnagun network atau jejaring bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jaringan ini diperlukan tidak hanya dalam pemasaran tetapi juga dalam rangka mencari patner yang akan mendukung usaha kita misalnya supplier, transport, distributor dan saling menjalin mutualisme (saling menguntungkan).

Manfaatkan internet & social media

Untuk mengembangkan jaringan atau networking, internet dan social media efektif digunakan pemanfaatan social media ini akan menghemat biaya dan waktu, karena UKM dengan calon konsumen atau patner tdiak harus bertemu langsung, untuk itu pelaku UKM wajib belajar dan memanfatkan internet.

Minat? Yuk langsung hubungi nomor 0877 7530 9776 (Fegi Ayu Merina) terima kasih.

 



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di